Efektivitas Media Takontikasi Berbasis Matematika Realistik dalam Meningkatkan Komunikasi Matematis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.29463Keywords:
Media, Matematika Realistik, Komunikasi MatematisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan media takontikasi berbasis matematika realistik untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan membandingkan hasil pretest-posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yakni observasi, wawancara dan angket. Instrumen dalam penelitian ini berupa soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari uji efektifitas kelas eksperimental, terdapat selisih yang cukup signifikan, diperoleh hasil N-gain = 0,63 dengan kategori sedang. Sedangkan perbandingan hasil penilaian pada kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh hasil thitung 6,1, dalam ttabel dengan a = 5% diperoleh nilai 1,73 jadi hasil thitung > ttabel. Sehingga dapat dikatakan bahwa media takontikasi efektif digunakan untuk meningkatkan komunikasi matematis.
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. (2017). Implementasi Pengembangan Kecakapan Abad 21 dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hosnan, M. (2016). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia.
Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin, H. (2015). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar siswa smp melalui pembelajaran berbasis masalah. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 157–189. https://doi.org/10.15294/kreano.v5i2.3325
Juniarti, Y.-A. J. P. (2019). Pengembangan Media Ludo Geometri (DORI) pada Fisik Motorik Anak Usia Dini. Al-Athfal Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 169–182. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/al-athfal.2019.52-04
Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013 (1st ed.). Kata Pena.
Merta, L. M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Penguasaan Konsep Koloid dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i1.1688
Mulyasa, E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013 (5th ed.). Pt Remaja Rosdakarya.
Mutmainna, M., & Jafar, A. F. (2015). Komparasi Hasil Belajar Fisika melalui Metode Discovery Learning dan Assignment And Recitation. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 46–51.
Narayani, N. P. U. D. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Pemecahan Masalah Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 220. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17775
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18
Oktasari, D., Hariadi, M. H., & Syari, E. L. (2019). 3D Page-Flipped Worksheet on Impulse-Momentum to Develop Students’ Scientific Communication Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 211–219. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i2.15737
Pratiwi, E. D., Latifah, S., & Mustari, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Sparkol Videoscribe. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 303–309. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4355
Seruni, R., Munawaoh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan Modul Elektronik (E-Module) Biokimia Pada Materi Metabolisme Lipid Menggunakan Flip Pdf Professional. Jurnal Tadris Kimiya, 4(1), 48–56. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i1.4672
Suarjana, I. M., Nanci Riastini, N. P., & Yudha Pustika, I. G. N. (2017). Penerapan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar. International Journal of Elementary Education. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i2.11601
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sukmanasa, Windiyani, & Novita. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138
Yamin, M. R., & Karmila. (2019). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Cartoon dalam Pembelajaran IPA pada Materi Lingkungan Kelas III SD. Biology Teaching and Learning, 2(2), 159–170.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)