Meta Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SD

Authors

  • Hannya Hannya Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana
  • Firosalia Kristin Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.29462

Keywords:

Discovery Learnin, Hasil Belajar, IPA

Abstract

Banyak siswa yang merasa bosan dalam proses pembelaajaran karena guru cenderung menggunakan cara pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar peningkatan pada hasil belajar IPA siswa SD melalui penggunaan model discovery learning. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode meta analisis dengan cara merumuskan masalah, kemudian mengumpulkan data yang relevan, menyajikan data, kemudian disimpulkan. Dari 10 artikel yang sudah didapatkan dapat disimpulkan bahwa menggunakan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa SD. Dalam penelitian ini analisis data yang dilakukan adalah dengan cara deskriptif kualitatif. Berdasarkan pada hasil analisis data ternyata terbukti bahwa model pembelajaran discovery learning meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa mulai dari yang terendah 10% sampai yang tertinggi 71% dengan rata-rata 32,3%. Model pembelajaran discovery learning layak digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar IPA.

 

References

Arianti, N. M., Wiarta, I. W., & Darsana, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Berbantuan Media Semi Konkret terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4). https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21765

Arifah, B. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Scientific Berbasis E-Book Pada Materi Rangkaian Induktor Terhadap Hasil Belajar Siswa. JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 2. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jupiter.v2i2.1795

Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.21009/pip.321.8

Febriyanti. (2013). Kurikulum Pendidikan Tinggi Di Era Globalisasi (Pergeseran Dari Kurikulum Inti Dan Institusional Ke Kurikulum Berbasis Kompetensi). Ta’di Jurnal Pendidikan Islam, 18(2). https://doi.org/https://doi.org/10.19109/tjie.v18i02.51.

Handayani, N. P. I., Putra, I. M., & Ardana, I. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Tps (Think Pair Share) Berbantuan Question Card Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar PGSD, 5(2), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10633

Harianti, F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Materi Operasi Aljabar Kelas VII SMP. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(1), 82–91. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/must.v3i1.1611.

Hartati, Koto, & Hambali. (2020). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kecakapan Kerjasama pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD Negeri 32 Bengkulu Tengah. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(1). Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/dikdas/article/view/12330/6088

Juniati, & Widiana. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1, 20–19. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10126

Lestari, K. P., Putra, D. K. N. S., & Negara, I. G. A. O. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual dalam Setting Lesson Study Terhadap Hasil Belajar IPA Mahasiswa PGSD Undiksha UPP Denpasar Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 40–45. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13898

Mega, C., Pudjawan, K., & Margunayasa, I. G. (2015). Analisis sikap sosial siswa kelas V pada pembelajaran dengan kurikulum 2013. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5631

Miskawati, M. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Tari Melalui Strategi Belajar Sambil Bermain di TK Islam Sa’adatul Khidmah Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 45. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.123

Paramita, Tastra, & Wibawa. (2016). Pengaruh Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Gugus IV Pupuan. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.6950

Paramitha, I. D. A. A., Sulastri, M. P., & Margunayasa, I. G. (2016). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing, Gaya Kognitif, dan Motivasi Berprestasi terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i2.9012

Pramana, Jampel, & Pudjawan. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 18–32. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921

Puspitorini, Subali, & Jumadi. (2014). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Dan Afektif. Cakrawala Pendidikan, 33(3), 413–420. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/2385/pdf

Putrayasa, I. M., Syahruddin, & Mergunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3087

Putrayasa, Syahruddin, & Margunayasa. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3087

Putri, N. M. C. N. M., Ardana, I. K., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. Mimbar PGSD, 7(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17471

Rosnaeni, Muslimin, & Saehana, S. (2018). Perbandingan Keterampilan Proses Sains antara Kelompok Siswa yang Diajar dengan Model POE dan Model Discovery. Jurnal Pendidikan Fisika, VI(1), 43–53. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v6i1.1260

Sitepu, S. N. B. (2017). Pengaruh Faktor Internal Terhadap Keberhasilan Start-Up Bisnis Di Kota Surabaya. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, 10(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20473/jmtt.v10i1.5136.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Sunismi. (2015). Developing Guided Discovery Learning Materials Using Mathematics Mobile Learning Application As An Alternative Media For The Students Calculus II. Cakrawala Pendidikan, 34(5). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/7340/pdf.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Wahyuni, N. E., Muslim, A., & Pamujo. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Dan Prestasi Belajar Ipa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 2(2), 147–153. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jee.v2i2.1493

Wirasasmita, & Hendriawan. (2020). Analisis Efisiensi Kinerja Pendidik terhadap Hasil Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa Sekolah. Mimbar Pendidikan, 5(1), 75–90. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/mimbardik.v5i1.24152

Wulandari, Sudatha, & Simamora. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459

Yuliana, N. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 21–29. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13851

Yupita, Azariya, & Waspodo. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2). Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/3017

Downloads

Published

2020-10-22

How to Cite

Hannya, H., & Kristin, F. (2020). Meta Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 529–536. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.29462