Perangkat Pembelajaran IPA SMP Berorientasi Pendekatan Saintifik Pada Topik Pencemaran Lingkungan dan Pemanasan Global
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.46995Keywords:
Pendekatan Saintifik, Pencemaran Lingkungan, Pemanasan GlobalAbstract
Proses pembelajaran yang dilaksanakan saat ini masih menggunakan paradigma lama yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centered). Kegiatan pembelajaran guru lebih mengutamakan memberikan pengetahuan melalui ceramah yang disajikan secara sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan perangkat pembelajaran IPA SMP berorientasi pendekatan saintifik pada topik pencemaran lingkungan dan pemanasan global. Jenis penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan pendidikan yang mengikuti model pengembangan Borg dan Gall. Hasil penelitian dianalisis secara kualitatif. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan diperlukannya perangkat pembelajaran pendekatan saintifik. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa prototipe perangkat pembelajaran pencemaran lingkungan dan pemanasan global. Karakteristik perangkat pembelajaran pencemaran lingkungan dan pemanasan global adalah konsisten menerapkan pendekatan saintifik. Sebagian besar aspek pembelajaran dalam setiap perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki validitas sangat tinggi. Hasil uji keterbacaan juga menunjukkan tingkat keterbacaan siswa berada dalam kategori baik. Perangkat pembelajaran yang telah diimplementasikan terhadap siswa tebukti efektif meningkatkan hasil belajar siswa dengan perolehan skor rata-rata pre-test sebesar 56,45 dan hasil rata-rata post-test sebesar 78,60. Ditinjau dari hasil gain score, diperoleh rata-rata sebesar 0,51 dan termasuk dalam kategori sedang serta 100% siswa mencapai KKM. Dengan demikian, perangkat pembelajaran pencemaran lingkungan dan pemanasan global dengan pendekatan saintifik memiliki validitas yang memadai dan efektif untuk diimplementasikan.
References
Dunbar, K., & Yadav, A. (2022). Shifting to student-centered learning: Influences of teaching a summer service learning program. Teaching and Teacher Education, 110, 103578. https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103578.
Hartini, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning Untuk Meningkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar, 1(2). https://doi.org/10.30651/else.v1i2a.1038.
Herwin, H., Hastomo, A., Saptono, B., Ardiansyah, A. R., & Wibowo, S. E. (2021). How Elementary School Teachers Organized Online Learning During The Covid-19 Pandemic? World Journal on Educational Technology: Current Issues, 13(3), 437–449. https://doi.org/10.18844/wjet.v13i3.5952.
Katawazai, R. (2021). Implementing outcome-based education and student-centered learning in Afghan public universities: the current practices and challenges. Heliyon, 7(5). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07076.
Khoury, O. (2022). Perceptions of student-centered learning in online translator training: findings from Jordan. Heliyon, 8(6), e09644. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09644.
Larasati, F. (2018). Student Centered Learning: an Approach To Develop Speaking Skill in Efl Classroom. English Community Journal, 2(1), 153. https://doi.org/10.32502/ecj.v2i1.1004.
Lestari, D. D., & Muchlis, M. (2021). Pengembangan E-Lkpd Berorientasi Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Termokimia Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(1), 25–33. https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.30987.
Novika Auliyana, S., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796.
Nurmalita, N., Munzil, & Pratiwi, N. (2020). Pengembangan game edukasi IPA kuartet sebagai media pembelajaran IPA. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannyan, 1(53), 290–296. https://doi.org/10.17977/um067v1i4p290-296.
Nurroeni, C. (2013). Keefektifan Penggunaan Model Mind Mapping Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar. Journal Of Elementary Education, 2(1), 54–60. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee/article/view/2081.
Pangestu, B. A., & Susanti, M. M. I. (2022). Uji Kelayakan Perangkat Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Model Problem Based Learning untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1145–1154. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2114.
Putrislia, N. A., & Airlanda, G. S. (2021). Pengembangan E-Book Cerita Bergambar Proses Terjadinya Hujan untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1032.
Rahmawati, M. C., & Dewi, N. D. L. (2019). Kombinasi pendekatan saintifik dan lingkungan serta pengaruhnya terhadap hasil belajar IPA siswa SD. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(1), 28. https://doi.org/10.31331/jipva.v3i1.677.
Rudyanto, H. E. (2016). Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 4(01), 41–48. https://doi.org/10.25273/pe.v4i01.305.
Suparlan, S. (2017). Implementasi Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 pada Pembelajaran IPA di SD/MI Kelas IV. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 93 – 115. https://doi.org/10.36088/fondatia.v1i2.104.
Susilowati, S., Sajidan, S., & Ramli, M. (2018). Keefektifan perangkat pembelajaran berbasis inquiry lesson untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 49–60. https://doi.org/10.21831/pep.v22i1.17836.
Suyani, K., Astawan, I. G., & Renda, N. T. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Discovery learning Berbasis Lingkungan Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 512. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29450.
Wardani, R. K., & Syofyan, H. (2018). Pengembangan Video Interaktif pada Pembelajaran IPA Tematik Integratif Materi Peredaran Darah Manusia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 371–381. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16154.
Wibowo, A. (2017). Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dan saintifik terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis dan minat belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 1 – 10. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10066.
Wulandari, A. I., & Radia, E. H. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Tanggung Jawab Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 10–18. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32979.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 N.M.A. Ryantini, I.B.N. Sudria, N. P. Ristiati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)