Peran Orang Tua dan Guru Dalam Membimbing Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.40397Keywords:
Peran orang tua dan guru, pembelajaran daring, covid-19Abstract
Siswa masih banyak kesulitan dan merasa bosan ketika mengikuti pembelajaran secara online. Selain itu, terdapat beberapa kendala yang dihadapi orang tua dan guru saat pembelajaran online, sehingga tujuan pembelajaran tidak berjalan maksimal. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis peran orang tua dan guru dalam membimbing pembelajaran daring dan kesulitan yang dirasakan orang tua dan guru dalam membimbing pembelajaran daring. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan, analisis data bersifat induktif/kualitatif. Subjek penelitian yaitu orangtua dan guru sejumlah 11 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawanacara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar wawancara. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belum sepenuhnya peran orang tua dapat dilaksanakan dalam membimbing anak melaksanakan pembelajaran daring. Orang tua yang bekerja tidak bisa sepenuhnya berperan membimbing, mendamping, membantu anak mengerjakan tugas dalam pembelajaran daring. Fasilitas yang dipersiapkan orang tua untuk anak belajar secara daring ini seperti handphone dan alat kebutuhan untuk belajar sudah cukup memadai. Guru melakukan pembelajaran melalui whatsapp grup, zoom, google meet, dan google drive. Guru sellu memberikan perhatian yang sungguh-sungguh kepada siswa agar siswa tetap semangat mengikuti pembelajaran secara daring.
References
Agustin, M., Puspita, R. D., Nurinten, D., & Nafiqoh, H. (2020). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 334–345. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598.
Astuti, I. Y. (2021). Tantangan Guru dan Orang Tua dalam Kegiatan Belajar Dari Rumah Anak Usia Dini pada Masa Covid-19. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education, 5(2), 1454–1463. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.808.
Atmojo, A. E. P., & Nugroho, A. (2020). EFL Classes Must Go Online! Teaching Activities and Challenges During COVID-19 Pandemic in Indonesia. Register Journal, 13(1), 49–76. https://doi.org/10.18326/rgt.v13i1.49-76.
Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2021). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579.
Azhari, B., & Fajri, I. (2021). Distance Learning During the COVID-19 Pandemic: School Closure in Indonesia. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology. https://doi.org/10.1080/0020739X.2021.1875072.
Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan Video Tutorial untuk Mendukung Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Virus Corona. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 78–84. https://doi.org/10. 31602/muallimuna.v5i2.2950.
Binali, T., Tsai, C.-C., & Chang, H.-Y. (2021). University Students’ Profiles of Online Learning and Their Relation to Online Metacognitive Regulation and Internet-Specific Epistemic Justification. Computers & Education, 175. https://doi.org//10.1016/j.compedu.2021.104315.
Djamdjuri, S., Dewi, & Kamilah, A. (2020). Whatsapp Media in Online Learning During Covid-19 Pandemic. English Journal, 14(2), 69. https://doi.org/10.32832/english.v14i2.3792.
Farman, & Chairuddin. (2020). Pengembangan Media E-Learning Berbasis Edmodo Pada Materi Teorema Pythagoras. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 872–882. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3114.
Fikri, M., Ananda, M. Z., & Faizah, N. (2021). Kendala dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(1), 145–148. https://doi.org/10.37081/ed.v9i1.2290.
Handayani, I., Muhsinatin, A., & Asri, A. N. (2021). Peran Guru dan Orang Tua dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Anak Slow Learner di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2). https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36014.
Hutauruk, A., & Sidabutar, R. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika: Kajian Kualiatatif Deskriptif. Journal of Mathematics Education and Applied, 02(01), 45–51. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i1.364.
Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5(1), 31–47. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445.
Indriyani, F., & Yusnani. (2021). Peran Orang Tua dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada Siswa Sekolah Dasar di Pulau Rona Kecamatan Bangkinang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(1), 90–96. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1434.
Irawan, A. W., Dwisona, D., & Lestari, M. (2020). Psychological Impacts of Students on Online Learning During the Pandemic COVID-19. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 7(1), 53–60. https://doi.org/10.24042/kons.v7i1.6389.
Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152.
Jiang, H., Islam, A. Y. M. A., & Gu, X. et al. (2021). Online Learning Satisfaction in Higher Education During the COVID-19 Pandemic: A Regional Comparison between Eastern and Western Chinese universities. Educ Inf Technol, 1(1). https://doi.org/10.1007/s10639-021-10519-x.
Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541.
Lailatussaadah, L., Fitriyawany, F., Erfiati, E., & Mutia, S. (2020). Faktor-Faktor Penunjang dan Penghambat Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring (Online) PPG dalam Jabatan (Daljab) pada Guru Perempuan Di Aceh. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 6(2), 41. https://doi.org/10.22373/equality.v6i2.7735.
Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630.
Laican, M. A., & Cocoradă, E. (2021). Online Foreign Language Learning in Higher Education and Its Correlates During The Covid‐19 Pandemic. Sustainability (Switzerland), 13(2), 1–21. https://doi.org/10.3390/su13020781.
Mansur, H., Jumadi, Mastur, Utama, A. H., & Prastitasari, H. (2021). The Problem of Distance Learning During the Covid-19 Pandemic. Ilkogretim Online - Elementary Education Online, 20(4), 168–175. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2021.04.19.
Mastoah, I., & Zulaela. (2020). Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar pada Masa Covid 19 di Kota Serang. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 121–128. https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v5i2.3663.
Maulana, H. A. (2021). Psychological Impact of Online Learning During the COVID-19 Pandemic: A Case Study on Vocational Higher Education. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(2), 130–139. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i2.833.
Maulana, H. A. &, & Iswari, R. D. (2020). Analisis Tingkat Stres Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Statistik Bisnis di Pendidikan Vokasi. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(1), 17–30. https://doi.org/10.30595/jkp.v14i1.8479.
Meilanie, R. S. M. (2020). Survei Kemampuan Guru dan Orang Tua dalam Stimulasi Dini Sensori pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 958–964. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.741.
Meriana, T., Angelius Domes, A., Yanna, & Sihotang, H. (2021). The Impact of the Covid-19 Pandemic on Students Behaviour During Online Learning at Pelangi Kasih Elementary School in Jakarta. Advances in Social Sciences Research Journal, 8(4), 594–604. https://doi.org/10.14738/assrj.84.10112.
Mufaziah, E., & Fauziah, P. (2020). Kendala Orang Tua dalam Mendidik Anak Usia Dini pada Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.746.
Nugroho, A., Ilmiani, D., & Rekha, A. (2021). EFL Teachers’ Challenges and Insights of Online Teaching amidst Global Pandemic. Metathesis: Journal of English Language, Literature, and Teaching, 4(3), 277. https://doi.org/10.31002/metathesis.v4i3.3195.
Nursaptini, N., Syazali, M., Sobri, M., Sutisna, D., & Widodo, A. (2020). Profil Kemandirian Belajar Mahasiswa dan Analisis Faktor yang Memengaruhinya: Komunikasi Orang Tua dan Kepercayaan Diri. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1). https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.711.
Owusu-Fordjour, C., Koomson, C. K., & Hanson, D. (2020). European Journal of Education Studies THE IMPACT OF COVID-19 ON LEARNING -. European Journal of Education Studies, 7(3), 88–101. https://doi.org/10.5281/zenodo.3753586.
Prabowo, S. H., Fakhruddin, A., & Rohman, M. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Pendidikan Islam. Pendidikan Islam, 11(2), 191–207. https://doi.org/10.24042/atjpi.v11i2.7806.
Prasetya, R. E. (2021). Engagement Strategies in Electronic Tools English Online Learning: Higher Education Context. IJEE (Indonesian Journal of English Education), 8(2), 309–326. https://doi.org/10.15408/ijee.v8i2.22358.
Primasari, I. F. N. D., & Zulela. (2021). Kendala Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Secara Online Selama Masa Pandemik Covid-19 di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1), 64–73. https://doi.org/10.26858/jkp.v5i1.16820.
Putri, D. K., Handayani, M., & Akbar, Z. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Diri terhadap Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.418.
Rigianti, H. A. (2020a). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2). https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768.
Rigianti, H. A. (2020b). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Orphanet Journal of Rare Diseases, 21(1), 1–9. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768.
Sabrina, U., Ardianti, S. D., & Ermawati, D. (2021). Kendala dalam Menumbuhkan Karakter Religius Anak Usia Sekolah Dasar selama Pandemi Covid 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3079–3089. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1233.
Safitri, Y. A., Baedowi, S., & Setianingsih, E. S. (2020). Pola Asuh Orang Tua di Era Digital Berpengaruh dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(3), 508–514. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.28554.
Saha, S. M., Pranty, S. A., Rana, M. J., Islam, M. J., & Hossain, M. E. (2022). Teaching During A Pandemic: Do University Teachers Prefer Online Teaching? Heliyon, 8(1), e08663. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e08663.
Sánchez-Cruzado, C., Santiago Campión, R., & Sánchez-Compaña, M. T. (2021). Teacher Digital Literacy: The Indisputable Challenge After Covid-19. Sustainability (Switzerland). https://doi.org/10.3390/su13041858.
Sari, R. P., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). Dampak Pembelajaran Daring bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732.
Slovaček, K. A., & Čosić, G. (2020). The Role of Parents During the COVID19 Pandemic in Croatia. Studies in Educational Management, 8(8), 9–17. https://doi.org/10.32038/sem.2020.08.02.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. IKAPI.
Sujarwo, S., Sukmawati, S., Akhiruddin, A., Ridwan, R., & Suharti Siradjuddin, S. S. (2020). An Analysis of University Students’ Perspective on Online Learning in The Midst of Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 53(2), 125. https://doi.org/10.23887/jpp.v53i2.24964.
Sutarto, S., Sari, D. P., & Fathurrochman, I. (2020). Teacher Strategies in Online Learning to Increase Students ’ Interest in Learning During COVID-19 Pandemic. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(147800), 129–137. https://doi.org/10.29210/147800.
Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi Guru dalam Membangun Komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620.
Udayani, N. K. Ar. T. K., Wibawa, I. M. C., & Rati, N. W. (2021). Development Of E-Comic Learning Media on The Topic of The Human Digestive System. Journal of Education Technology, 5(3), 472–481. https://doi.org/10.23887/jet.v5i3.34732.
Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705.
Weldon, A., Ma, W. W. K., Ho, I. M. K., & Ma, W. W. K. (2021). Online Learning During A Global Pandemic : Perceived Benefits and Issues in Higher Education. Knowledge Management & E-Learning, 13(2), 161–181. https://doi.org/10.34105/j.kmel.2021.13.009.
Widiyono, A. (2020). Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169–177. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v8i2.458.
Widyastuti, Kurniawan, S. B., & Rintayati, P. (2021). Keterlibatan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(449). https://doi.org/10.20961/ddi.v9i1.48781.
Wijayanti, R. M., & Fauziah, P. Y. (2020). Perspektif dan Peran Orang Tua dalam Program PJJ Masa Pandemi Covid-19 di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1304–1312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768.
Windhiyana, E. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8. https://doi.org/10.21009/pip.341.1.
Yan, L., Whitelock-Wainwright, A., Guan, Q., Wen, G., Gašević, D., & Chen, G. (2021). Students’ Experience of Online Learning During The COVID-19 Pandemic: A Province-Wide Survey Study. British Journal of Educational Technology : Journal of the Council for Educational Technology, 10.1111/bjet.13102. https://doi.org/10.1111/bjet.13102.
Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia:Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515.
Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740.
Zulherman, Amirullah, G., Purnomo, A., Aji, G. B., & Supriansyah. (2021). Development of Android-Based Millealab Virtual Reality Media in Natural Science Learning. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 9(1), 1–10. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18218.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)