Keterampilan Konseling Keluarga Berencana Mahasiswa D3 Kebidanan Melalui Kuliah Daring Dimasa Pandemi Covid 19

Authors

  • Wayan Sugandini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Mertasar Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.31490

Keywords:

Konseling, Keluarga Berencana, Daring

Abstract

Hasil belajar konseling mahasiswa belum mencapai nilai standar kelulusan dalam melaksanakan kompetensinya Tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan mahasiswa menerima pembelajaran Konseling Keluarga Berencana (KB) melalui perkuliahan dalam jaringan khususnya dalam melaksanakan konseling. Jenis penelitian deskriftif kuantitatif. Subjek penelitiannya adalah mahasiswa berjumlah 42 orang. Pengumpulan data dengan observasi menggunakan instrumen Cheklist, melalui evaluasi individu yang dilaksanakan secara Daring. Analisa data dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisa menunjukkan bahwa hasil evaluasi keterampilan melakukan konseling Keluarga Berencana berada pada katagori Baik sampai sangat baik, semua mahasiswa yang mengikuti evaluasi individu mendapat skor lulus. Kesimpulannya bahwa keterampilan melakukan konseling mahasiswa D3 Kebidanan melalui kuliah Daring di masa pandemic Covid-19 baik dan semua mahasiswa memperoleh skor lulus. Jadi perkuliahan konseling keluarga berencana dapat diterima dengan baik dan tidak menemui hambatan yang berarti.

References

Abbas, M., Hadijono, S., & Emilia, O. (2017). Pengaruh Konseling saat Persalinan terhadap Kepesertaan Keluarga Berencana Pasca Salin di Kabupaten Kolaka. Jurnal Kesehatan Reproduksi, 4(1), 127–134. https://doi.org/10.22146/jkr.35425.

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941.

Astuti. (2016). Hubungan konseling terhadap pengambilan keputusan kesertaan keluarga berencana dalam perspektif HAM di kota yogyakarta. 12(1).

Astuti, L. P., Prasida, D. W., & Wardhani, P. K. (2018). Peran dan Fungsi Bidan Dalam Pelaksanaan Informed Consent Pada Kegawatan Daruratan Obstetri Di Puskesmas. Jurnal Kebidanan, 9(02), 101. https://doi.org/10.35872/jurkeb.v9i02.313.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973.

Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013.

Lutfi, M., Selmi, A., Dwi, A., & Rusman, P. (2021). Effectivennes of the Implementation of Adolescent Family Development Programs ( BKR ) in the Departement of Population Cont. Jurnal Manusia Dan Kesehatan, 4(1), 10–23. https://doi.org/10.31850/makes.v4i1.361.

Ningsih, D. A. (2021). Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemilihan Kb Mkjp. Jurnal Kesehatan Mercusuar, 4(1), 17–31. https://doi.org/10.36984/jkm.v4i1.160.

Noviani, A. (2021). Analysis Of Factors Affecting The Quality Of Counseling Service Long Term Contraception Method In Puskesmas Serengan Region , Surakarta City ). Journal of Midwifery and Reproduction, 4(2), 41–50. https://doi.org/10.35747/jmr.v4i2.691.

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181.

Putria, H. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 4(4), 861–872. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460.

Rohimah, N. (2018). Pengaruh Penyuluhan Keluarga Berencana terhadap Peningkatan Pengetahuan tentang Keluarga Sakinah. Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 6(3), 263–284. https://doi.org/10.15575/irsyad.v6i3.900.

Setiawan, E. (2019). Efforts To Increase Speaking0skills In Front Of The Class With Role Playing Techniques In Group Counseling Service For Students In Class VII B SMP Negeri 21 Banjarmasin. Jurnal Pelayanan Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 155–161. http://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/jpbk/article/view/3410/2610.

Sudarti, K., & Prasetyaningtyas, P. (2011). Peningkatan Minat Dan Keputusan Berpartisipasi Akseptor Kb. JDM (Jurnal Dinamika Manajemen), 2(2), 130–138. https://doi.org/10.15294/jdm.v2i2.2477.

Sukarni, Sudirman, & Yusuf, H. (2020). Hubungan Konseling Keluarga Berencana dan Pengetahuan Ibu Dengan Pemilihan Metode Kontrasepsi Di Wilayah Kerja Puskesmas Mamboro. Jurnal Kolaboratif Sains, 1(1), 339–348. https://doi.org/10.31934/jom.v1i1.1182.

Winarni, L. M., Judistiani, T. D., Ruslami, R., Husin, F., Sutedja, E., & Herawati, D. M. D. (2014). Penggunaan Model CIPP dalam Evaluasi Kurikulum Inti Pendidikan D-III Kebidanan. Indonesian Journal of Education and Midwifery Care, 1(1). https://doi.org/10.24198/ijemc.v1i1.77.

Downloads

Published

2021-01-25

How to Cite

Sugandini, W., & Mertasar, L. (2021). Keterampilan Konseling Keluarga Berencana Mahasiswa D3 Kebidanan Melalui Kuliah Daring Dimasa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 144–149. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.31490

Issue

Section

Articles