Aplikasi Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Stem pada Materi Gerak Melingkar

Fadillah Rahmayani, Menza Hendri, Dian Pertiwi Rasmi

Abstract


Pembelajaran yang seharusnya berpusat pada peserta didik tidak sepenuhnya diberlakukan, hal ini disebabkan masih ada beberapa guru yang tetap mengajar peserta didik dengan metode pembelajaran konvensional yang mana pembelajaran tersebut menempatkan peserta didik sebagai objek dan guru sebagai subjek. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan produk berupa Aplikasi Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis STEM agar dapat menunjang pembelajaran siswa menjadi lebih menarik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analisis, Desain, Development, Implemetasi, dan Evaluasi). Subjek uji coba dalam pengembangan LKPD Android berbasis STEM ini adalah siswa-siswa SMA. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner, wawancara, observasi. Data dianalisis menggunakan Statistik deskriptif. Hasil produk divalidasi oleh validator ahli dan validator media diperoleh hasil dengan rata-rata 3,24 dalam kategori  sangat baik untuk ahli materi dan 3, 27 hasil dari ahli media dengan kategori sangat baik. Uji kelompok kecil angket responden dan diperoleh hasil Produk yang dikembangkan memiliki rata-rata skor 3,26 dimana termasuk dalam kategori Sangat Baik, Sehingga Produk yang dihasilkan dapat dikategorikan sangat baik dan layak untuk digunakan. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu siswa dalam belajar dan meningkatkan hasil belajar siswa.


Keywords


Aplikasi LKPD; STEM; Gerak Melingkar

Full Text:

PDF

References


Adnan, m., ayob, a., tek, o. E., ibrahim, m. N., ishak, n., & sheriff, j. (2016). Memperkasa pembangunan modal insan malaysia di peringkat kanak-kanak: kajian kebolehlaksanaan dan kebolehintegrasian pendidikan stem dalam kurikulum permata negara. Geografia : malaysian journal of society and space, 12(1), 29–36. Http://www.ukm.my/geografia/v2/index.php?Cont=a&it.

Aldila, C., Abdurrahman, & Sesunan, f. (2019). Pengembangan lkpd berbasis stem untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Journal of chemical information and modeling, 53(9), 1689–1699. Http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/jpf/article/view/13665.

Alkadri, R., Yurnetti, & Yohandri. (2017). Pembuatan media mobile learning berbasis android untuk mata pelajaran fisika kelas xi sma. Pillar of physics education, 10, 129–136. Https://doi.org/10.24036/2568171074.

Anggraini, F. I., & Huzaifah, S. (2017). Implementasi stem dalam pembelajaran ipa di sekolah menengah pertama. Prosiding seminar nasional pendidikan ipa 2017. Stem untuk pembelajaran sains abad 21. 23 september 2017, 1(1), 722–731. Http://conference.unsri.ac.id/index.php/semnasipa/article/view/738.

Aristo, r. W., & tampubolon, t. (2019). Stem approach students’ worksheet development with 4d model in sound waves topic. International journal of scientific research and engineering development, 2(4), 2017–2020. Www.ijsred.com.

Astuti, Y., & Setiawan, B. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa (lks) berbasis pendekatan inkuiri terbimbing dalam pembelajaran kooperatif pada materi kalor. Jurnal pendidikan ipa indonesia, 3(1), 28–35. Https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2515.

Bozkurt Altan, E., & Ercan, S. (2016). Stem education program for science teachers: perceptions and competencies. Journal of turkish science education, 13(specialissue), 103–117. Https://doi.org/10.12973/tused.10174a.

Cholifah, r. (2016). Pembuatan lembar kerja siswa berbasis android pada mata pelajaran produktif multimedia kelas xi di smkn 1 driyorejo. It-edu, 1(02).

Davidi, E. I. N., Sennen, E., & Supardi, K. (2021). Integrasi pendekatan stem (science, technology, enggeenering and mathematic) untuk peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Scholaria: jurnal pendidikan dan kebudayaan, 11(1), 11–22. Https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p11-22.

Dejarnette, n. K. (2012). America’s children: providing early exposure to stem (science, technology, engineering and math) initiatives. Education, 133(september 2012), 77–84.Http://www.ingentaconnect.com/contentone/prin/ed/2012/00000133/00000001/art00008.

Dini Rahma Diani, Nurhayati, D. S. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) menulis cerpen berbasis aplikasi android. Jurnal bahasa, sastra, dan pengajarannya, 7, 2. Https://doi.org/10.20961/basastra.v7i2.37800.

Dwi Agista, N., & Hakim, L. (2018). Pengembangan lembar kegiatan peserta didik (lkpd) mata pelajaran akuntansi perbankan syariah berbasis scientific approach. Jurnal pendidikan akuntansi (jpak), 6(3), 355–359.

Ernawati, A., Ibrahim, M. M., & Afiif, A. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis multiple intelligences pada pokok bahasan substansi genetika kelas xii ipa sma negeri 16 makassar. Jurnal biotek, 5(2), 1–18.

Harefa, a. R. (2019). Peran ilmu fisika dalam kehidupan sehari-hari. Warta dharmawangsa, april, 91–96. Http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/juwarta/article/view/411.

Haris, f. (2018). Rancang bangun aplikasi ensiklopedia kesehatan berbasis android. Jurnal sains komputer dan teknologi informasi, 1(1), 1–4. Https://doi.org/10.33084/jsakti.v1i1.448.

Indrianingrum, R., Mahardika, Ik., Wahyuni, D., A, S., A, I., & Hariyadi, S. (2018). Effectiveness of stem-based science student worksheet in improving multiple representation ability of junior high school students. International journal of advanced research, 6(4), 1366–1369. Https://doi.org/10.21474/ijar01/6995.

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. Axiom : jurnal pendidikan dan matematika, 7(1), 91–96. Https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778.

Kaymakci, s. (2018). A review of studies on hospital organization culture in turkey. Sağlık ve hemşirelik yönetimi dergisi, june, 57–64. Https://doi.org/10.5222/shyd.2018.201.

Lee, c.-d. (2014). Worksheet usage, reading achievement, classes’ lack of readiness, and science achievement: a cross-country comparison. International journal of education in mathematics, science and technology, 2(2), 96–106. Https://doi.org/10.18404/ijemst.38331.

Lee, Y., Capraro, R. M., & Bicer, A. (2019). Gender difference on spatial visualization by college students’ major types as stem and non-stem: a meta-analysis. International journal of mathematical education in science and technology, 50(8), 1241–1255. Https://doi.org/10.1080/0020739x.2019.1640398.

Noprinda, c. T., & soleh, s. M. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis higher order thinking skill (hots). Indonesian journal of science and mathematics education, 2(2), 168–176. Https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4342.

Nurliawaty, L., Mujasam, M., Yusuf, I., & Widyaningsih, s. W. (2017). Lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis problem solving polya. Jpi (jurnal pendidikan indonesia), 6(1), 72–81. Https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9183.

Oktavia, R. (2019). Bahan ajar berbasis science , technology , engineering , mathematics ( stem ) untuk mendukung pembelajaran ipa terpadu. Semesta pendidikan ipa, 2(1), 32–36. Http://semesta.ppj.unp.ac.id/index.php/semesta.

Pentury, H., Festiyed, Hamdi, & Yurnetti. (2019). Pembuatan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis model discovery learning pada materi gelombang berbantuan aplikasi android untuk kelas xi sma/ma. Pillar of physics education, 12(4), 617–624. Http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pfis/article/view/7144.

Prismasari, D. I., Hartiwi, A., & Indrawati. (2019). Science , technology , engineering and mathematics ( stem ) pada pembelajaran ipa smp. Seminar nasional pendidikan fisika 2019 “integrasi pendidikan, sains, dan teknologi dalam mengembangkan budaya ilmiah di era revolusi industri 4.0,” 4(1), 43–45. Https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkippro/article/view/15123/7454%0ahttp://tiny.cc/cajjlz.

Rahmayani, F. (2019). Hubungan karakter mandiri siswa dalam belajar dengan hasil belajar siswa. Jurnal pendidikan edutama, 6(2), 87. Https://doi.org/10.30734/jpe.v6i2.510.

Rahmiati, & Pianda, D. (2018). Strategi & implementasi pembelajaran matemtika di dalam kelas. Cv. Jejak.

Rasagama, i. G. (2020). Pengembangan model pembelajaran getaran berbasis video youtube untuk meningkatkan konsep mahasiswa politeknik. Jurnal pendidikan sains (jps), 8(2), 91. Https://doi.org/10.26714/jps.8.2.2020.91-101.

Rewatus, A., Leton, S. I., Fernandez, A. J., & Suciati, M. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika pada materi segitiga dan segiempat. Jurnal cendekia : jurnal pendidikan matematika, 4(2), 645–656. Https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.276.

Rusdi. (2019). Penelitian desain dan pengembangan kependidikan(konsep, prosedur dan sintesis pengetahuan baru). In pt.rajagrafindo persada. Pt.rajagrafindo persada.

Sadiyyah, R., Gustiana, M., Panuluh, S. D., & Sugiarni, R. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa (lks) dengan pendekatan inkuiri terbimbing berbasis mobile learning untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis matematis. Prisma, 8(1), 80. Https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.616.

Sugawara, E., & Nikaido, H. (2014). Properties of adeabc and adeijk efflux systems of acinetobacter baumannii compared with those of the acrab-tolc system of escherichia coli. Antimicrobial agents and chemotherapy, 58(12), 7250–7257. Https://doi.org/10.1128/aac.03728-14.

Torlakson, T. (2014). Innovate a blueprint for science, technology, engineering, and mathematics in california public education. Californians dedicated to education foundation, may, 52.

Utami, T. N., Jatmiko, A., & Suherman. (2018). Pengembangan modul matematika dengan pendekatan science, technology, engineering, and mathematics (stem) pada materi segiempat. Jurnal matematika, 1(2), 165–172. Https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2388.

Utomo, E. S., Rahman, F., & Fikrati, N. (2020). Eksplorasi penalaran logis calon guru matematika melalui pengintegrasian pendekatan stem dalam menyelesaikan soal. Jurnal pendidikan matematika, 9(1), 13–22. Https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.574.

Yanni, M. H. (2018). Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui strategi pembelajaran tapps berbasis pendekatan (stem). Jurnal pendidikan matematika (judika education), 1(2), 117–125. Https://doi.org/10.31539/judika.v1i2.373.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v5i2.32671

Article Metrics

Abstract view : 919 times
PDF file view : 545 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id



Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) indexed by:


 Akreditasi SINTA     Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch BASE Ekuitas

 

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.