Dampak Pemanfaatan Laptop sebagai Media Pendukung Belajar terhadap Prestasi Mahasiswa

Authors

  • Rinto Alexandro Universitas Palangka Raya
  • Nurwetty Miduk Arta Situmorang Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.39216

Keywords:

Pemanfaatan Laptop, Prestasi Belajar

Abstract

Sarana dan prasarana penunjang pembelajaran masih kurang, salah satunya laptop. Kurangnya sarana pembelajaran dapat menurunkan prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan laptop sebagai media pendukung belajar terhadap prestasi mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel diambil dengan teknik Probability Sampling dan jenis pengambilan sampel menggunakan simple random sampling sehingga mahasiwa yang memiliki laptop menjadi sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis dengan bantuan program SPSS versi 24.0. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa besarnya pengaruh pemanfaatan laptop terhadap prestasi belajar terbukti dengan tingkat signifikansi sebesar 6,138 < 4,126 sehingga memiliki korelasi positif. Sejalan dengan nilai signifikasi korelasi 0,047 < 0,05 berarti pemanfaatan laptop sangat memengaruhi prestasi belajar mahasiswa pendidikan ekonomi. Namun, laptop hanya salah satu faktor yang memengaruhi prestasi belajar mahasiswa (25,8%) yang sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain. Penggunaan laptop sebagai media belajar memberikan manfaat untuk mempercepat penyelesaian tugas, mengakses informasi literatur mata kuliah, dan mencari sumber materi belajar yang bisa diakses kapan saja dan media laptop dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa.

Author Biographies

Rinto Alexandro, Universitas Palangka Raya

Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Palangka Raya

Nurwetty Miduk Arta Situmorang, Universitas Palangka Raya

Mahasiswa Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Palangka Raya

References

Aka, K. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2), 28–37. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1041/724.

Ariasti, D., & Pratiwi, T. N. (2016). Hubungan antara Mekanisme Koping terhadap Stres dengan Kejadian Hipertensi pada Warga di Desa Ngelom Sroyo Jaten Karanganyar. KOSALA : Jurnal Ilmu Kesehatan, 4(1), 76–82. https://doi.org/10.37831/jik.v4i1.87.

Avalos, B. (2011). Teacher Professional Development in Teaching and Teacher Education Over Ten Years. Teaching and Teacher Education, 27(1), 10–20. https://doi.org/10.1016/j.tate.2010.08.007.

Birbal, R., Ramdass, M., & Harripaul, C. (2018). Student Teachers’ Attitudes towards Blended Learning. Journal of Education and Human Development, 7(2), 9–26. https://doi.org/10.15640/jehd.v7n2a2.

Boon, Q. W., Mat Yusoff, M. F. B., Hadigunawan, N. B., Wahid, F. N., & Nordin, M. N. bin. (2021). A Review of the Management Theory for Special Education Task Load Perspective. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(11), 5300–5306. https://turcomat.org/index.php/turkbilmat/article/view/6739.

Chanafi, B., & Mursal, M. (2016). Pembelajaran Fisika dengan Memanfaatkan Media Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Biooptik (Sebuah Studi pada Mata Kuliah Fisika Kesehatan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Lhokseu. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2), 118–123. http://e-repository.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/7588/6238.

Copur-Gencturk, Y., & Ölmez, İ. B. (2021). Teachers’ Attention to and Flexibility with Referent Units. International Journal of Science and Mathematics Education. https://doi.org/10.1007/s10763-021-10186-x.

Eurika, N., & Hapsari, A. I. (2017). Analisis Potensi Tembakau Na Oogst sebagai Sumber Belajar Biologi. Jurnal Biologi Dan Pembelajaran Biologi, 2(2), 11–22. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/BIOMA/article/view/824.

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529.

Handayani, S., Nasikh, N., & Annisya’, A. (2017). Peningkatan Kinerja Guru melalui Kegiatan Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) (Studi Kasus pada Guru–Guru Ekonomi di Kabupaten Malang). Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(2), 183–192. https://doi.org/10.17977/um014v10i22017p183.

Handriani, L. S., Harjono, A., & Doyan, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur dengan Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 210. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i3.261.

Harefa, D., Program, D., Pendidikan, S., & Telukdalam, K. P. (2018). Efektifitas Metode Fisika Gasing terhadap Hasil. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 35–48. https://doi.org/10.30998/fjik.v5i1.2321.

Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163.

Hasrul, M. I., Suharianto, J., Lubis, R. A., & Marbun, M. (2019). Revolusi Industri 4.0 dalam Dunia Pendidikan dari Sisi Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED, 1, 290–293.

Hasyim, M. A. (2019). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 12. https://doi.org/10.33474/elementeris.v1i1.2737.

Hs, A. K. (2019). Kurikulum Pendidikan Agama Berbasis Multikultural. Al Marhalah: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 119–128. https://doi.org/10.38153/alm.v3i1.28.

Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ) terhadap Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 121–125. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622.

indah, D. (2016). Pengaruh E-Banking dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah pada PT. Bank BNI’46 Cabang Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan Unsam, 5(2), 545–554. https://www.ejurnalunsam.id/index.php/jmk/article/view/80.

Khilmiyah, A., Wiyono, G., & Shodiq, S. F. (2020). Pemanfaatan Teknologi Supervisi Akademik Berbasis Android untuk Peningkatan Kinerja Guru SMP Muhammadiyah Kasihan Bantul. PROSIDING SEMNAS PPM 2020: Inovasi Teknologi dan Pengembangan Teknologi Informasi dalam Pemberdayaan Masyarakat Pasca Covid-19, 1018–1028. https://doi.org/10.18196/ppm.35.87.

Kleinhenz, E., & Ingvarson, L. (2004). Teacher Evaluation Uncoupled: A Discussion of Teacher Evaluation Policies and Practices in Australian States and Their Relation to Quality Teaching and Learning. Research Papers in Eduation, 19(1), 31–49.

Mainemelis, C., Boyatzis, R. E., & Kolb, D. A. (2002). Learning Styles and Adaptive Flexibility: Testing Experiential Learning Theory. Management Learning, 33(1), 5–33. https://doi.org/10.1177/1350507602331001.

Matondang, Z. A., & Tarigan, P. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pemilihan Laptop dengan Metode Fuzzy Tahani Berbasis Web. Publikasi Ilmiah Teknologi Informasi Numann (PITIN), 5(1), 25–29. https://jurnalnya.stmikneumann.ac.id/index.php/pitin/article/view/82.

Muhammad Fikri, Muhammad Zaki Ananda, N. F. (2021). Kendala dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(1), 145–148. https://doi.org/10.37081/ed.v9i1.2290.

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 13(2), 174. https://doi.org/10.1109/SIBIRCON.2010.5555154.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099.

Pratama, F. A., & Kaslani. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Pencatatan Persediaan Handphone dengan Menggunakan Metode Periodik pada Plaza Phone. Jurnal Komputer Akuntansi., 12(1), 148–162. http://ejournal.ikmi.ac.id/index.php/kompak/article/view/175.

Purwanti, N. (2010). Implementasi Model Siklus Belajar dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika dan Kinerja Ilmiah Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Malang Tahun Pelajaran 2008/2009. Universitas Negeri Malang. http://repository.um.ac.id/18088/.

Putri, T. N., Yordan, A., & Lamkaruna, D. H. (2019). Peramalan Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Samudra Menggunakan Metode Regresi Linear Sederhana. J-TIFA (Jurnal Teknologi Informatika), 2(1), 21–27. http://www.jurnal.ummu.ac.id/index.php/J-TIFA/article/view/237.

Raharja, U., Harahap, E. P., & Cipta Devi, R. E. (2018). Pengaruh Pelayanan dan Fasilitas pada Raharja Internet Cafe terhadap Kegiatan Perkuliahan pada Perguruan Tinggi. Jurnal Teknoinfo, 12(2), 60. https://doi.org/10.33365/jti.v12i2.54.

Ratminingsih, N. M. (2016). Efektivitas Media Audio Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Lagu Kreasi di Kelas Lima Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 27. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8292.

Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 99–103. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.603.

Setiyadi, D. (2016). Media Pembelajaran untuk Anak Sekolah Dasar Tentang Pengenalan Tata Surya Menggunakan Metode Computer Assisted Instruction (CAI). Information Management for Educators and Professionals, 1(1), 42–53. http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/IMBI/article/view/155.

Simanjuntak, N. D. P., Rohiat, S., & Elvinawati. (2017). Hubungan antara Sarana Laboratorium terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI MIPA 5 di SMA Negeri 3 Kota Bengkulu. Alotrop Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 1(2), 102–105.

Subekt, H., Taufiq, M., Susilo, H., Ibrohim, I., & Suwono, H. (2017). Mengembangkan Literasi Informasi melalui Belajar Berbasis Kehidupan Terintegrasi STEM untuk Menyiapkan Calon Guru Sains dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0: Revieu Literatur. Education and Human Development Journal, 3(1), 81–90. https://doi.org/10.33086/ehdj.v3i1.90.

Sulistiana, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Internet terhadap Peningkatan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Pantai Cermin Tahun Pembelajarn 2019/2020. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5923.

Suprianto, Arhas, S. H., & Salam, R. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran dan Pengelolaan Kelas terhadap. Jurnal Administrare: Jurnal Pemikiran Ilmiah dan Pendidikan Administrasi Perkantoran, 5(2), 137–146. http://ojs.unm.ac.id/index.php/administrare/index.

Supriyatna, A., & Maria, V. (2018). Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna dan Tingkat Kepentingan Penerapan Sistem Informasi DJP Online dengan Kerangka PIECES. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, 3(2), 88. https://doi.org/10.23917/khif.v3i2.5264.

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Memengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.

Utomo, B. (2017). Sistem Pemantauan Siswa Sekolah Berbasis Web (Studi Kasus : Pondok Pesantren Darul Muttaqien). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Komputer/Informatika, 1(1), 1–7. http://jom.unpak.ac.id/index.php/ilkom/article/view/493/468.

Wijaya, K., & Syairozi, M. I. (2020). Analisis Perpindahan Tenaga Kerja Informal Kabupaten Pasuruan. Jurnal Paradigma Ekonomika, 15(2), 173–182. https://doi.org/10.22437/paradigma.v15i2.10319.

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100.

Downloads

Published

2021-12-17