Hubungan Self Esteem dan Motivasi Berprestasi dengan Kinerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32230Keywords:
self esteem, motivasi berprestasi, kinerja guruAbstract
Kinerja guru memiliki peran yang sangat penting sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan kinerja guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru PNS sejumlah 41 guru PNS. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sensus. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 41 guru PNS. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan non tes yaitu dengan melakukan pengisian kuesioner/angket pada data self esteem dan motivasi berprestasi, sedangkan data kinerja guru diperoleh melalui pencatatan dokumen. Data yang diperoleh kemudian diuji regresi sederhana untuk hipotesis I, II dan menggunakan uji regresi ganda untuk hipotesis III. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) terdapat hubungan yang signifikan antara self esteem dengan kinerja dengan kontribusi sebesar 29,30% (2) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan kinerja guru dengan kontribusi sebesar 33,78% (3) hubungan yang signifikan antara self esteem dan motivasi berprestasi dengan kinerja guru dengan kontribusi sebesar 63,08%, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara self esteem dan motivasi berprestasi dengan kinerja guru di SD. Penelitian ini bermakna bagi guru yaitu guru mampu dalam meningkatkan self esteem dan motivasi berprestasi sehingga kualitas dari kinerja guru dapat meningkat dan mutu pendidikan di Indonesia juga meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara self esteem dengan kinerja guru, hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan kinerja guru, hubungan yang signifikan antara self esteem dan motivasi berprestasi dengan kinerja guru.
References
Aprilina, Matulessy, A., & Rini, R. A. P. (2019). Kualitas Kehidupan Kerja Dan Harga Diri Berbasis Organisasi Dengan Keterikatan Kerja PNS Pemerintah Kota Palangka Raya. Jurnal Insight Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Jember, 15(1), 85–101. https://doi.org/10.32528/ins.v15i1.1697.
Aqmar, A. Z., & Sriyono, H. (2018). Persepsi Atas Gaya Kepemimpian Kepala Sekolah Dan Tipe Kepribadian Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan IPS, 1(3), 218–227. http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v1i3.5869.
Astika, I. W. M., Suwindra, I. N. P., & Mardana, I. B. P. (2018). Hubungan self-efficacy dan self-esteem dengan prestasi belajar fisika siswa di kelas x MIPA SMA Negeri. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 8(2), 77–85. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpf.v8i2.20642.
Astuti, H., & Rokhmat, J. (2018). Pengaruh lingkungan kerja dan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur. 2(1), 112–135. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jipp.v2i1.42.
Awe, E. Y., Dantes, N., & Lasmawan, I. W. (2014). Hubungan antara kualifikasi akademik kompetensi, motivasi kerja dengan kinerja guru sekolah dasar (SD) di Kecamatan Bajawa Kabupaten Ngada. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar, 4(1), 1–13.
Cahyono, L. E., Budiwibowo, S., & Murwani, J. (2015). Analisis penerapan 8 standar nasional pendidikan pada SMP Negeri 2 Dolopo kabupaten Madiun. Jurnal Akutansi Dan Pendidikan, 4(2). https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jap.v4i2.684.
Candra, A., Sabandi, A., Syahril, S., & Zikri, A. (2020). Kontribusi kepemimpinan kepala sekolah dan insentif terhadap motivasi berprestasi guru. Jurnal Basicedu, 4(3), 690–695. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.379.
Catio, M., & Sunarsi, D. (2020). Analisa Pengaruh Kompetensi, Disiplin Kerja dan Motivasi terhadap Kinerja Guru. Equilibrium : Jurnl Pelatihan Pendidikan Dan Ekonomi, 17(02), 16–26. https://doi.org/10.25134/equi.v17i02.ABSTRACT.
Darwini, Ibrahim, M. M., & Tahir, M. Y. (2019). Pengaruh Kompetensi Manajerial dan Kompetensi Supervisi Kepala Madrasah terhadap Motivasi berprestasi Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2), 116–126.
Deany, A. S., Sukartha, I. M., & Wirama, D. G. (2016). Pengaruh Self Esteem, Efficacy, Locus of Control, dan Emotional Stability Kinerja Pengelola Anggaran Belanja Universitas Udayana. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 5(11), 3713–3740.
Fendya, W. T., & Wibawa, S. C. (2018). Pengembangan Sistem Kuesioner Daring Dengan Metode Weight Product Untuk Mengetahui Kepuasan Pendidikan Komputer Pada Lpk Cyber Computer. It-Edu, 3(01), 45–53.
Gabriella, P., & Tannady, H. (2019). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru di SMAN 8 Bekasi. Journal of Management and Bussines (JOMB), 1(1), 121–124. https://doi.org/10.31539/jomb.v1i1.654.
Gailea, N. Y., Sendow, G. M., & Uhing, Y. (2018). Pengaruh Budaya Kerja, Kepribadian dan Self Esteem terhadap Kinerja Karyawan pada Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Daerah Provinsi Sulawesi Utara. EMBA, 6(4), 2048–2057.
Harefa, D. (2019). Peningkatan prestasi rasa percaya diri dan motivasi terhadap kinerja Guru IPA. Media Bina Ilmiah, 13(10), 1773–1786. https://doi.org/https://doi.org/10.33758/mbi.v13i10.592.
Harlina, Y., Bachri, A. A., & Dewi, M. S. (2019). Pengaruh Motivasi, Pendidikan, Pelatihan dan Pengalamn Kerja terhadap Kinerja Guru SMKN 5 Baanjarmasin. Jurnal Wawasan Manajemen, 1(9), 99–112.
Haslina, M., Ahyani, N., & Ardiansyah, A. (2020). Pengaruh sertifikasi dan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1802–1811. https://doi.org/10.32528/ipteks.v2i2.1900.
Hendrati, F. (2014). Hubungan Motivasi Berprestasi dan Harga Diri dengan Kinerja Guru SD di Malang Masyarakat Indonesia mempunyai harapan Sebaik-baiknya. Jurnal Psikologi Tabularasa, 9(2), 151–160. http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jpt/article/view/227.
Irwanto, Nabila, F., Dewi, I. S., Idris, I., & Fajrillah. (2019). Penggunaan metode deskriptif kuantitatif dalam motivasi kerja terhadap kinerja karyawan melalui uji regresi linier berganda. Jurnal Teknovasi, 06(03), 54–62.
Janah, R., Akbar, Z., & Yetti, E. (2020). Pengaruh Iklim Organisasi terhadap Kinerja Guru PAUD di Kota Depok. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 224–229. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.236.
Juniarti, E., Ahyani, N., & Ardiansyah, A. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Efikasi Diri Guru Terhadap Kinerja Guru. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 1(3), 193–199. https://doi.org/10.47467/reslaj.v1i2.108.
Kurnianita, N. P. (2018). Hubungan Rasa Syukur dan Harga Diri dengan Kesejahteraan Subjektif pada Pensiunan Pegawai Negeri Sipil. 7(1), 2264–2276.
Lestari, L. S., & Mayasarokh, M. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Raudhatul Athfal dan Regulasi Diri Guru terhadap Kinerja Guru di PC Cilimus Kabupaten Kuningan. Jurnal Golden Age, 4(02), 251–261. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2620.
Lusiana, N. P. M. (2018). Pengaruh Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Sma Laboratorium Undiksha Singaraja Tahun Pelajaran 2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 10(2), 440–449. https://doi.org/10.23887/jjpe.v10i2.20076.
Nagul, W., Yusuf, A. M., & Syahniar, S. (2013). Persepsi Tentang Tugas dan Motivasi Kerja Serta Pengaruhnya terhadap Kinerja Guru BK SMPN se-Kota Kupang. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 1(3), 1. https://doi.org/10.29210/110700.
Nasution, L. M. (2018). Statistika deskriptif. Jurnal Hikmah, 14(1), 49–55. https://doi.org/10.1021/ja01626a006.
Ningrum Lulu Sayekti, W. (2019). Kontribusi Uji Kompetensi Guru, Motivasi Berprestasi, Pengalaman Mengajar Terhadap Kompetensi Profesional Guru dan Pendahuluan. Media Manajemen Pendidikan, 2(1), 123–130. https://doi.org/10.30738/mmp.v2i1.4071.
Nuraini, R. (2019). Pengembangan Self-Esteem Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Pendidik di TKIT 2 Qurrota A’yun Ponorogo. Muslim Heritage, 3(2), 341–366. https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v3i2.1487.
Polapa, I. (2018). Hubungan antara Budaya OOrganisasi dan Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Motivasi Berprestasi Guru. 2(1), 30–39.
Priyono, B. H., Qomariah, N., & Winahyu, P. (2018). Pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi guru dan lingkungan kerja fisik terhadap kinerja guru SMAN 1 Tanggul Jember. 4(2), 144–160. https://doi.org/10.32528/jmbi.v4i2.1758.
Putra, C. A. A., Yudana, M., & Natajaya, N. (2018). Hubungan motivasi berprestasi, prilaku kepemimpinan kepala sekolah dan etos kerja dengan kinerja guru. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 1(1), 14–20. https://doi.org/10.23887/jppsh.v1i1.12925.
Rafiditya, A., & Syarifuddin. (2020). Pengaruh Self Esteem dan Self Efficacy terhadap Kinerja Karyawan PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri Kantor Cabang Utama Bandung. E-Procceding of Management, 7(2), 4143–4150. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/viewFile/13528/13061.
Retnadi, W., Hayu, R., Permanasari, A., Sumarna, O., Hendayana, S., Indonesia, U. P., Djuanda, U., & Barat, J. (2019). Studi Lapangan Pengembangan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Field Study Development Of Teacher Professionalism in. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 87–92.
Rivai, A. (2021). Pengaruh Pengawasan, Disiplin dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 11–22. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO/article/view/6715.
Russamsi, Y., Hadian, H., & Nurlaeli, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Peningkatan Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Di Masa Pandemi Covid-19. Indonesia Journal Of Educational Management, 2(3), 244–255. https://doi.org/10.52627/ijeam.v2i3.41.
Sari, M., & Masruroh, F. (2018). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Kecamatan Magelang Tengah Kota Magelang. Jurnal Mahasiswa Administrasi Negara (JMAN), 02(02), 36–51. http://jom.untidar.ac.id/index.php/jman/article/view/335.
Setiawan, A. A. K. A., Sujana, I. W., & Ari, N. N. (2020). Pengaruh Self Efficacy dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Adi Sarana Armada Tbk Badung. 1(2), 31–40. http://e-journal.unmas.ac.id/index.php/value/article/view/803.
Setiawan, E. (2018). Kontribusi Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Mengajar Guru. 2(1), 43–58. http://journal.iaialhikmahtuban.ac.id/index.php/ijecie/article/view/22.
Sopandi, A. (2019). Pengaruh Kompetensi Profesional dan Kompetensi Kepribadian terhadap Kinerja Guru. Scientific Journal of Reflection, 2(2), 121–130. https://doi.org/10.5281/zenodo.2628070.
Soprapto, S. (2013). Landasan aksiologis sistem pendidikan nasional Indonesia dalam perspektif filsafat pendidikan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 266–276. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.21831/cp.v0i2.1485.
Sulastri, T., . S., & Istiadi, Y. (2020). Pengaruh self-esteem dan komunikasi interpersonal terhadap efektivitas kerja guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 36–40. https://doi.org/10.33751/jmp.v8i1.1962.
Sulfemi, W. B. (2020). Pengaruh Rasa Percaya Diri Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 157–179. https://doi.org/10.31538/ndh.v5i2.557.
Supardi. (2014). Kontribusi Supervisi Kepala Madrasah, Iklim Kerja, dan Pemahaman Kurikulum terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(1), 59. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i1.133.
Supriyono, A. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Profesional, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 18(2), 1–12. https://doi.org/10.33830/jp.v18i2.269.2017.
Suryandari, S. (2016). Pengaruh burnout, self esteem terhadap kinerja guru savitri. Jurnal Humaniora, Sains, Dan Pengajaran, 18(1), 37–43. https://erepository.uwks.ac.id/561/
Syafrida. (2018). Implementasi Pemberian Reward dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Guru SDN 007 Kunto Darussalam. Junar Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(3), 481–486. https://pajar.ejournal.unri.ac.id/index.php/PJR/article/download/5552/5189.
Syaputra, M. D., Makhdalen, & Sumarno. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Guru terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Kemuning Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 146–155. http://dx.doi.org/10.31258/jmp.8.2.p.146-155.
Sylvia, R. (2016). Hubungan self esteem dan motivasi belajar terhadap pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 311–328. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPD.072.10.
Uno, H. B., & Lamatenggo, N. (2016). Tugas guru dalam pembelajaran. PT Bumi Aksara.
Utari, K. T., & Rasto, R. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 238–245. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18019.
Warsid, Dekawati, I., & Pujiyati, W. (2020). Analisi kondisi lingkungan sekolah dan motivasi berprestasi serta dampaknya terhadap produktivitas kerja guru. Edum Journal, 3(2), 79–93. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/edumjournal.v3i2.68.
Widyawati, S. R., & Karwini, N. K. (2018). Pengaruh self esteem, self efficacy dan keterlibatan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT.Dwi Fajar Semesta Denpasar. Forum Manajemen STIMI Handayani Denpasar, 16(2), 54–64.
Yusna, & Sunarti, V. (2019). Gambaran Motivasi Intrinsik Peserta dalam Mengikuti Diklat di BBPPKS Regional I Sumatera, Padang. Jurnal Halaqah, 1(2), 141–150.
Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)