Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Problem Based Learning (PBL)
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.31523Keywords:
Hasil belajar, SD, SMP, SMA, SMK, Problem Based LearningAbstract
Proses pembelajaran masih belum maksimal karena model pembelajaran yang digunakan masih konvesional. Peserta didik kurang diberi kesempatan menyusun pengetahuannya sendiri dalam proses pembelajaran. Hal ini berdampak kepada minat peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar peserta didik ketika menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah meta analisis dari penelitian yang dilakukan sebelumnya. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menelusuri jurnal di internet. Dari penelusuran didapatkan 22 jurnal yang sesuai dengan kategori yang ingin diteliti yang terdiri atas 4 jurnal berhubungan dengan Sekolah Dasar, 5 jurnal berhubungan dengan Sekolah Menegah Pertama, 9 jurnal berhubungan dengan Sekolah Menegah Atas, dan 4 jurnal berhubungan dengan Sekolah Menengah Kejuruan. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis 22 jurnal tersebut, diketahui bahwa terjadi kenaikan hasil belajar siswa ketika menggunakan metode tersebut. Kenaikan hasil belajar terbesar terjadi pada tingkatan Sekolah Menegah Atas. Sedangkan untuk kenaikan hasil belajar terkecil yaitu pada tingkatan Sekolah Menegah Kejuruan (SMK). Penerapan model Problem Based Learning sebagai alternatif kegiatan belajar yang menyenangkan.
References
Abarang, N., & Delviany, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Dan Profesi Keguruan, 1(2). https://doi.org/10.26858/progresif.v1i2.28570.
Agustina, D. W., & Fitrihidajati, H. (2020). Pengembangan Flipbook Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Submateri Pencemaran Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 9(1), 325–339. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/36757/32588.
Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1). https://doi.org/10.22342/jpm.11.1.3890.67-78.
Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. A Journal of Language, Literature, Culture, and Education Polyglot, 14(1), 9–18. https://ojs.uph.edu/index.php/PJI/article/view/789.
Budhi, W., Wulandari, N. I., & Wijayanti, A. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Kemampuan Berkomunikasi Siswa. Jurnal Pijar MIPA, 13(1), 51. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i1.538.
Desriyanti, R. D., & Lazulva, L. (2016). Penerapan Problem Based Learning pada Pembelajaran Konsep Hidrolisi Garam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Tadris Kimiya, 1(2), 70. https://doi.org/10.15575/jta.v1i2.1247.
Emrisena, A., & Suyanto, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau dari Self-Efficacy Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 205. https://doi.org/10.24127/jpf.v6i2.1306.
Farhan, M., & Retnawati, H. (2014). Keefektifan PBL dan IBL Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Representasi Matematis, dan Motivasi Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 227. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2678.
Farida, N., Hasanudin, H., & Suryadinata, N. (2019). Problem Based Learning (PBL) – Qr-Code dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 225–236. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1894.
Fathorrahman. (2018). Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Journal of Education, 2(2). https://doi.org/10.28944/maharot.v2i2.392.
Fatmawati, E. T., & Sujatmika, S. (2018). Efektivitas Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(2), 163. https://doi.org/10.30738/wa.v2i2.2786.
Fauzan, M., Gani, A., & Syukri, M. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 27–35. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/8404.
Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5338.
Febrita, I., & Harni. (2020). Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu terhadap Berfikir Kritis Siswa di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1619–1633. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.627.
Handayani, T. (2021). Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Luas dan Keliling Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 6(1). https://doi.org/10.26418/jpp.v6i1.45788.
Handoyono, N. A., & Arifin, Z. (2016). Pengaruh Inquiry Learning dan Problem-Based Learning terhadap Hasil Belajar PKKR Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 31. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.8114.
Hawa, A. A., Supriadi, B., & Prastowo, S. H. B. (2021). Efektivitas Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model PBL Berbantuan Simulasi Phet pada Materi Termodinamika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Orbita: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(2), 327. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i2.6041.
Israfiddi, I., Gani, A., & Saminan, S. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Gerak di SMP Negeri 2 Delima. Jurnal Pendidikan Sains, 4(1), 43–51. https://doi.org/10.24815/jpsi.v4i1.6581.
Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2). https://doi.org/10.5281/zenodo.3892262.
Jiniarti, B. E., Sahidu, H., & Verawati, N. N. S. P. (2015). Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 22 Mataram. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 3(1), 27. https://doi.org/10.33394/j-ps.v3i1.1075.
Kadir, A. (2018). Peningkatan Kreativitas Guru dalam Mengajar Melalui Pelatihan Model Assure dengan Pendekatan Scientific pada MGMP Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Indragiri Hulu Tahun 2017. Jurnal Keagamaan Dan Pendidikan, 14(1). http://ejournal.kampusmelayu.ac.id/index.php/akademika/article/view/35.
Khoiriyah, A. J., & Husamah, H. (2018). Problem-Based Learning: Creative Thinking Skills, Problem-Solving Skills, and Learning Outcome of Seventh Grade Students. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 4(2), 151–160. https://doi.org/10.22219/jpbi.v4i2.5804.
Khusaini, K., Lestari, S., & Agustin, N. A. (2018). The Application of Problem-Based Learning Methods to Improve Economic Learning Outcomes and Motivation. Dinamika Pendidikan, 13(2), 218–227. https://doi.org/10.15294/dp.v13i2.16634.
Malmia, W., Makatita, S. H., Lisaholit, S., Azwan, A., Magfirah, I., Tinggapi, H., & Umanailo, M. C. B. (2019). Problem-Based Learning as An Effort to Improve Student Learning Outcomes. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(9), 1140–1143. https://doi.org/10.5281/zenodo.3457426.
Masykurni, M., Gani, A., & Khaldun, I. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Komputer untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar pada Konsep Larutan Penyangga di SMA Negeri 1 Padang Tiji. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(1), 94–106. https://doi.org/10.24815/jpsi.v4i1.6587.
Momando, D., & Raymond, D. (2016). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Kelas V SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 75–85. https://www.neliti.com/id/publications/254234/pengaruh-penerapan-model-problem-based-learning-terhadap-kemampuan-berpikir-ting.
Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125–143. https://doi.org/10.21831/jpv.v4i1.2540.
Nelli, E., Gani, A., & Marlina, M. (2016). Implementasi Model Problem Based Learning pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiahpeserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Peudada. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(1). https://media.neliti.com/media/publications/123051-ID-implementasi-model-problem-based-learnin.pdf.
Ningsih, P. R., Hidayat, A., & Kusairi, S. (2018). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas III. Jurnal Pendidikan, 3(12), 1587–1593. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11799.
Nofriyanti, Y., & Nurhafizah, N. (2019). Etika Profesi Guru Paud Profesional Dalam Mewujudkan Pembelajaran Bermutu. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(1). https://doi.org/10.31004/jptam.v3i2.262.
Nugraha, M. I., Tuken, R., & Hakim, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Sekolah Dasar. Pinisi Journal Of Education, 1(2). https://ojs.unm.ac.id/PJE/article/view/25908.
Nursa’ban, E., Masykuri, M., & Yamtinah, S. (2019). Improving Student Learning Outcomes in Science Subjects through The Implementation of PBL-Based Module. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 5(2), 269–276. https://doi.org/10.22219/jpbi.v5i2.7534.
Nurtanto, M., & Sofyan, H. (2015). Implementasi Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif, Psikomotor, dan Afektif Siswa di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 352. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i3.6489.
Permatasari, B. D., Gunarhadi, & Riyadi. (2019). The Influence of Problem Based Learning towards Social Science Learning Outcomes Viewed from Learning Interest. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(1), 39–46. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i1.15594.
Priani, I., Manuaba, I. B. S., & Darsana, I. W. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Gugus III Kuta Utara Tahun Pelajaran 2017/2018. Mimbar PGSD, 7(1). https://doi.org/ 10.23887/jjpgsd.v7i1.16972.
Putri, R. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Gunung Malelo. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 14–25. https://doi.org/10.31004/jrpp.v1i1.152.
Puyada, D., & Putra, R. R. (2018). Meta Analisis Pengaruh Problem Based Learning dan Virtual Laboratory terhadap Hasil Belajar Siswa. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(2), 9–16. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i2.257.
Rais, A. A., & Suswanto, H. (2017). Perbandingan Implementasi Model Problem Based Learning dan Direct Instruction dalam Meningkatkan Mata Pelajaran Jaringan Dasar Kelas X. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 2(8), 1043–1049. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i8.9787.
Rohana, S. (2020). Model Pembelajaran Daring Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 12(2), 192. https://doi.org/10.47498/tadib.v12i02.441
Rosmawati, R., Ahyani, N., & Missriani, M. (2020). Pengaruh Disiplin dan Profesionalisme Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 200–205. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.22.
Saputro, O. A., & Rahayu, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.24719.
Sumitro, A. H., Setyosari, P., & Sumarmi. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1188–1195. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i9.9936.
Supardi, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Persamaan dan Fungsi Kuadrat untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas XI TIA SMKN 2 Bogor. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(1), 22. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i1.6600.
Syahid, L., Djabba, R., & Mukhlisa, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Barru. Pinisi Journal Of Education, 1(2). https://ojs.unm.ac.id/PJE/article/view/25981.
Tabroni, Syukur, M., & Indrayani. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Bentuk-Bentuk Mobilitas Sosial Kelas VIII-B SMP Negeri 4 Rokan IV Koto Kab. Rokan Hulu Riau. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(2), 261–266. http://ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/409/253.
Widyaningrum, R. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA dan Menanamkan Nilai Kearifan Lokal Siswa Sekolah Dasar. Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, 13(2). https://doi.org/10.33061/ww.v13i2.2257.
Zainuddin, M., Budijanto, B., & Amirudin, A. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Inquiry terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(12), 2359–2364. https://doi.org/10.17977/jp.v1i12.8351.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)