Penerapan Media Pembelajaran Daring Berbantuan Video Animasi 2D pada Mata Kuliah Matematika di STMIK STIKOM Indonesia

I M Dedy Setiawan, I K Po Permana

Abstract


Perubahan pola pembelajaran tatap muka menjadi pola interaksi pembelajaran secara tidak langsung tentunya membutuhkan metode pembelajaran yang relevan guna mencapai hasil belajar yang optimal. Salah satu media pembelajaran daring yang memenuhi kriteria tersebut adalah video animasi 2D dalam pembelajaran matematika. Implementasi pembelajaran daring di lapangan sepertinya belum memaksimalkan media pembelajaran daring berupa video animasi 2D pada mata kuliah matematika. Penelitian berjenis kuasi eksperimen menggunakan rancangan Nonequivalent Control Groups Posttest-Only. Sampel dipilih secara purposive random sampling. Data dikumpulkan menggunakan instrument tes hasil belajar, selanjutnya dianalisis menggunakan  statistik deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar matematika melalui penerapan media pembelajaran daring berbantuan video animasi 2D pada mata kuliah matematika dengan nilai t hitung sebesar 2,156 yang ternyata signifikan.  Berdasarkan hasil analisis statistik ini, media pembelajaran daring berbantuan animasi 2D berpengaruh terhadap hasil belajar matematika.

 

 


Keywords


Pembelajaran Daring, Animasi 2D, Hasil Belajar Matematika

References


Agustien, R., & Umamah, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS ( The Development of Two Dimensional Animation Video of Pekauman Website as Instructional Media With Addie Model in Bondowoso in The History Subject of Class IPS X ). 19–23.

Darma Putra, I. G., & Sujana, I. W. (2020). Hasil belajar IPS menggunakan Kolaborasi Model Discovery Learning Berbasis Media Animasi. Journal of Education Technology, 4(2), 103. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.25099

Education, E., Daheri, M., & Amda, A. D. (2020). Jurnal basicedu. 4(4), 775–783. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445

Hasil, T., & Siswa, B. (2017). Pengembangan Video Animasi 2D Infografis Terhadap Hasil Belajar Siswa. 02, 104–112.

Pendididikan, J., Indonesia, E., & Nuriansyah, F. (2020). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA ONLINE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI SAAT AWAL PANDEMI COVID-19. 1(2), 61–65.

Rahmatika, R., Yusuf, M., & Agung, L. (2021). The Effectiveness of Youtube as an Online Learning Media. Journal of Education Technology, 5(1), 152. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.33628

Setiawan, I. M. D. (2020). The Use of Audio-Visual Assisted Google Classroom for Mathematics Course in Stmik Stikom Indonesia. 4, 244–253.

Wickramasinghe, M. H. M., & Engineering, S. (2021). Impact of using 2D Animation As a Pedagogical Tool. 58, 3435–3439.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v5i3.38649

Article Metrics

Abstract view : 399 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id



Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) indexed by:


 Akreditasi SINTA     Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch BASE Ekuitas

 

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.