Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology pada Era Revolusi Industri 4.0

Authors

  • Titi Kurniati Universitas Islam Negeri Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Novan Ardy Wiyani Universitas Islam Negeri Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.41411

Keywords:

evaluation, learning, ICT, revolution, industry 4.0.

Abstract

Keterbatasan sarana pendidikan ini menjadi masalah dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Oleh sebab itu, kehadiran IT di sekolah atau di institusi pendidikan merupakan keharusan. Pihak-pihak pengelola pendidikan sudah saatnya melakukan usaha dan upaya agar sekolah atau intitusi pendidikan yang dikelolanya dilengkapi dengan fasilitas IT ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis evaluasi pembelajaran berbasis TIK di era revolusi industri 4.0, jenis aplikasi yang digunakan, manfaat, dan kendala yang dihadapi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar wawancara. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, menyajikan data, mereduksi data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah evaluasi pembelajaran berbasis TIK telah dilaksanakan, berbagai aplikasi yang digunakan dalam evaluasi pembelajaran berbasis TIK adalah google form, quizziiz, SapKur, dan dalam mengolah nilai harian menggunakan Sapkur, dan e-report untuk memproses nilai hasil. Kajian akhir tahun atau rapor. Manfaat dari aplikasi berbasis TIK ini sangat membantu guru, wali kelas, dan sekolah dalam mengevaluasi pembelajaran meskipun ada kendala yang dihadapi oleh guru yang gagap teknologi, sehingga mengalami kesulitan dalam menggunakan beberapa aplikasi. Hal ini dapat diatasi dengan memberikan bimbingan melalui pelatihan yang dilakukan oleh sekolah.

References

Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Azzam Alobaid. (2021). ICT Multimedia Learning Affordances: Role and Impact on ESL Learners’ Writing Accuracy Development. Journal Pre-Proof. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07517.

Centauri, B. (2019). Efektivitas Kahoot! sebagai Media Pembelajaran Kuis Interaktif di SDN-7 Bukit Tunggal. Jurnal: Seminar Nasional Pendidikan Mipa dan Teknologi (SNPMT II), 1(1), 124–133. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/snpmt2/article/view/1360.

Damayanti, N. A., & Dewi, R. M. (2021). Pengembangan Aplikasi Kahoot sebagai Media Evaluasi Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1647–1659. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.656.

Dewi, R. K., Wardani, S., Wijayati, N., & Sumarni, W. (2019). Demand of ICT-Based Chemistry Learning Media in the Disruptive Era. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(2), 265–270. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i2.17107.

Fitrah, M., & Ruslan, R. (2021). Eksplorasi Sistem Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran di Sekolah pada Masa Pandemi Covid-19 di Bima. Jurnal Basicedu, 5(1), 178–187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.639.

Gokbulut, B. (2020). The Effect of Mentimeter and Kahoot Applications on University Students’ E-learning. World Journal on Educational Technology: Current Issues, 12(2), 107–116. https://doi.org/10.18844/wjet.v12i2.4814.

Hamidah, Nur Haryani, S., & Wardani, S. (2018). Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2212 – 2223. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/7460.

Hidayati, A. (2010). Evaluasi Pemanfaatan Program Information Communication Technology (ICT) Menggunakan Model CIPP pada Sekolah Menengah di Kota Padang. Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10(2), 40–46. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/2244.

Irfan, I., Muhiddin, M., & Ristiana, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Powerpoint di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 16–27. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.21765.

Junindra, A., Fitri, H., Putri, A. R., Nasti, B., & Erita, Y. (2021). Mendesain Pembelajaran IPS dan PKn Berbasis Literasi ICT (Information and Communication Technology) pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6264 – 6270. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1827.

Kusumawardhani, P., & Nurhayati, N. (2019). The Analysis of Teaching Writing to English Young Learners ( EYL ) through A Movie : An Ict Perspective. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 11(1), 25–36. https://doi.org/10.31294/w.v11i1.5065.

Kuswanto, J., Walusfa, Y., Artikel, S., Korespondensi, A., Ratu Penghulu No, J., Sari, K., Baru, T., Raja Tim, B., Ogan Komering Ulu, K., & Selatan, S. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology IJCET, 6(2), 58–64. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19335.

Makaborang, Y. (2019). Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i2.p130-145.

Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Dinamika Pembelajaran di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55.

Muyaroah, & Fajartia. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan Menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 22–26. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19336.

Nicolaou, C., Matsiola, M., & Kalliris, G. (2019). Technology-Enhanced Learning and Teaching Methodologies through Audiovisual Media. Education Sciences, 9(3), 1–13. https://doi.org/10.3390/educsci9030196.

Novianto, L. A., Degeng, I. N. S., & Wedi, A. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Sistem Peredaran Darah Manusia untuk Kelas VIII SMP Wahid Hasyim Malang. Jurnal Kurikulum Teknologi Pendidikan (JKTP) Universitas Negeri Malang, 1(3), 257–263. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/5770.

Nurdiansyah, N. M., Arief, A., Agustin, F. R., Hudriyah, H., Muassomah, M., & Mustofa, S. (2021). Education Reconstruction: A Collaboration of Quiz Team and Kahoot Methods in Learning Arabic. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Seni, 22(2), 93–106. https://doi.org/10.24036/komposisi.v22i2.111436.

Nurkolis, N., & Muhdi, M. (2020). Keefektivan Kebijakan E-Learning berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 212. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.535.

Nursmasu. (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran ICT sebagai Kegiatan Pembelajaran Siswa di SMP Negeri Aceh Tamiang. Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA (JIPI), 1(2), 165–170. https://doi.org/10.24815/jipi.v1i2.9691.

Pais, M. H. R., Nogués, F. P., & Muñoz, B. R. (2017). Incorporating Powtoon as a Learning Activity into a Course on Technological Innovations as Didactic Resources for Pedagogy Programs. 12. https://doi.org/10.3991/ijet.v12i06.7025.

Pangestu, M. D., & Wafa, A. A. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Powtoon pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Kebijakan Moneter untuk Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeru 1 Singosari. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11. https://doi.org/10.17977/UM014v11i12018p071.

Prayitno, & Mardianto, M. F. F. (2020). Peningkatan Hasil Evaluasi Pembelajaran Daring saat Pandemi Covid-19 Berdasarkan Media Powerpoint Interaktif. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(2), 171 – 181. https://doi.org/10.30651/must.v5i2.6119.

Pustikayasa, I. M. (2019). Grup WhatsApp sebagai Media Pembelajaran. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53–62. https://doi.org/10.36417/WIDYAGENITRI.V10I2.281.

Santika, I. G. N. (2021). Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah dalam Bidang Pendidikan untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education and Development, 9(2), 369–377. https://doi.org/10.37081/ed.v9i2.2500.

Sirojuddin, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mind Mapping Berbasis ICT. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1). https://doi.org/10.31538/ndh.v1i1.4.

Solichin, M., & Fujirahayu, F. (2018). Problematika Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SMP. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 88–113. https://www.journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/1973.

Srirahayu, R. R. Y., & Arty, I. S. (2018). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Asesmen Kinerja Literasi Sains Pelajaran Fisika Berbasis STEM. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 168–181. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.20270.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tarantang, J., Awwaliyah, A., Astuti, M., & Munawaroh, M. (2019). Perkembangan Sistem Pembayaran Digital pada Era Revolusi Industri 4.0 di Indonesia. Jurnal Al-Qardh, 4(1), 60–75. https://doi.org/10.23971/jaq.v4i1.1442.

Utomo, B. (2017). Sistem Pemantauan Siswa Sekolah Berbasis Web (Studi Kasus : Pondok Pesantren Darul Muttaqien). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Komputer/Informatika, 1(1), 1–7. http://jom.unpak.ac.id/index.php/ilkom/article/view/493/468.

van Laar, E., van Deursen, A. J. A. M., van Dijk, J. A. G. M., & de Haan, J. (2017). The Relation between 21st-Century Skills and Digital Skills: A Systematic Literature Review. Computers in Human Behavior, 72, 577–588. https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.03.010.

Virgiawan, M. D., Meryansumayeka, & Marlini, S. (2018). Pengembangan Kuis Interaktif Berbasis E-Learning dengan Menggunakan Aplikasi Wondershare Quiz Creator pada Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 29–42. https://doi.org/10.22342/jpm.12.1.5094.29-42.

Wandini, A. S., & Lubis, F. Y. (2021). Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Secara Daring pada Belajar dari Rumah (BDR) Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Basicedu, 5(4), 1985–1997. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1113.

Wicaksono, P. N., Kusuma, I. J., Festiawan, R., Widanita, N., & Anggraeni, D. (2020). Evaluasi Penerapan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Materi Teknik Dasar Passing Sepak Bola. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(1), 41–54. https://doi.org/10.21831/jpji.v16i1.29774.

Widiana, I. W. (2016). Pengembangan Asesmen Proyek dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 147. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154.

Wijayanti, N. I., Yulianti, R., & Wijaya, B. (2019). Evaluasi Program Pendidikan Pemakai dengan Model CIPP di Perpustakaan Fakultas Teknik UGM. Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 3(1), 37. https://doi.org/10.29240/tik.v3i1.790.

Willya, Poluakan, Dikayuana, Wibowo, & Raharjo. (2019). Generasi Milenial pada Era Revolusi Industri 4.0. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2). https://doi.org/10.24198/focus.v2i2.26241.

Yantini, P. M. A., Suarjana, I. M., & Sumantri, M. (2021). Assessment Instruments of Mathematics Learning Outcomes for Grade IV Elementary School Students. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(3). https://doi.org/10.23887/jisd.v5i3.39549.

Downloads

Published

2022-03-20

How to Cite

Kurniati, T., & Wiyani, N. A. (2022). Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 182–192. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.41411

Issue

Section

Articles