Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Pembentukan Karakter Peduli Sosial

Authors

  • Nurhayati Nurhayati Universitas Labuhanbatu
  • Panggi Nur Adi Universitas Labuhanbatu

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.43899

Keywords:

Pembelajaran, PembentukanKarakter, Peduli, Sosial

Abstract

Masih banyak mahasiswa yang memiliki sifat kurang peduli sosial di sekitar lingkungan masyarakat, seperti adanya teman atau orang tertimpa musibah.  Hal yang pertama dilakukan bukanlah membantunya. Sebaliknya individu lebih suka sibuk mengabadikan sekelilingnya dengan memvidiokan, memotret, atau menyebarkan pada jejaring media sosial. Tujuan penelian ini adalah untuk menganalisis pengembangan kepedulian social bagi mahasiswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Sampel penelitian berjumlah 100 orang mahasiswa. Teknik yang digunakan untuk mengambil sampel yaitu total sampling, pendekatan kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu angket. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar angket. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian yaitu pertama, peduli lingkungan kampus diperoleh hasil bahwa mahasiswa tidak peduli dalam lingkungan kampus berkisar 13,10% sedangkan siswa yang peduli lingkungan kampus berupa 86,90%. Kedua, peduli lingkungan masyarakat diperoleh hasil bahwa mahasiswa tidak peduli dalam lingkungan masyarakat berkisar 14,09%, sedangkan mahaiswa yang peduli lingkungan masyarakat berupa 85,91% ,3. Peduli lingkungan keluarga diperoleh hasil bahwa mahasiswa tidak peduli dalam lingkungan keluargaberkisar 15,24 % sedangkan mahasiswa yang peduli lingkungan kampus berkisar 84,76%. Masih terdapat mahasiswa mahasiswi yang kurang peduli terhada linkungannya seperti pada lingkungan kampus dan peduli pada lingkungan keluarga maupun peduli lingkungan masyarakat.

References

Abdul, K. (2019). Internalisasi Pendidikan Karakter Berbasis School Culture. Jurnal Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 3(1). https://journal.unsika.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/1765.

Admizal, A., & Fitri, E. (2018). Pendidikan Nilai Kepedulian Sosial pada Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 163–180. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6778.

Afrilia, F. R. (2020). Analisis Nilai Karakter dalam Film Nussa dan Rara Karya Aditya Triantoro. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 3(2), 130. https://doi.org/10.33603/cjiipd.v3i2.3065.

Aida, W., Rohmah, R. A., & Prayogi, R. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Keterampilan Sosial Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 12–17. https://doi.org/10.30606/hjimb HIRARKI.

Amaliyah, S., & Dewi, D. A. (2021). Membangun Karakter Bangsa Generasi Muda melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1). https://doi.org/10.31004/jptam.v5i1.1130.

Amelia, L., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai Pancasila sebagai Pendidikan Moral bagi Anak Bangsa. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(5), 193–197. https://doi.org/10.52436/1.jpti.41.

Anatasya, E., & Dewi, D. A. (2021). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(2). https://doi.org/ 10.23887/jpku.v9i2.34133.

Andhika, M. R. (2021). Peran Orang Tua Sebagai Sumber Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 73. https://doi.org/10.47498/tadib.v13i01.466.

Antari, L. P. S., & Liska, L. De. (2021). Implementasi Nilai Nilai Pancasila dalam Penguatan Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan, 20(2). https://doi.org/10.5281/zenodo.4049444.

Arif, M., Rahmayanti, J. D., & Rahmawati, F. D. (2021). Penanaman Karakter Peduli Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Agama, 13(2), 289–308. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.802.

Budiarto, G. (2020). Indonesia dalam Pusaran Globalisasi dan Pengaruhnya terhadap Krisis Moral dan Karakter. Pamator Journal, 13(1), 50–56. https://doi.org/10.21107/pamator.v13i1.6912.

Fauzi, A. R., Zainuddin, Z., & Atok, R. Al. (2017). Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Peduli Sosial melalui Discovery Learning. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 79–88. https://doi.org/10.17977/um022v2i22017p079.

Fernandes, R. (2019). Relevansi Kurikulum 2013 dengan Kebutuhan Peserta Didik di Era Revolusi 4.0. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 6(2), 70. https://doi.org/10.24036/scs.v6i2.157.

Firmansyah, M. C., & Dewi, D. A. (2021). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Membangun Karakter Bangsa Sesuai Nilai Pancasila di Era Globalisasi. Jurnal Pesona Dasar, 9(1), 6. https://doi.org/10.24815/pear.v9i1.20607.

Handayani, I. P., & Hasrul, H. (2021). Analisis Kemitraan Guru dan Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak Berdasarkan Kurikulum 2013 di SMA. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 9(1). https://doi.org/10.21831/jppfa.v9i1.42455.

Humaeroh, S., & Dewi, D. A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan di Era Globalisasi dalam Pembentukan Karakter Siswa. Journal on Education, 3(3), 216–222. https://doi.org/10.31004/joe.v3i3.381.

Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Sekolah. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 3(2), 155–164. https://doi.org/10.22219/satwika.v3i2.10244.

Kusumastuti, N. (2020). Implementasi Pilar-Pilar Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(2). https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i02.2525.

Kusumawardani, F., Akhwani, A., Nafiah, N., & Taufiq, M. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Pancasila melalui Keteladanan dan Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraaan, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.24269/jpk.v6.n1.2021.pp1-10.

Maria, R., Rifma, R., & Syahril, S. (2021). Efektivitas Pembelajaran dan Pembinaan Karakter di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1503–1512. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.566.

Mariatun, I. L. (2018). Penguatan Karakter Berbasis Pancasila melalui Kurikulum K13 di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 1(1), 153–160. http://194.59.165.171/index.php/CC/article/download/79/101.

Massie, A. Y., & Nababan, K. R. (2021). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Pendidikan Karakter Siswa. Jurnal Satya Widya, 37(1). https://ejournal.uksw.edu/satyawidya/article/view/4988.

Masyithoh, D., Bintari, D. P., & Pratiwi, D. M. (2021). Pentingnya Penerapan Nilai-Nilai Pancasila pada Remaja di Era Society 5.0. Jurnal Sumbangsih, 2(1), 156–163. https://doi.org/10.23960/jsh.v2i1.48.

Nasozaro, H. O. (2019). Pembangunan Karakter Bangsa melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Majalah Ilmiah Warta Darmawangsa, 13(4). https://doi.org/10.46576/wdw.v0i62.504.

Nisa’, F., & Anshori, I. (2021). Integrasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Kurikulum 2013 Kelas Rendah di Madrasah Ibtidiyah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 8(1). https://doi.org/10.24042/terampil.v8i1.6746.

Nurgiansah, T. H., Pratama, F. F., Nurchotimah, I., & Solichan, A. (2021). Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(1), 10. https://doi.org/10.26418/jppkn.v2i1.41752.

Nurhafsah, N., & Dewi, D. A. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Kehidupan sebagai Pembentukan Karakter Bangsa di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1257–1266. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1096/979.

Oktaviani, T., Damanhuri, D., & Legiani, W. H. (2019). Peranan Karang Taruna dalam Menumbuhkan Kepedulian Sosial Pemuda. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 2(2), 112–124. https://doi.org/10.47080/propatria.v2i2.587.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.

Prasetya, E. P., Abdulrahman, & Rahmalia, F. (2018). Pemberdayaan Masyarakat tentang Kesehatan, Pendidikan dan Kreativitas. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1). http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ABDIDOS/article/view/69.

Prasetyo, D., & Indriani, W. (2019). Pembinaan Karakter Disiplin Berkendara melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan Budaya Disiplin. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.23587.

Purandina, I. P. Y., & Winaya, I. M. A. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 270–290. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.454.

Rahmadanirwati, D. (2018). Meningkatkan Karakter Kebangsaan di Kalangan Mahasiswa melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 2(3), 65–71. https://doi.org/10.36057/jips.v2i3.339.

Rahmawati, F. D., Arif, M., & Rahmayanti, J. D. (2021). Penanaman Karakter Peduli Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 289–308. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.802.

Rahmawati, L. N., & Yunus, S. M. (2020). Pramuka sebagai Wadah Meningkatkan Nilai Karakter Peduli Sosial. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 1(2), 92–101. https://doi.org/10.21154/asanka.v1i2.2208.

Risdiany, H., & Dewi, D. A. (2021). Penguatan Karakter Bangsa sebagai Implementasi Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(4), 696–711. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i4.140.

Ritonga, M. K., Hasibuan, M. N. S., Rohana, & Siregar, M. (2020). Analisis terhadap Mahasiswa Prodi PKKn STKIP Labuhanbatu dalam Studi Kasus Kunjungan Perpustakaan dan Aplikasinya pada Penerapan Karakter Semangat Kebangsaan Tahun 2019. Jurnal Educatin and Development, 8(3). https://doi.org/10.37081/ed.v8i3.1799.

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Evaluation Values and Character Education Journal, 3(1). https://doi.org/10.23887/ivcej.v3i1.27830.

Saraswati, A. J., Bramasta, D., & Eka, K. I. (2020). Nilai Kepedulian Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1). https://doi.org/10.30595/.v1i1.7583.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927.

Trisiana, A. (2020). Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Digitalisasi Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 31. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i2.9304.

Utamy, R., Ahmad, S., & Eddy, S. (2020). Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia. Journal of Education Research, 1(3), 225–236. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.26.

Wahyuni, A., Haris, H., & Mustari, M. (2020). Integrasi Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran PPKn Untuk Mengembangkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa. Phinisi Integration Review, 3(2), 194. https://doi.org/10.26858/pir.v3i2.14880.

Wibowo, E. W. (2020). Analisis Pendidikan Karakter Religius, Peduli Sosial, dan Peduli Lingkungan terhadap Kedisiplinan (Studi Kasus Mahasiswa Administrasi Perkantoran Politeknik LP3I Jakarta). Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 31–38. https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.379.

Widiyono, S. (2019). Pengembangan Nasionalisme Generasi Muda di Era Globalisasi. Jurnal Populika, 7(1), 12–21. https://doi.org/10.37631/populika.v7i1.24.

Wijayanti, A. (2021). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Modern, 6(03), 130–140. https://doi.org/10.37471/jpm.v6i03.248.

Yani, F., & Damayanti, E. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila melalui Pendidikan Pancasila sebagai Upaya Membangun Sikap Toleransi pada Mahasiswa di Universitas Potensi Utama. Jurnal Lex Yustita, 2(1). https://doi.org/10.22303/lex%20justitia.2.1.

Yunita, T. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Menguatkan Integrasi Bangsa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(2). https://doi.org/10.23887/jpku.v9i2.34132.

Downloads

Published

2022-03-20

How to Cite

Nurhayati, N., & Adi, P. N. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Pembentukan Karakter Peduli Sosial. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 165–172. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.43899

Issue

Section

Articles