Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa dalam Pembelajaran IPA Materi Tata Surya Menggunakan Media Komik Manga Chibi Digital

Authors

  • Muhammad Fahmi Alfarisi University of Jember
  • Supeno Supeno University of Jember
  • Iwan Wicaksono University of Jember

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.43122

Keywords:

Komik, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Pembelajaran IPA

Abstract

Lemahnya proses pembelajaran di kelas serta rendahnya motivasi belajar peserta didik merupakan faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya keterampilan berpikir tingkat tinggi Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa setelah proses pembelajaran IPA menggunakan media komik manga chibi digital. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest–posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah tes yang terdiri dari pre-test dan post-test. Selanjutnya dilakukan uji N-Gain yang digunakan untuk mengetahui peningkatan nilai skor pre-test dan post-test. Rata-rata nilai hasil pre-test keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik adalah 42,18, dengan nilai terendahnya 10 dan nilai tertingginya 70. Rata-rata hasil post-test keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik adalah 63,12 dengan nilai terendah adalah 30 dan nilai tertinggi adalah 80. Nilai rata-rata skor N-Gain yang diperoleh adalah sebesar 0,31. Skor N-Gain tersebut termasuk ke dalam kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbentuk komik manga chibi dapat membantu peserta didik dalam mengembangkan keterampilan berpikir tinggi. Implikasi penelitian ini diharapkan guru agar dapat memanfaatkan media pembelajaran yang inovatif dan dapat menarik minat siswa.

References

Acesta, A. (2020). Analisis Kemampuan Higher Order Thingking Skills (HOTS) Siswa Materi IPA Di Sekolah Dasar. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 12(2), 170. https://doi.org/10.25134/quagga.v12i2.2831.

Anam, C. (2020). Deskripsi Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Terhadap Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Tematik. Proceeding International Conference on Islamic Education, 5(1), 35–39. http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/icied/article/view/1224.

Anjelina Putri, A. A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD. Mimbar Ilmu, 23(1). https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407.

Antony, A., & Mudjiran, M. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Strategi Pembelajaran Everyone Is Teacher Here Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 19–27. https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8420.

Anwar, Y., Selamet, A., Huzaifah, S., & Madang, K. (2020). Training in developing higher-order thinking based online test instrument for biology teachers in Sekayu City. Journal of Community Service and Empowerment, 1(3), 150–155. https://doi.org/10.22219/jcse.v1i3.12241.

Ariani, T. (2020). Analysis of Students’ Critical Thinking Skills in Physics Problems. Physics Educational Journal, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.37891/kpej.v3i1.119.

Astari, F. A., Suroso, S., & Yustinus, Y. (2018). Efektifitas Penggunaan Model Discovery Learning dan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 3 SD. Jurnal Basicedu, 2(1), 1–10.

Azizi, M., & Prasetyo, S. (2018). Kontribusi Pengembangan Media Komik IPA Bermuatan Karakter Pada Materi Sumber Daya Alam untuk Siswa MI/SD. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(2), 185–194. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v9i2.25.

Darmawan Harefa. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Luahagundre Maniamolo Tahun Pembelajaran (Pada Materi Energi Dan Daya Listrik). Jurnal Education and Development, 8(1), 231–234. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1540.

Darmayanti, N. K. D., & Surya Abadi, I. B. G. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Daring Komik Virtual dalam Muatan Materi Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung Bahasa Indonesia. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 170–179. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32481.

Elisa, Prasetyo, S. A., & Hadi, H. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 114–121.

Fitriani, W., & Wangid, M. N. (2021). Berpikir Kritis dan Komputasi: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 234–242. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19040.

Gumilang, M. R., Wahyudi, W., & Indarini, E. (2019). Pengembangan Media Komik dengan Model Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 185. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.860.

Kaminski, J. A., & Sloutsky, V. M. (2020). The use and effectiveness of colorful, contextualized, student-made material for elementary mathematics instruction. International Journal of STEM Educations, 7(1), 1–23. https://doi.org/10.1186/s40594-019-0199-7.

Kwangmuang, P., Jarutkamolpong, S., Sangboonraung, W., & Daungtod, S. (2021). The development of learning innovation to enhance higher order thinking skills for students in Thailand junior high schools. Heliyon, 7(6). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07309.

Marshel, J., & Ratnawulan. (2020). Analysis of Students Worksheet (LKPD) integrated science with the theme of the motion in life using integrated connected type 21st century learning. Journal of Physics: Conference Series, 1481(1). https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462.

Megantari, K. A., Margunayasa, I. G., & Agustiana, I. G. A. T. (2021). Belajar Sumber Daya Alam Melalui Media Komik Digital. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 139–149. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.34251.

Muslina, M., Halim, A., & Khaldun, I. (2018). Kelayakan Media Animasi Hukum Newton Ii Tentang Gerak Pada Bidang Miring Dan Katrol Di Sma Kabupaten Aceh Besar. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 1(1), 64–72. https://doi.org/10.24815/jipi.v1i1.9568.

Nida, D. M. A. A., Parmiti, D. P., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Media Kartu Bergambar Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Bahasa Bali. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 16–31. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.25393.

Pambudi, B., Efendi, R. B., Novianti, L. A., Novitasari, D., & Ngazizah, N. (2019). Pengembangan Alat Peraga IPA dari Barang Bekas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15097.

Phawani Vijayaratnam. (2012). Developing Higher Order Thinking Skills and Team Commitment via Group Problem Solving: A Bridge to the Real World. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 66, 53–63. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.247.

Pratiwi, N. P. S., & Margunayasa, I. G. (2022). E-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Muatan IPA Materi Perpindahan Kalor Kelas V. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 100–108. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.46542.

Puspitorini, R., Prodjosantoso, A. K., Subali, B., & Jumadi, J. (2014). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Dan Afektif. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 413–420. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2385.

Rahmawati, D. E., & Trimulyono, G. (2021). Validitas Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skills (Hots) pada Materi Keanekaragaman Hayati. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(1), 141. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n1.p138-147.

Rapanta, C. (2021). Can teachers implement a student-centered dialogical argumentation method across the curriculum? Teaching and Teacher Education, 105. https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103404.

Seibert, S. A. (2020). Problem-based learning: A strategy to foster generation Z’s critical thinking and perseverance. Teaching and Learning in Nursing, 000, 2–5. https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.09.002.

Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 171. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138.

Sumaryanti, L. (2020). Menumbuhkan minat baca anak MI / SD dengan media buku bergambar seri. Journal Basic Of Education, 4(2), 173–183. https://doi.org/10.24269/ajbe.v4i2.2699.

Sumiati, & Nafitupulu, S. (2022). Pengembangan Media Komik Menggunakan Model ADDIE pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 101950 Lidah Tanah Tahun 2021/2022. Cybernetics: Jurnal Educational Research and Social Studies, 3(1), 95–101. https://doi.org/10.51178/cjerss.v3i1.406.

Supartayasa, I. K. R., & Wibawa, I. M. C. (2022). Belajar Siklus Air dengan Media Komik Digital Berbasis Tri Hita Karana. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 127–137. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.46279.

Ula, R., Kristanti, F., & Mursyidah, H. (2019). Efektivitas Pembelajaran Discovery Learning Dengan Media Komik Pada Pembelajaran Garis Dan Sudut Di Smp Negeri 7 Surabaya. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 17–28. https://doi.org/10.26594/jmpm.v4i1.1292.

Utomo, S. W., Joyoatmojo, S., Jutmini, S., & Suryani, N. (2019). Improving Higher Order Thinking Skills Through Problem Based Learning with a Scientific Approach. Dinamika Pendidikan, 14(1), 76–86. https://doi.org/10.15294/dp.v14i1.18776.

Wicaksono, A. G., Jumanto, J., & Irmade, O. (2020). Pengembangan media komik komsa materi rangka pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 215. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6384.

Windrayanti, N. M. F., & Astawan, I. G. (2022). Video Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Perpindahan Panas di Sekitar Kita. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 118–126. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.46540.

Downloads

Published

2022-02-28

How to Cite

Alfarisi, M. F., Supeno, S., & Wicaksono, I. (2022). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa dalam Pembelajaran IPA Materi Tata Surya Menggunakan Media Komik Manga Chibi Digital. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 226–235. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.43122

Issue

Section

Articles