Keterampilan Konseling Keluarga Berencana Mahasiswa D3 Kebidanan Melalui Kuliah Daring Dimasa Pandemi Covid 19
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.31490Keywords:
Konseling, Keluarga Berencana, DaringAbstract
Hasil belajar konseling mahasiswa belum mencapai nilai standar kelulusan dalam melaksanakan kompetensinya Tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan mahasiswa menerima pembelajaran Konseling Keluarga Berencana (KB) melalui perkuliahan dalam jaringan khususnya dalam melaksanakan konseling. Jenis penelitian deskriftif kuantitatif. Subjek penelitiannya adalah mahasiswa berjumlah 42 orang. Pengumpulan data dengan observasi menggunakan instrumen Cheklist, melalui evaluasi individu yang dilaksanakan secara Daring. Analisa data dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisa menunjukkan bahwa hasil evaluasi keterampilan melakukan konseling Keluarga Berencana berada pada katagori Baik sampai sangat baik, semua mahasiswa yang mengikuti evaluasi individu mendapat skor lulus. Kesimpulannya bahwa keterampilan melakukan konseling mahasiswa D3 Kebidanan melalui kuliah Daring di masa pandemic Covid-19 baik dan semua mahasiswa memperoleh skor lulus. Jadi perkuliahan konseling keluarga berencana dapat diterima dengan baik dan tidak menemui hambatan yang berarti.
References
Abbas, M., Hadijono, S., & Emilia, O. (2017). Pengaruh Konseling saat Persalinan terhadap Kepesertaan Keluarga Berencana Pasca Salin di Kabupaten Kolaka. Jurnal Kesehatan Reproduksi, 4(1), 127–134. https://doi.org/10.22146/jkr.35425.
Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941.
Astuti. (2016). Hubungan konseling terhadap pengambilan keputusan kesertaan keluarga berencana dalam perspektif HAM di kota yogyakarta. 12(1).
Astuti, L. P., Prasida, D. W., & Wardhani, P. K. (2018). Peran dan Fungsi Bidan Dalam Pelaksanaan Informed Consent Pada Kegawatan Daruratan Obstetri Di Puskesmas. Jurnal Kebidanan, 9(02), 101. https://doi.org/10.35872/jurkeb.v9i02.313.
Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973.
Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013.
Lutfi, M., Selmi, A., Dwi, A., & Rusman, P. (2021). Effectivennes of the Implementation of Adolescent Family Development Programs ( BKR ) in the Departement of Population Cont. Jurnal Manusia Dan Kesehatan, 4(1), 10–23. https://doi.org/10.31850/makes.v4i1.361.
Ningsih, D. A. (2021). Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemilihan Kb Mkjp. Jurnal Kesehatan Mercusuar, 4(1), 17–31. https://doi.org/10.36984/jkm.v4i1.160.
Noviani, A. (2021). Analysis Of Factors Affecting The Quality Of Counseling Service Long Term Contraception Method In Puskesmas Serengan Region , Surakarta City ). Journal of Midwifery and Reproduction, 4(2), 41–50. https://doi.org/10.35747/jmr.v4i2.691.
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181.
Putria, H. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 4(4), 861–872. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460.
Rohimah, N. (2018). Pengaruh Penyuluhan Keluarga Berencana terhadap Peningkatan Pengetahuan tentang Keluarga Sakinah. Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 6(3), 263–284. https://doi.org/10.15575/irsyad.v6i3.900.
Setiawan, E. (2019). Efforts To Increase Speaking0skills In Front Of The Class With Role Playing Techniques In Group Counseling Service For Students In Class VII B SMP Negeri 21 Banjarmasin. Jurnal Pelayanan Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 155–161. http://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/jpbk/article/view/3410/2610.
Sudarti, K., & Prasetyaningtyas, P. (2011). Peningkatan Minat Dan Keputusan Berpartisipasi Akseptor Kb. JDM (Jurnal Dinamika Manajemen), 2(2), 130–138. https://doi.org/10.15294/jdm.v2i2.2477.
Sukarni, Sudirman, & Yusuf, H. (2020). Hubungan Konseling Keluarga Berencana dan Pengetahuan Ibu Dengan Pemilihan Metode Kontrasepsi Di Wilayah Kerja Puskesmas Mamboro. Jurnal Kolaboratif Sains, 1(1), 339–348. https://doi.org/10.31934/jom.v1i1.1182.
Winarni, L. M., Judistiani, T. D., Ruslami, R., Husin, F., Sutedja, E., & Herawati, D. M. D. (2014). Penggunaan Model CIPP dalam Evaluasi Kurikulum Inti Pendidikan D-III Kebidanan. Indonesian Journal of Education and Midwifery Care, 1(1). https://doi.org/10.24198/ijemc.v1i1.77.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)