Hubungan Konsep Diri dan Kepercayaan Diri Dengan Hasil Belajar Simulasi Komunikasi dan Digital Siswa

Authors

  • Husnal Hafizah Jurusan Pendidikan Teknologi Kejuruan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang Indonesia
  • Ambiyar Ambiyar Jurusan Pendidikan Teknologi Kejuruan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.31693

Keywords:

Hasil Belajar, Konsep Diri, Kepercayaan Diri

Abstract

Hasil belajar siswa pada pelajaran simulasi komunikasi digital kelas X TKJ masih banyak yang belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan konsep diri dan kepercayaan diri dengan hasil belajar simulasi komunikasi dan digital siswa kelas X TKJ SMK. Jenis penelitian adalah kuantitatif  dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X TKJ di SMK. Populasi penelitian berjumlah 35 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara total sampling dengan jumlah sampel 35. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuisioner menggunakan Skala Likert, teknik analisis data diantaranya korelasi sederhana dan korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dengan hasil belajar yang kuat, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri dengan hasil belajar yang kuat dan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dan kepercayaan diri dengan hasil belajar yang kuat. Penelitian diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar melalui peningkatan konsep diri positif dan kepercayaan diri yang potif, sehingga siswa terdorong melakukan kegiatan yang positif dalam belajar.

References

Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2). https://doi.org/10.33449/jpmr.v3i2.7520.

Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Asiyah. (2019). Pengaruh Rasa Percaya Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 217–226. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p217-226.

Budiarnawan, A. (20.14). Hubungan Antara Konsep Diri dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Desa Selat. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2224.

Dewi, M. (2020). Pengaruh Kemampuan Manusia Abad 12 Dengan Pembentukan Karakter Wirausaha Mahasiswa Universitas Putra Indonesia YPTK Padang. Jurnal Benefita, 5(3), 468–478. http://ejournal.lldikti10.id/index.php/benefita/article/viewFile/5576/1912.

Fitriani, N. (2018). Pengembangan Media Computer Assisted Instruction Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Materi Pokok Presentasi Video Untuk Branding Dan Marketing Kelas X Akuntasi Keuangan Di SMK Yapalis Krian Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 9(2), 1–10.

Gunarsih, F. D. (2016). Hubungan Interaksi Sosial, Konsep Diri, Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri DI Kecamatan Pituruh. EKUIVALEN, 20(2), 211–216. https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v20i3.2901.

Handayani. (2017). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Konsep Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1). http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/5347.

Harahap, S. K. & H. S. (2017). Hubungan Konsep Diri Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Di Kelas XI IPA SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(3), 361–366. https://doi.org/10.24114/jpb.v6i3.8041

Haryaka, U., H. (2019). Pengaruh Konsep Diri, Minat dan Sikap Ilmiah Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 737–774. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29261.

Indahini, R. S., Sulton, & Husna, A. (2018). Pengembangan Multimedia Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digita Kelas X SMK. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 141–148. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/3730.

Indriawati, P. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa FKIP Universitas Balikpapan. 7(1), 59–77.

Komara, I. B. (2016). Hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar dan perencanaan karir siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 1–10. http://journal.uad.ac.id/index.php/PSIKOPEDAGOGIA/article/view/4474.

Murtiningsih. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar, Sarana Belajar, Dan Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Penerima BSM (Bantuan Siswa Miskin) SMP Negeri DI Surabaya. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 5(2), 178–191. https://doi.org/10.26740/jepk.v5n2.p178-191.

Nugroho, B. (2015). Hubungan Antara Konsep Diri Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Matematika. EKUIVALEN, 14(1), 78–83. https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v14i1.2048.

Nur, A. S. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Konsep Diri, dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri di kota Merauke. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 89 – 96. https://doi.org/10.24014/sjme.v2i2.2067.

Nur, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Pada Materi Metabolisme Kelas MIPA XII MIPA 1 SMA NEGERI 1 MAKASSAR. Binomial, 3(2), 27–38. https://doi.org/10.46918/binomial.v3i2.668.

Nurhidayah. (2019). Pengaruh Konsep Diri dan Iklim Keluarga melalui Motivasi Berprestasi, Sikap, dan Kreativitas terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(1), 35–46. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v7i1.318.

Panjaitan, N. Q. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Digital Animasi dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 588–596. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.404.

Pucangan, K. dkk. (2017). Hubungan Antara Konsep Diri Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Desa Selat. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11007.

Puspitasari, R. P. (2012). Hubungan Konsep Diri Dan Kepercayaan Diri dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Pada Remaja Putus Sekolah. Psikologi: Teori & Terapan, 3(1), 58–66. https://doi.org/10.26740/jptt.v3n1.p58-66.

Rahmadhani, S., Efronia, Y., & Tasrif, E. (2021). Penggunaan E-Modul Di Sekolah Menengah Kejuruan Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Vokasi Informatika, 1(1), 5–9. http://javit.ppj.unp.ac.id/index.php/javit/article/view/16.

Rozaini, N. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kepercyaan Diri Siswa terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Niagawan, 6(2). https://doi.org/10.24114/niaga.v6i2.8335.

Sumyati, T. (2017). Pengaruh Perhatian Orang Tua, Konsep Diri Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Matematika Kelas Viii Smp Negeri Di Kecamatan Sausu Kabupaten Parigi Moutong. Mitra Sains, 5(2), 84–94.

Tjandrawinata, R. (2016). Industri 4.0 revolusi industri abad ini dan pengaruhnya pada bidang kesehatan dan bioteknologi. https://doi.org/10.5281/zenodo.49404.

Zikri. (2020). Hubungan Gaya Belajar Dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa Smk Negeri 3 Solok Selatan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(2), 135–144. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i2.24209.

Downloads

Published

2021-02-13

How to Cite

Hafizah, H., & Ambiyar, A. (2021). Hubungan Konsep Diri dan Kepercayaan Diri Dengan Hasil Belajar Simulasi Komunikasi dan Digital Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 49–55. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.31693

Issue

Section

Articles