Comparing Students' Learning Result on Reading Comprehension Through SQ3R and Reciprocal

Authors

  • Sunarti Sunarti Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur http://orcid.org/0000-0002-6437-9967
  • Nadhifah Murliana Chairunnisa Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Muhammad Irwan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Akhmad Rizal SMA Negeri 1 Muara Jawa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.39974

Keywords:

Reading comprehension, SQ3R, Reciprocal

Abstract

Banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar bahasa Inggris. Siswa merasa bahwa bahasa Inggris adalah mata pelajaran yang rumit, sehingga berdampak pada kemampuan bahasa Inggris siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman membaca siswa yang dibelajarkan menggunakan SQ3R, pemahaman membaca siswa yang dibelajarkan menggunakan Reciprocal, dan menganalisis teknik yang lebih efektif antara SQ3R dan Reciprocal dalam pemahaman membaca siswa. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas sepuluh berjumlah 35 orang siswa. Penelitian ini menggunakan sampel kelas yang terpilih dengan menggunakan simple random sampling. Prosedur analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua metode tersebut sama-sama efektif dalam mengajar pemahaman bacaan. Hasil uji T-test pretest-posttest paired sample test terdapat perbedaan nilai siswa yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan, baik pada kelas Reciprocal, maupun kelas SQ3R. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t (independent sample test), diperoleh hasil t-hitung 0,242 < t-tabel pada taraf signifikan 5% (2,042) atau 1% (2,75). Hasil analisis menunjukkan bahwa 2.042>0.242<2.75. Hal ini membuktikan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelas yang dibelajarkan menggunakan Reciprocal dan SQ3R. Pengajaran Reciprocal sama baiknya dengan metode SQ3R dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa. Dapat disimpulkan bahwa Reciprocal Teaching sama efektifnya dengan metode SQ3R dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa.

References

Alam, S. K., & Lestari, R. H. (2020). Pengembangan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini dalam Memperkenalkan Bahasa Inggris melalui Flash Card. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 284. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.301.

Alodwan, T., & Almosa, M. (2018). The Effect of a Computer Program Based on Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE) in Improving Ninth Graders’ Listening and Reading Comprehension Skills in English in Jordan. English Language Teaching, 11(4), 43. https://doi.org/10.5539/elt.v11n4p43.

Annisa, N., Saragih, A. H., & Mursid. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.24114/jtikp.v5i2.12599.

Apko, H. J., Hasanuddin, H., & Huda, I. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis SQ3R dan Web pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh dan Pengaruhnya terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di Mas Jeumala Amal Lueng Putu Pidie Jaya. Biotik: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan, 5(1). https://doi.org/10.22373/biotik.v5i1.2970.

Aziz, I. N. (2019). Implementation of SQ3R Method in Improving the Students’ Basic Reading Skill. EDUCATIO: Journal of Education, 5(1). https://doi.org/10.29138/educatio.v4i1.179.

Basri, H. (2018). Strategi Belajar Kosakata Bahasa Inggris (English Vocabulary). Strategi Belajar Kosakata Bahasa Inggris (English Vocabulary, 11(2), 432–444. https://doi.org/10.19105/ojbs.v8i2.468.

Biwer, F., Egbrink, M. G. A. oude, Aalten, P., & Bruin, A. B. H. de. (2020). Fostering Effective Learning Strategies in Higher Education – A Mixed-Methods Study. Journal of Applied Research in Memory and Cognition, 9(2). https://doi.org/10.1016/j.jarmac.2020.03.004.

Chen, Y., Mayall, H. J., York, C. S., & Smith, T. J. (2019). Parental Perception and English Learners’ Mobile-Assisted Language Learning: An Ethnographic Case Study from a Technology-based Funds of Knowledge Approach. Learning, Culture, and Social Interaction, 22. https://doi.org/10.1016/j.lcsi.2019.100325.

Devi, A. P., Musthafa, B., & Gustine, G. G. G. (2016). Using Cooperative Learning in Teaching Critical Thinking in Reading. English Review: Journal of English Education, 4(1), 1. https://doi.org/10.25134/erjee.v4i1.310.

Friantary, H., & Martina, F. (2018). Evaluasi Implementasi Penilaian Hasil Belajar Berdasarkan Kurikulum 2013 oleh Guru Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia di MTS Ja-Alhaq Kota Bengkulu. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 1(2), 76–95. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i2.202.

Harnanik, H. (2016). Penerapan Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa pada Konsep Manajemen Sumber Daya Manusia. Dinamika Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.15294/dp.v6i2.5111.

Hengki, H., Jabu, B., & Salija, K. (2017). The Effectiveness of Cooperative Learning Strategy through English Village for Teaching Speaking Skill. Journal of Language Teaching and Research, 8(2), 306. https://doi.org/10.17507/jltr.0802.12.

Khoshhal, Y. (2018). The Role of Teaching Materials in the ESP Course: A Case of Business English (Finance and Economics). Journal of Humanistic & Social Studies, 9(1), 85.

Khotimah, K., Widiati, U., Mustofa, M., & Faruq Ubaidillah, M. (2019). Autonomous English Learning: Teachers’ and Students’ Perceptions. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 9(2), 371–381. https://doi.org/10.17509/ijal.v9i2.20234.

Kurniawati, D. (2019). Keefektifan Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Sekolah Dasar dengan Menggunakan Flash Card. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 59. https://doi.org/10.37484/manajemen_pelayanan_hotel.v2i2.40.

Liyana, A., & Kurniawan, M. (2019). Speaking Pyramid sebagai Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education, 3(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.178.

Lzu’bi, M. A. (2015). Effectiveness of Inductive and Deductive Methods in Teaching Grammar. Advances in Language and Literary Studies, 6(2). https://doi.org/10.7575/aiac.alls.v.6n.2p.187.

Mauliate, H. D., Rahmat, A., & Wachidah, S. (2019). Evaluation the Lesson Plan of English Language Learning in Junior High School, Seraphine Bakti Utama West Jakarta. International Journal of Scientific Research and Management, 7(07), 1078–1086. https://doi.org/10.18535/ijsrm/v7i7.el02.

Mohammadi, M., Moenikia, M., & Zahed-Babelan, A. (2020). The Role of Advance Organizer on English Language Learning as a Second Language. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2). https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.747.

Mokshein, S. E., Ishak, H., & Ahmad, H. (2019). The Use of Rasch Measurement Model in English Testing. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 38(1), 16–32. https://doi.org/10.21831/cp.v38i1.22750.

Molin, F., Haelermans, C., Cabus, S., & Groot, W. (2020). The Effect of Feedback on Metacognition - A Randomized Experiment Using Polling Technology. Computers and Education, 152(October 2019), 103885. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103885.

Patoko, N., & Yazdanifard, R. (2014). The Impact of Using Many Jargon Words, while Communicating with the Organization Employees. American Journal of Industrial and Business Management, 04(10), 567–572. https://doi.org/10.4236/ajibm.2014.410061.

Prastikawati, E. F., Wiyaka, W., & Budiman, T. C. S. (2021). Pelatihan Penyusunan Soal Bahasa Inggris Berbasis HOTS bagi Guru Bahasa Inggris SMP. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1). https://doi.org/10.30653/002.202161.761.

Pravitasari, S. G., & Yulianto, M. L. (2018). Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Bahasa Inggris (Studi Kasus di SDN 3 Tarubasan Klaten). Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 37. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.3825.

Rosciano, A. (2015). The Effectiveness of Mind Mapping as an Active Learning Strategy Among Associate Degree Nursing Students. Teaching and Learning in Nursing, 10(2). https://doi.org/10.1016/j.teln.2015.01.003.

Rosmiati, M. (2019). Animasi Interaktif sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode ADDIE. Paradigma: Jurnal Komputer dan Informatika Univiersitas Bina Sarana Informatika, 21(2). https://doi.org/10.31294/p.v21i2.6019.

Rus, D. (2019). Assessment Techniques in Teaching English for Specific Purposes to Engineering Students. Procedia Manufacturing, 32. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2019.02.227.

Saidah, A., Budiman, M. A., & Wijayanti, A. (2021). Analisis Pelaksanaan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas IV SD Bilingual Muhammadiyah 1 Purwodadi. Wawasan Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.26877/wp.v1i2.8723.

Samat, M. S., & Aziz, A. (2020). The Effectiveness of Multimedia Learning in Enhancing Reading Comprehension Among Indigenous Pupils. Arab World English Journal, 11(2), 290–302. https://doi.org/10.24093/awej/vol11no2.20.

Saraswati, W., Budiman, M. A., & Rahmawati, I. (2020). Pembelajaran Bahasa Inggris di SD Negeri Petompon 01 Semarang. Jurnal Sekolah, 4(4). https://doi.org/10.24114/js.v4i4.20616.

Saraswaty, D. R. (2018). Learners’ Difficulties & Strategies in Listening Comprehension. English Community Journal, 2(1), 139. https://doi.org/10.32502/ecj.v2i1.1003.

Simbolon, N., & Satria, A. (2016). Making Ludo Word Game (LWG) to Learn Grammar for Senior High School Students. Inovish Journal, 1(2), 77–85. https://doi.org/10.35314/inovish.v1i2.85.

Singh, C. K. S., Singh, T. S. M., Abdullah, N. Y., Moneyam, S., Ismail, M. R., Tek, E., Karupayah, T., Chenderan, K., Singh, M. K. R., & Singh, J. K. S. (2020). Rethinking English Language Teaching through Telegram, Whatsapp, Google Classroom and Zoom. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(11), 45–54. https://doi.org/10.31838/srp.2020.11.9.

Suryawati, E., & Osman, K. (2018). Contextual Learning: Innovative Approach Towards the Development of Students’ Scientific Attitude and Natural Science Performance. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(1), 61–76. https://doi.org/10.12973/ejmste/79329.

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1). https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348.

Syamsiah, Adnan, & Suhriana. (2012). Penerapan Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Lamuru Kabupaten Bone. SAINSMAT, 1(1). https://doi.org/10.35580/sainsmat114642012.

Syawaluddin, & Iswari, M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Saintifik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Topik Prosedur Teks Kelas IX SMP. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.136.

Tobing, R. L., & Pranowo. (2020). Blended Learning in French Intermediate Grammar Learning: Is It Effective? Cakrawala Pendidikan, 39(3). https://doi.org/10.21831/cp.v39i3.32035.

Trisnanti, I. A. N. L., Tirtayani, L. A., & Putra, I. K. A. (2018). Pengaruh Media Flashcard Bilingual terhadap Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Permulaan Anak Kelompok B TK Gugus Mawa. Journal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 6(3), 346. https://doi.org/10.23887/paud.v6i1.15200.

Udo, M. (2011). Effect of Guided-Discovery, Student-Centred Demonstration and the Expository Instructional Strategies on Students’ Performance in Chemistry. African Research Review. https://doi.org/10.4314/afrrev.v4i4.69237.

Wahyudin, A. Y., Jepri, D., Simamora, M. W., Pratiwi, I. W., & Rina, A. (2020). Penggunaan Komik Digital Toondoo dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Tingkat Sekolah Menengah. Jurnal of Social and Tevhnologi for Community Service, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.33365/jta.v1i1.673.

Wichadee, S. (2011). Developing the Self-Directed Learning Instructional Model to Enhance English Reading Ability and Self-Directed Learning of Undergraduate Students. Journal of College Teaching & Learning (TLC), 8(12), 43. https://doi.org/10.19030/tlc.v8i12.6620.

Yulia, D. S. F., Wahjoedi, W., & Sapto, A. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran SQ3R terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(4). https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i6.12537.

Yunanto, A. A., Herumurti, D., Rochimah, S., & Kuswardayan, I. (2019). English Education Game Using Non-Player Character Based on Natural Language Processing. Procedia Computer Science, 1. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.11.158.

Zahra, F., & Fitrawati, F. (2017). Teaching Reading Comprehension by Using Metacognitive Strategy: Read, Ask, Paraphrase (RAP) at Senior High School. Journal of English Education and Teaching, 6(1). https://doi.org/10.24036/jelt.v6i1.7119.

Zijlstra, H., van Bergen, E., Regtvoort, A., de Jong, P. F., & van der Leij, A. (2021). Prevention of Reading Difficulties in Children With and Without Familial Risk: Short and Long-Term Effects of an Early Intervention. Journal of Educational Psychology, 113(2). https://doi.org/10.1037/edu0000489.

Zulaikhah, Z., Subyantoro, S., & Haryadi, H. (2020). The Effectiveness of Identifying Learning of the Information in Explanatory Texts by Using the SQ3R Method Based on the Reading Intensity of the XI Grade Students at Madrasah Aliyah. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(3). https://doi.org/10.15294/seloka.v9i3.41052.

Downloads

Published

2021-12-17

How to Cite

Sunarti, S., Chairunnisa, N. M., Irwan, M., & Rizal, A. (2021). Comparing Students’ Learning Result on Reading Comprehension Through SQ3R and Reciprocal. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 455–464. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.39974