Kontribusi Sumber Belajar dan Internal Locus of Controll Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.31788Keywords:
Sumber Belajar, internal locus of controll, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi sumber belajar terhadap hasil belajar, kontribusi Internal Locus of Controll terhadap hasil belajar, serta kontribusi sumber belajar dan Internal Locus of Controll secara bersama-sama terhadap hasil belajar. Jenis penelitian adalah deskriptif korelasional, populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI di SMK sebanyak 77. Penelitian ini menetapkan kelas XI TBSM 1 dan kelas XI TBSM 2 sebagai sampel yaitu sebanyak 51 orang siswa, dan kelas Uji coba kelas XI TBSM 3. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuisioner menggunakan Skala Likert, teknik analisis data diantaranya regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internal locus of controll berkontribusi terhadap hasil belajar sebesar 33,41%; sumber belajar berkontribusi terhadap hasil belajar sebesar 31,36% serta sumber belajar dan internal locus of controll berkontribusi secara bersama-sama terhadap hasil belajar sebesar 40,83%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sumber belajar dan internal locus of controll secara bersama-sama memberikan kontribusi terhadap hasil belajar siswa kelas XI mata pelajaran simulasi komunikasi digital di SMK.
References
Afriadi, R., & Yuni, R. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Learning Cycle dan Locus Of Control Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Biolokus, 1(1), 1–10. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/biolokus/article/view/312/310.
Anggraini, N. & M. (2020). Influence Internal Locus of Control, School Environment and Discipline on Student Achievement. The Fifth Padang International Conference On Economics Education, Economics, Business and Management, Accounting and Entrepreneurship (PICEEBA-5 2020), 328–333. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.201126.036.
Devi, B. D. K., & Fachrurrozie. (2019). Pengaruh Internal Locus of Control, Lingkungan Keluarga, Dan Prestasi Akademik Terhadap Kesiapan Bekerja Di Luar Profesi Guru Melalui Kematangan Karier. Economic Education Analysis Journal, 8(1), 110–129. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i1.29764.
Dewita, M. (2018). Hubungan antara internal locus of control dengan perilaku prososial pada pelajar d SMA N 1 Halmahera Utara. Jurnal Sosial Dan Kependidikan, 2(1), 10–17. http://journal.unhena.ac.id/index.php/HibSos/article/view/42.
Fatimaturrahmi. (2018). Pengaruh Ketersediaan Sumber Belajar Di Perpustakaan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri 1 Praya Barat. Jurnal Kajian Penelitian & Pengembangan Pendidikan, 6(6). https://doi.org/10.36312/jisip.v1i2.184.
Fauzan, F. (2020). Pengaruh Soft Skill Dan Locus of Control Terhadap Kesiapan Fresh Graduate Dalam Era Industri 4.0 (Studi Pada Prodi Manajemen Unihaz Bengkulu). Creative Research Management Journal, 2(2),1. https://doi.org/10.32663/crmj.v2i2.1105.
Fitriani, A. N., Purnomo, A., & Ginanjar, A. (2019). Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Kelas VII SMP Negeri 2 Ambarawa. SOSIOLIUM, 1(2), 164–168. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/sosiolium/article/view/36422/15002.
Harni. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya di SD Negeri 2 Uebone. Jurnal Paedagogy, 8(2), 181–189. https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3481.
Herwanto, H. (2020). Penggunaan Metode Estafet Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Metode Numerik. Edukasi Dan Sains Matematika, 6(1), 11–21. https://journal.uniku.ac.id/index.php/JESMath/article/view/2497/1791.
Khairat, Y. (2020). Penerapan Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(2), 185–196. https://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1728761.
Khotimah, P. C., Kantun, S., & Widodo, J. (2020). Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Di Smk Negeri 7 Jember ( Studi Kasus Pada Kelas Xii Program Keahlian Multimedia Semester Gasal Tahun Ajaran 2019 / 2020 ). Jurnal Pendidikan Ekonomi, 14(2), 357–360. https://doi.org/10.19184/jpe.v14i2.16522.
Nainggolan, M. ., Kojo, C., & Sendow, G. (2018). Analisis Pengaruh Internal Locus of Control Dan External Locus of Control Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Ratulangi Analysisn of the Effect of Internal Locus of Control and External Locus of Control on Job Satisfaction and Its Imp. Jurnal EMBA, 6(4), 4023–4032. https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21926.
Puspitasari, S. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share. Global Edukasi, 3(1), 55–60. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE.
Putri, N. L. P. N. I. A., & Rustika, I. M. (2019). Peran pola asuh otoritatif dan internal locus of control terhadap kecerdasan emosional remaja madya di SMA Negeri 1 Tabanan. Jurnal Psikologi Udayana, 6(01), 56. https://doi.org/10.24843/jpu.2019.v06.i01.p06.
Sinaga, Amran Jahot & Harun Sitompul, S. (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Locus Of Control Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Siswa Kelas XI SMA Swasta St. Thomas 2 Medan. JURNAL TABULARASA PPS UNIMED, 14(2), 119–128. https://doi.org/10.24114/jt.v14i2.9648.
Siregar, S. M., Tarma, T., & Doriza, S. (2015). Pengaruh Sumber Belajar Dalam Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 2(2), 31. https://doi.org/10.21009/jkkp.022.06.
Sudarsana, I. K. (2016). Peningkatan mutu pendidikan luar sekolah dalam upayapembangunan sumber daya manusia. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(1), 1–14. http://www.ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/download/34/43.
Sudjana. (2009). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. remaja Rosdakarya.
Sujai, I. S. (2017). Pengaruh kesiapan belajar dan pemanfaatan Sumber belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas xi ips sma pgri kalangbret semester 1 tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(2), 16–25. https://doi.org/10.29100/.v2i2.349.
Sulistyaningrum, H., Kuntum, H., & Ummatin, K. (2018). Effectiveness Of Problem Solving Of Solso And Locus Of Control Against Mathematics Learning Achievements Of High School Students. Jurnal Teladan, Volume 3(2), 133–141. http://journal.unirow.ac.id/index.php/teladan/article/view/41.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Kencana Prenada Media Group Algesindo.
Trisnawati, Sya Bachri Thalib, & R. (2018). Pengaruh Internal Locus of Control Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri Di Sinjai Barat. Prosiding Seminar Nasional Biologi Dan Pembelajarannya. https://ojs.unm.ac.id/semnasbio/article/view/7222/0.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)