Manajemen Pembelajaran Daring dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Pendidik pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.34389Keywords:
Manajemen Pembelajaran, Covid-19, Efektifitas, Guru, Pengajaran OnlineAbstract
Berbagai tantangan, masalah, dan kendala yang dihadapi oleh seorang pedidik, mulai dari penyebab siswa, keluarga siswa, serta fasilitas, dan sumber daya yang kurang representatif. Akibatnya, guru harus memainkan peran kunci dalam membimbing atau mengelola instruksi, dimulai dengan menyiapkan, mengoordinasikan, menerapkan, dan meninjau untuk meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar selama pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung, baik secara online maupun offline. Penelitian ini bertujuan untuk memanajemenkan pembelajaran daring dalam meningkatkan efektivitas proses pendidikan di masa pandemik covid-19. Penelitian ini menggunakan metode survey yang dilakukan secara online. Sampel penelitian ini adalah 35 guru yang mengajar di tingkat Sekolah Menengah Pertama, baik dari sekolah negeri maupun swasta di wilayah Pesisir Selatan. Instrumen yang digunakan adalah angket yang disebarkan secara online menggunakan link ms.form. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran online telah terlaksana dengan efektif dilihat dari kesiapan guru. Dari hasil yang didapatkan, guru siap mengikuti suatu perubahan, senang dalam menggunakan media pembelajaran online, mendukung jika sistem pembelajaran online ini diterapkan untuk selanjutnya. Hanya beberapa guru yang menyatakan bahwa waktu pembelajaran online berjalan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Adisel, A., & Prananosa, A. G. (2020). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Sistem Manajemen Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid 19. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31539/alignment.v3i1.1291.
Apriani, Y., Rusdiawan, R., Asrin, A., Fahruddin, F., & Muhaimi, L. (2021). Manajemen Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 Di SD IT Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(2). https://doi.org/10.36312/jime.v7i2.2056.
Arfani, L. (2017). Mengurai Hakikat Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 11(2), 81–97. https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/ article/view/5160.
Astuti, D. A., Haryanto, S., & Prihatni, Y. (2018). Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(1), 7. https://doi.org/10.30738/wd.v6i1.3353.
Beddu, S. (2019). Implementasi Pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(3), 71–84. http://ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view /78/57.
Budiman, J. (2021). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Indonesia Selama Masa Pandemi Covid-19. Vox Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(1), 104–113. https://doi.org/10.31932/ve.v12i1.1074.
Budio, S. (2019). Strategi Manajemen Sekolah. Jurnal Menata, 2(2), 64. http://jurnal.stai-yaptip.ac.id/index.php/menata/article/view/163/133.
Dewi, T. A. P., & Sadjiarto, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 1909–1917. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1094.
Effendi, A., Fatimah, A. T., & Amam, A. (2021). Analisis Keefektifan Pembelajaran Matematika Online di Masa Pandemi Covid-19. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(2). https://doi.org/10.25157/teorema.v6i2.5632.
Fadli, M. R. (2021). Hubungan Filsafat dengan Ilmu Pengetahuan dan Relevansinya di Era Revolusi Industri 4.0 (Society 5.0). Jurnal Filsafat, 31(1), 130. https://doi.org/10.22146/jf.42521.
Fikri, M., Faizah, N., Elian, S. A., Rahmani, R., Ananda, M., & Zaki, A. S. (2021). Kendala dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Educatin and Development, 9(1). https://doi.org/10.37081/ed.v9i1.2290.
Hadiati, E., & Fidrayani, F. (2019). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 69–78. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i1.4818.
Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDN 027 Samarinda Ulu. Jurnal Basataka, 3(2). https://doi.org/10.36277/basataka.v3i2.90.
Hartanto, D. D., & Triyono, S. (2021). Manajemen Pembelajaran Bahasa Jawa Menggunakan Moda Besmart UNY. Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 9(2). https://doi.org/10.15294/piwulang.v9i2.47841.
Herlina, N. (2020). Manajemen Pembelajaran Daring di Perguruan Tinggi pada Masa Pandemi Covid-19. Journal Civics & Social Studies, 4(2), 102–108. https://doi.org/10.31980/civicos.v4i2.925.
Idhayani, N., Nasir, N., & Jaya, H. N. (2020). Manajemen Pembelajaran untuk Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan di Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556–1566. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.911.
Ilham, D. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109–122. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/73/55.
Israk. (2018). Potensi Dasar Manusia dan Aplikasinya terhadap Pendidikan Abdul Gafur Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia. Jurnal Ilmu Kependidikan, 13(2). https://doi.org/10.31934/jurnal%20iqra.v13i2.298.
Isrokatun, I., Yulianti, U., & Nurfitriyana, Y. (2021). Analisis Profesionalisme Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 454–462. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1961.
Jariyah, I. A., & Tyastirin, E. (2020). Proses dan Kendala Pembelajaran Biologi di Masa Pandemi Covid-19: Analisis Respon Mahasiswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 183. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.224.
Lubis, W. (2020). Analisis Efektivitas Belajar pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Masa Pandemi Covid-19. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 132–141. https://doi.org/10.30743/bahastra.v5i1.3282.
Maulana, I. (2020). Manajemen Pendidikan Karakter Gotong Royong . Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 5(1), 127–138. https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.5393.
Munasiah. (2021). Efektivitas Pemanfaatan Aplikasi Zoom sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Educatio, 7(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1255.
Muslam. (2021). Globalisasi dalam Pendidikan (Desain Kurikulum yang Harus Dikembangkan dalam Pendidikan di Era Globalisasi). Jurnal Wahana Akademika, 11(2). https://doi.org/10.21580/wa.v12i1.2254.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.
Pohan, S. A., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1191–1197. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.898.
Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2). https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768.
Saefulmilah, M. I., Hijrah, M., & Saway, M. (2020). Hambatan-hambatan pada Pelaksanaan Pembelajaran Daring di SMA Riyadhul Jannah Jalancagak Subang. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(3). https://doi.org/10.36088/nusantara.v2i3.935.
Safitri, A., Kabiba, K., Nasir, N., & Nurlina, N. (2020). Manajemen Pembelajaran bagi Anak Usia Dini dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1209–1220. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.811.
Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.638.
Sari, N. (2020). Problematika Pelaksanaan Pembelajaran Daring Masa Pandemic Covid-19 di MIN 3 Medan. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 2(3), 44–57. https://doi.org/10.51178/jetl.v2i3.67.
Solong, P., & Najamuddin. (2021). Manajemen Pembelajaran Luring dan Daring dalam Pencapaian Kompetensi. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 19–32. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v9i1.2064.
Soter, I. K. (2019). Manajemen Pendidikan Berorientasi Masa Depan. Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama Dan Budaya Hindu, 9(2), 16–26. https://doi.org/10.33363/ba.v9i2.271.
Sugiarta, I. M., Mardana, I. B. P., Adiarta, A., & Artanayasa, W. (2019). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara (Tokoh Timur). Jurnal Filsafat Indonesia, 2(3), 124. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i3.22187.
Sundari, S., & Fauziati, E. (2021). Implikasi Teori Belajar Bruner dalam Model Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 128–136. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1206.
Surahman, E., Santaria, R., & Setiawan, E. I. (2020). Tantangan Pembelajaran Daring di Indonesia. Jurnal of Islamic Education, 5(2). https://doi.org/10.24256/kelola.v5i2.1397.
Susilo, A., & Sarkowi, S. (2018). Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 2(1), 43. https://doi.org/10.17509/historia.v2i1.11206.
Swasti, I. K. (2020). Implementasi Manajemen Pembelajaran Daring dengan Platform Wa, Cr, M-Z dan Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(4), 342–351. https://doi.org/10.17977/um027v3i42020p342.
Syahrani, S. (2022). Model Kelas Anwaha Manajemen Pembelajaran Tatap Muka Masa Covid 19. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 113. https://doi.org/10.35931/am.v6i2.832.
Widiyono, S. (2019). Pengembangan Nasionalisme Generasi Muda di Era Globalisasi. Jurnal Populika, 7(1), 12–21. https://doi.org/10.37631/populika.v7i1.24.
Winata, K. A., Zaqiah, Q. Y., Supiana, S., & Helmawati, H. (2021). Kebijakan Pendidikan di Masa Pandemi. Jurnal Administrasi Manajemen Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.32502/amp.v4i1.3338.
Yani, D., & Dewi, D. A. (2021). Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila dan Tantangan di Arus Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 952–961. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1044/942.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)