E-Modul Counter Berbasis Flip Pdf pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika

Nurwahyu Rindaryati

Abstract


Pentingnya mengembangkan media pembelajaran interaktif dalam bentuk e-modul untuk mengatasi permasalahan sulitnya menjelaskan fungsi, prinsip kerja, dan aplikasinya kepada siswa dan juga keterbatasan waktu dalam penyampaian materi counter yang tidak interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul counter dengan menggunakan aplikasi flip pdf professional pada mata pelajaran penerapan rangkaian elektronika. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (R & D) dengan pendekatan model sekuensial linear. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian yang digunakan adalah guru dan siswa SMK. Teknik analisis data menggunakan analisis data statistika deskriptif. Hasil pengujian fungsi tombol pada e-modul dengan menggunakan black box testing diperoleh hasil 100%, yang berarti bahwa e-modul yang dikembangkan berjalan dengan baik dan pada saat uji coba pada perangkat komputer lain juga berjalan dengan baik. Maka dapat disimpulkan hahwa e-modul counter yang dikembangkan menggunakan aplikasi flip pdf professional layak digunakan dalam pembelajaran. Implikasi penelitian ini dapat membantu siswa memahami materi dalam proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.


Keywords


Pengembangan E-Modul; Flip Pdf

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, F., Sutaryono, Witanto, Y., & Ratnaningrum, I. (2017). Pengembangan Media Edukasi “Multimedia Indonesian Culture” (Mic) Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 34(2), 127–136. https://doi.org/10.15294/jpp.v34i2.12368.

Effendi, R., Herpratiwi, & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846.

Elvarita, A., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Mekanika Tanah Berbasis E-Modul pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.11987.

Ferdianto, F., & Nurulfatwa, D. (2019). 3D Page Flip Professional: Enhance of Representation Mathematical Ability on Linear Equation in One Variable. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1), 012043.

Fitriani, A. N., Purnomo, A., & Ginanjar, A. (2019). Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Kelas VII SMP Negeri 2 Ambarawa. SOSIOLIUM, 1(2), 164–168. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/sosiolium/article/view/36422/15002.

Hamid, A., & Alberida, H. (2021). Pentingnya Mengembangkan E-Modul Interaktif Berbasis Flipbook di Sekolah Menengah Atas. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 911–918. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.452.

Hanik, E. U. (2020). Self directed learning berbasis literasi digital pada masa pandemi covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(1), 183. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.7417.

Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478.

Jannah, M., Prasojo, L. D., & Jerusalem, M. A. (2020). Elementary School Teachers’ Perceptions of Digital Technology Based Learning in the 21st Century: Promoting Digital Technology as the Proponent Learning Tools. Jurnal Pendidikan Guru Mi, 7(1), 1 – 18. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v7i1.6088.

Khoirunnisa, R. N., Dewi, D. K., & Nurwidawati, D. (2018). Pembelajaran E-Learning Perkembangan Anak di Jurusan Psikologi. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 9(1), 62 – 76. https://doi.org/10.26740/jptt.v9n1.p62-76.

Komikesari, H., Mutoharoh, M., Dewi, P. S., Utami, G. N., Anggraini, W., & Himmah, E. F. (2020). Development of e-module using flip pdf professional on temperature and heat material IOP Publishing. Journal of Physics, 1572(1), 012017.

Kumalasani, M. P. (2018). Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 1–11. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2345.

Mediatati, N., & Suryaningsih, I. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay Dengan Media Flipchart Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10146.

Mentari, T. A. S., & Rosalina, L. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Rias Wajah Karakter Foto/TV/Film Program Studi Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan Jurusan Tata Rias Dan Kecantikan FPP UNP. Journal of Education Scienties, 2(2), 194–199. http://lppm.ojs.unespadang.ac.id/index.php/UJES.

Musafanah, H. J. S. & Q. (2017). Pengembangan Media Koran Melalui Flipbook Berupa E-BOOK Pada Materi IPA. Elementary School, 4(2), 205–211. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v4i2.179.

Rahmadi, I. F., Khaerudin, K., & Kustandi, C. (2018). Kebutuhan Sumber Belajar Mahasiswa yang Mendukung Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Perguruan Tinggi. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(2), 120–136. https://doi.org/10.21009/jtp.v20i2.8620.

Sa’diyah, K. (2021). Pengembagan E-Modul Berbasis Digital Flipbook Untuk Mempermudah Pembelajaran. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1298–1308. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.561.

Seruni, R., Munawaoh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan Modul Elektronik (E-Module) Biokimia Pada Materi Metabolisme Lipid Menggunakan Flip Pdf Professional. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(1), 48–56. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i1.4672.

Susilawati, Pramusinta, & Saptaninggrum. (2020). Penguasaan Konsep Siswa melalui Sumber Belajar E-Modul Gerak Lurus dengan Software Flipbook Maker. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 9(1), 36–43. https://doi.org/10.15294/upej.v9i1.38279.

Suwasono. (2013). Pengembangan E-Modul Online Elektronika Analog Pada Pendidikan Jarak Jauh. Teknologi Dan Kejuruan, 36(1), 51–62.

Udayana, Wirawan, & Divayana. (2017). Pengembangan E-modul pada mata pelajaran pemrograman berorientasi objek dengan model pembelajaran Problem Based Learning Kelas VIII rekayasa perangkat lunak. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (Janapati), 6(2), 128–139. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/janapati.v6i2.9373.

Wibowo, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Dengan Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker. Universitas Islam Negeri (UIN).

Wijayanti, N. P. A., Damayanthi, L. P. E., Sunarya, I. M. G., & Putrama, I. M. (2016). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Untuk Siswa Kelas X Studi Kasus di SMK Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 184–197. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8526.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v5i2.31240

Article Metrics

Abstract view : 288 times
PDF file view : 730 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id



Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) indexed by:


 Akreditasi SINTA     Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch BASE Ekuitas

 

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.