Pengembangan E-Modul dengan Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar

Ni Luh Gede Karang Widiastuti

Abstract


Masih banyaknya guru dalam mengajar IPA hanya berpedoman pada bahan ajar pemerintah dan belum mampu untuk mengembangkan bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul dengan pendekatan pada mata pelajaran IPA kelas 5 SD khususnya pada materi benda tunggal dan campuran. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan dengan model ADDEI. Adapun tahapannya meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul dengan pendekatan kontekstual yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat layak dari hasil validasi ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa dengan skor rata-rata sebesar 89,06%. Hasil uji respon guru dan siswa terhadap penggunaan e-modul memperoleh skor 88,3% dengan kategori sangat layak dan 92,6% kategori sangat menarik. Hasil ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan e-modul yang dikembangkan telah memenuhi kriteria sangat layak digunakan. Implikasi penelitian ini dapat membantu siswa memahami materi dalam proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.


Keywords


Pengembangan E-Modul, Pendekatan Kontekstual

References


Ahmadi, F., Sutaryono, Witanto, Y., & Ratnaningrum, I. (2017). Pengembangan Media Edukasi “Multimedia Indonesian Culture” (Mic) Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 34(2), 127–136. https://doi.org/10.15294/jpp.v34i2.12368.

Andila, K., Yuliani, H., Syar, N.I. (2021). Pengembagan E-Modul Berbasis Kontekstual Menggunakan Aplikasi eXe- Learning Pada Materi Usaha dan Energi. Kappa Journal, 5(1), 68-79.

Asmiyunda, A., Guspatni, G., & Azra, F. (2018). Pengembangan E-Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Kelas XI SMA/ MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 2(2), 155-161. doi:10.24036/jep/vol2-iss2/202

Asrizal, A., Amran, A., Ananda, A., dan Festiyed. 2018. Development Of Adaptive Contextual Teaching Model Of Integrated Science To Improve Digital Age Literacy On Grade VIII Students. IOP Conf. Series: Journal Of Physics: Conf. Series 1116.

Elvarita, A., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Mekanika Tanah Berbasis E-Modul pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.11987.

Hanik, E. U. (2020). Self directed learning berbasis literasi digital pada masa pandemi covid- 19 di Madrasah Ibtidaiyah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(1), 183. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.7417.

Ibrahim, E., & Yusuf, M. (2019). Implementasi Modul Pembelajaran Fisika dengan Menggunakan Model REACT Berbasis Kontekstual pada Konsep Usaha dan Energi. Jambura Physics Journal, 1(1), 1-13. https://doi.org/10.34312/jpj.v1i1.2281

Isnia, H.W.A., Wahyuningtyas, D.T., Yulianti. (2020). Pengembangan E-modul Tema 6 Subtema 1 Berbasis Issnkuiri Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, Vol. 4, Oktober, 311-319. https://conference.unikama.ac.id/artikel/

Kharir, B.N., Susilo, H., Suarsani, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Untuk Siswa Kelas V SD. ELSE (Elementary School Education Journal), 2(1), 97-108. http://dx.doi.org/10.30651/else.v2i1.1426

Pasaribu, A., & Saparini, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual untuk Meremidiasi Miskonsepsi pada Materi Gaya dan Hukum Newton. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 4(1), 36–47. https://doi.org/10.36706/jipf.v4i1.4264

Syahrial, Asrial, Kurniawan, D. A., & Piyana, S. O. (2019). E-Modul Etnokontruktivisme: Implementasi Pada Kelas V Sekolah Dasar Ditinjau Dari Persepsi, Minat Dan Motivasi. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 165–177. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11030

Violadini, R., & Mustika, D.(2021). Pengembangan E-Modul berbasis Metode Inkuiri Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1210-1222. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.899

Wan, N., & Nguyen, V. T. 2006. Investigating the integrati on of everyday phenomena and practical work in physics teaching in Vietnamese high schools. International Education Journal. 7(1). 36-50.

Westera, W. 2011. On the changing nature of learning context: Anticipating the virtual extensions of the world. Educational Technology & Society. 14(2). 201-212.

Widiastuti, N. L. G. K. (2020). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Kontekstual Dengan Konsep Tri Hita Karana Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2). 479-490. http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v4i2.26436

Wijayanti, N. P. A., Damayanthi, L. P. E., Sunarya, I. M. G., & Putrama, I. M. (2016). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Untuk Siswa Kelas X Studi Kasus di SMK Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 184–197. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8526.

Zakiyah, H., Purnomo, D., Sugiyanti. (2019). Pengembangan E-Modul dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Bilangan Bulat SMP Kelas VII. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(9), 278-293. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i6.4855

Zulhaini, Z., Halim, A., & Mursal, M. (2016). Pengembangan Modul Fisika Kontekstual Hukum Newton Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Di MAN Model Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 4(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v5i3.37974

Article Metrics

Abstract view : 692 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id



Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) indexed by:


 Akreditasi SINTA     Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch BASE Ekuitas

 

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.