Kontribusi Kedisiplinan Belajar, Pola Asuh, dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Selama Pembelajaran Daring

Authors

  • N.L. Sudiartini Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.G.P. Suharta Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.G.P. Sudiarta Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.31386

Keywords:

Pembelajaran Daring, Kedisiplinan, Pola Asuh, Fasilitas Belajar

Abstract

Pembelajaran daring berdampak terhadap perubahan sikap isolasi social, kurangnya interaktivitas, partisiapsi dan keterbatasan umpan balik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi kedisiplinan belajar, pola asuh,dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika selama pembelajaran daring yang dimiliki siswa terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD yang mengikuti pembelajaran daring berjumlah 229 orang. Jumlah sampel dihitung dengan rumus Slovin berjumlah 146 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode non tes dengan menggunakan kuesioner melalui google forms. Teknik analisi data menggunakan statistik analisis regresi. Hasil penelitian dapat menunjukkan bahwa terdapat kontribusi disiplin belajar siswa, pola asuh orang tua dan fasilitas belajar secara dan besar kontribusi disiplin belajar siswa, pola asuh orang tua dan fasilitas belajar secara bersama terhadap hasil belajar siswa adalah 85% dan 15 % dipengaruhi oleh faktor hasil belajar yang lainnya. Terdapat kontribusi kedisiplin belajar siswa dan besar kontribusi kedisiplin belajar siswa, terhadap hasil belajar siswa adalah 30% dan 70 % dipengaruhi oleh faktor hasil belajar yang lainnya. Terdapat kontribusi pola asuh orang tua dan sesar kontribusi pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa adalah 45% dan 55% dipengaruhi oleh faktor hasil belajar yang lainnya. Terdapat kontribusi fasilitas belajar dan besar kontribusi fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa adalah 10% dan 90% dipengaruhi oleh faktor hasil belajar yang lainnya.

References

Abe, J. A. . (2020). Big five, linguistic styles, and successful online learning. Internet and Higher Education, 45(1). https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2019.100724.

Anggraini, Y., Patmanthara, S., & Purnomo. (2017). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Kompetensi Keahlian Elektronika Industri Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(2), 1650–1655. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i12.10316.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941.

Chang, T. Y., Hong, G., Paganelli, C., Phantumvanit, P., Chang, W. J., Shieh, Y. S., & Hsu, M. L. (2020). Innovation of dental education during COVID-19 pandemic. Journal of Dental Sciences, 155. https://doi.org/10.1016/j.jds.2020.07.011.

Chen, G., He, J., Cai, Z., & Fan, X. (2020). Perceived parenting styles and body appreciation among Chinese adolescents: Exploring the mediating roles of dispositional mindfulness and self-compassion. Children and Youth Services Review, 119. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105698.

Cynthia, L. C., Martono, T., & Indriayu, M. (2015). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IIS di SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 1(2), 1–20. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn/article/view/7397/5169.

De Brouwer, E., Raimondi, D., & Moreau, Y. (2020). Modeling the COVID-19 outbreaks and the effectiveness of the containment measures adopted across countries. MedRxiv, 3, 1–9. https://doi.org/10.1101/2020.04.02.20046375.

Dianah, L. (2017). Kontribusi Fasilitas dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS. JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 1(2), 51. https://doi.org/10.30595/jssh.v1i2.1478.

Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633.

Haryuni, S. (2013). Penerapan bimbingan konseling pendidikan dalam membentuk kedisiplinan layanan bimbingan pengembangan diri. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(3), 389–416. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.760.

Hwang, G. J., Wang, S. Y., & Lai, C. L. (2020). Effects of a social regulation-based online learning framework on students’ learning achievements and behaviors in mathematics. Computers and Education, 160. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104031.

Intan, F., & Hidayat, W. (2018). Hubungan Antara Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa SMK. Jurnal Visipena, 10(2), 1–15.

Khodabakhsh, M. R., Kiani, F., & Ahmedbookani, S. (2014). Psychological Wellbeing nd Parenting styles as prdictors of mental health. International Journal of Pediatrics, 2(9), 39–46.

Luo, Y., Chen, F., Zhang, X., Zhang, Y., Li, Y., Zhou, Q., & Wang, Y. (2020). Profiles of Maternal and Paternal Parenting Styles in Chinese Families: Relations to Preschoolers 02019; Psychological Adjustment. Children and Youth Services Review. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105787.

Mabuka, O. (2021). Tata Tertib Sekolah Berperan Sebagai Pengendali Perilaku Siswa di SD Inpres Raja Kecamatan Morotai Selatan Barat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(1), 360–372. https://doi.org/10.5281/zenodo.4724351.

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Smp 2 Bojonegara. Jurnal Pendidikan Matematika, 03(01), 64–73. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127.

Novalinda, R., Prima, F. K., Mallisza, D., & Ambiyar, A. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Entrepreneurship Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Manajemen Optik. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(2), 192. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i2.1859.

Nur, A. S. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Konsep Diri, dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri di kota Merauke. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 89 – 96. https://doi.org/10.24014/sjme.v2i2.2067.

O’Doherty, D., Dromey, M., Lougheed, J., Hannigan, A., & Last, J. McGrath1, D. (2018). Barriers and solutions to online learning in medical education – an integrative review. BMC Medical Education, 18(130), 1–11. https://doi.org/10.1186/s12909-018-1240-0

Pada, A. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(2), 375–386. https://doi.org/10.26858/jkp.v5i2.20912.

Pucangan, K. dkk. (2017). Hubungan Antara Konsep Diri Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Desa Selat. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11007.

Puncangan, K. Y. J. (2017). Hubungan Antara Konsep Diri Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar SD Kelas II. Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–11. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11007.

Siegal, D. M., Curnutte, J. T., Connolly, S. J., Lu, G., Conley, P. B., Wiens, B. L., & Crowther, M. A. (2015). Andexanet alfa for the reversal of factor Xa inhibitor activity. New England Journal of Medicine, 374(25), 2413–2424. https://doi.org/10.1056/NEJMoa1510991.

Sourial, N., Longo, C., Vedel, I., & Schuster, T. (2018). Daring to draw causal claims from non-randomized studies of primary care interventions. Family Practice, 35(5), 639–643. https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005.

Sourial, N., Longo, C., Vedel, I., & Schuster, T. (2018). Daring to draw causal claims from non-randomized studies of primary care interventions. Family Practice, 35(5), 639–643. https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005.

Surya Erofiana, A., Santoso, G., & Nomi, S. (2021). Studi Penggunaan Game Online Free Fire Pada Emosi Siswa Kelas 5 Di SDN 2 Braja Harjosari. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1). https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1270.

Vélez-Agosto, N. M., Soto-Crespo, J. G Vizcarrondo-Oppenheimer, M., Vega-Molina, S., & García Coll, C. (2017). Bronfenbrenner’s Bioecological Theory Revision: Moving Culture From the Macro Into the Micro. Perspectives on Psychological Science, 12(5), 900–910. https://doi.org/10.1177/1745691617704397.

Wardani, W. (2021). Pengaruh Lingkungan Belajar, Fasilitas, dan Metode Mengajar Guru melalui Motivasi terhadap Hasil Belajar. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(3), 1307–1315. https://doi.org/10.34007/jehss.v3i3.553.

Wulandari, E. T. (2019). Pentingnya Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa The Importance of the Effect of Learning Facilities on Student Learning Achievement. VI, 20, . EProsiding Seminar Nasional Biologi, 6(20), 258–261. http://103.76.50.195/semnasbio/article/view/10545.

Downloads

Published

2021-01-26

How to Cite

Sudiartini, N., Suharta, I., & Sudiarta, I. (2021). Kontribusi Kedisiplinan Belajar, Pola Asuh, dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 124–133. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.31386

Issue

Section

Articles