Pemanfaatan Kvisoft Flipbook Maker dalam Rangka Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik

Authors

  • Zulhelmi Zulhelmi Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.31209

Keywords:

Kvisoft Flipbook maker, Hasil Belajar

Abstract

Hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran daring menurun, hal ini disebabkan karena siswa mengalami berbagai kesulitan dalam memahami materi. Tujuan penelitian menerapkan  e-modul aplikasi Kvisoft Flipbook maker dalam rangka meningkatkan hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan semi eksperimental plan kuantitatif. Populasi penelitian adalah peserta didik semester 3 dan 5 dengan jumlah 40 orang, untuk Program Keahlian Teknik Elektronika dengan Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video di SMK. Teknik pengambilan sampel (sampling) yang digunakan yaitu purposive sampling (purposive testing). Jumlah sample tersebut digunakanlah perbandingan antara jumlah tiap kelas dibagi dengan jumlah total dari kedua kelas (jumlah populasi) dan dikalikan dengan jumlah sample yang telah ditetapkan sebelumnya. Kelas kontrol berjumlah 8 siswa dan kelas eksperimen berjumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik kuesioner dan tes hasil belajar. Teknik analisis menggunakan measurement (statistic) deskriptif, persentase, dan uji T. Hasil penelitian rata-rata sebelum untuk kelas eksperimen sebesar 55,00 dan sesudahnya sebesar 65. Dari hasil perhitungan ini dapat sama-sama terdapatnya perbedaan nilai peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan Kvisoft flipbook maker untuk materi teknik pembuatan PCB secara manual. Tabel 6 merupakan hasil uji hipotesis Paired T-Test untuk kelas eksperimen dengan kepercayaan 95%, dimana diperoleh nilai signifikasi 0,000 < 0,05, maka hipotesis diterima. Maka pemanfaatan  kvisoft flipbook maker dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Author Biography

Zulhelmi Zulhelmi, Universitas Negeri Padang

Mahasiswa S2 Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - Fakultas Teknik - UNP

References

Aka, K. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2), 28–37. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1041/724.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/4033.

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941.

Dewi, R. K., Wardani, S., Wijayati, N., & Sumarni, W. (2019). Demand of ICT-based chemistry learning media in the disruptive era. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(2), 265–270. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i2.17107.

Ferdianto, F., & Nurulfatwa, D. (2019). 3D Page Flip Professional: Enhance of Representation Mathematical Ability on Linear Equation in One Variable. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1), 012043.

Fonda, A., & Sumargiyani. (2018). The Developing Math Electronic Module With Scientific Approach Using Kvisoft Flipbook Maker Pro For Xi Grade Of Senior High School Students. Journal of Mathematics Education, 7(2), 109–122. https://doi.org/10.22460/infinity.v7i2.p109-122.

Haryanto, Asrial, M., Ernawati, D. W., Syahri, W., & Sanova, A. (2019). E-Worksheet Using Kvisoft Flipbook: Science Process Skills And Student Attitudes. International Journal Of Scientific & Technology Research, 8(12), 1073–1079.

Hudayati, N., Andayani, Y., & Junaidi, E. (2021). Pengaruh Persepsi Guru Tentang TIK Terhadap Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran IPA SMA/MA Se-Kecamatan Gerung. Chemistry Education Practice, 4(1), 84. https://doi.org/10.29303/cep.v4i1.2233.

Indahini, R. S., Sulton, & Husna, A. (2018). Pengembangan Multimedia Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digita Kelas X SMK. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 141–148. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/3730.

Kristin, F. (2016). Analisis model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa.

Kulagina, K., Leksashova, A., Bolsunovskayaa, M., & Shirokovaa, S. (2021). Development of a Human Flow Generation Module for Testing Machine Learning Algorithms. Transportation Research Procedia, 54, 783–792. https://doi.org/10.1016/j.trpro.2021.02.134.

Kuncahyono. (2018). Pengembangan E-Modul (Modul Digital) dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 2(2), 121. https://doi.org/http://dx.doi.org/ 10.32934/jmie.v2i2.75 Copyright.

Kuncahyono, & Aini, D. F. N. (2020). Pengembangan Pedoman E-Modul Berorientasi Student Active Learning Sebagai Pendukung Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(2), 292–304. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i2.13999.

Latifah, N., Ashari, A., & Kurniawan, E. S. (2020). Pengembangan e-Modul Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 1(1), 1–7. https://doi.org/doi.org/10.37729/jips.v1i1.570.

Nakayama, M, & Yamamoto. (2006). Investigating the impact of learner characteristics on blended learning among Japanese Students. Proceedings of the International Conference on E-Learning, ICEL, 2006-Janua(3), 361–370.

Novianto, L. A., Degeng, I. N. S., & Wedi, A. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Kelas VIII SMP Wahid Hasyim Malang. Jurnal Kurikulum Teknologi Pendidikan (JKTP) Universitas Negeri Malang, 1(3), 257–263.

Ota, M. K., Djou, A. M. G., & Numbah, F. F. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Siswa Kelas Vii Smpn. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 74–81. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i1.769.

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181.

Prasojo, L. D., Habibi, A., Yaakob, M. F. M., Mukminin, A., Haswindy, S., & Sofwan, M. (2019). An explanatory sequential study on indonesian principals’ perceptions on ICT integration barriers. Electronic Journal of E-Learning, 17(1), 1–10.

Puspitawangi, R.K., et. al. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ips. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2).

Rahmadi, I. F., Khaerudin, K., & Kustandi, C. (2018). Kebutuhan Sumber Belajar Mahasiswa yang Mendukung Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Perguruan Tinggi. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(2), 120–136. https://doi.org/10.21009/jtp.v20i2.8620.

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Elementary School, 7(2), 297–302. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768.

Rivalina, R. (2014). Kompetensi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Guru Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 18(2), 165–176.

Sa’diyah, K. (2021). Pengembagan E-Modul Berbasis Digital Flipbook Untuk Mempermudah Pembelajaran. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1298–1308. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.561.

Sarnoko, Ruminiati, & Setyosari, P. (2016). Penerapan Pendekatan Savi berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 1 Sanan Girimarto Wonogiri. Jurnal Pendidikan, 7(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i7.6524.

Sasmito, D. R. P., & Trimulyono, G. (2019). Development of Funginopoly (Fungi Monopoly) Game Media In Fungi Material For 10th Grade Senior High School to Increase Student’s Level of Concept Understanding. BioEdu, 8(3), 51–60.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI), 20(1), 1–3.

Sulianto, J., Purnamasari, V., & Febriarianto, B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think-Pair-Share terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V (Lima) Materi Organ Tubuh Manusia dan Hewan. Internasional Journal of Elementary Education, 3(2), 124–131. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18515.

Susilowati, S., Sajidan, S., & Ramli, M. (2018). Keefektifan perangkat pembelajaran berbasis inquiry lesson untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 49–60. https://doi.org/10.21831/pep.v22i1.17836.

Suwasono. (2013). Pengembangan E-Modul Online Elektronika Analog Pada Pendidikan Jarak Jauh. Teknologi Dan Kejuruan, 36(1), 51–62.

Szép, S. G. (2017). Konzeption und Implementierung eines neuartigen E-Learning-Moduls mit EbM-Lerninhalten im Fach ZahnerhaltungskundeConception and implementation of a novel E-learning module with EbM learning contents in operative dentistry. Zeitschrift Für Evidenz, Fortbildung Und Qualität Im Gesundheitswesen, 127–128, 72–78. https://doi.org/10.1016/j.zefq.2017.09.001.

Wibowo, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Dengan Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker. Universitas Islam Negeri (Uin).

Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279.

Widiyono, A. (2020). Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169–177. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v8i2.458.

Wijayanti, R. M., & Fauziah, P. Y. (2020). Perspektif dan Peran Orangtua dalam Program PJJ Masa Pandemi Covid-19 di Paud. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1304–1312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768.

Winatha, K. R., Suharsono, N., & Agustin, K. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Matematika. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 4(2), 188–199. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/viewFile/14021/9438.

Downloads

Published

2021-05-08

How to Cite

Zulhelmi, Z. (2021). Pemanfaatan Kvisoft Flipbook Maker dalam Rangka Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 217–226. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.31209

Issue

Section

Articles