Karuta Ceria: Media Pembelajaran Berbasis Model Pembelajaran APACIN Untuk Meningkatkan Kemampuan Calistung Siswa

Authors

  • Chintya Kartikasari Putri Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia";}
  • Henny Dewi Koeswanti Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.49425

Keywords:

Media Pembelajaran, Calistung, Sekolah Dasar

Abstract

Kendala yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran adalah masih terdapat siswa yang kesulitan membedakan abjad, kesulitan membaca kata dalam kalimat, dan kesulitan menulis kalimat dengan kata dan kesulitan dalam operasi berhitung. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media Karuta Ceria berbasis model pembelajaran APACIN untuk meningkatkan kemampuan calistung siswa kelas II SD. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembanga dengan menggunakan prosedur ADDIE. Subjek uji coba pada penelitian ini yaitu ahli materi, ahli media pembelajaran, guru kelas II dan 14 orang siswa. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah metode observasi, metode angket atau kuesioner dan dokumentasi. Instrument pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah skala likert. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu medapatkan nilai rata-rata hasil validasi ahli materi mendaptkan pesentase kelayakan 91,15  dengan kategori sangat tinggi. Untuk ahli media mendaptkan nilai rata- rata persentase sebesar 93,053  dengan kategori sangat tinggi. Rata- rata penilaian respon dari guru memperoleh persentase sebesar 95,5 % dengan kategori sangat tinggi dan rata-rata penilaian dari respon siswa sebesar 97,045 % dengan kategori sangat tinggi. Hasil tersebut menunjukkan media Karuta Ceria layak digunakan dalam proses pembelajaran.

References

Afifah, N., & Hartatik, S. (2019). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga terhadap Motivasi Belajar pada Pelajaran Matematika Kelas II SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(2), 209 – 216. https://doi.org/10.30651/must.v4i2.3035.

Alam, S. K., & Lestari, R. H. (2020). Pengembangan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini dalam Memperkenalkan Bahasa Inggris melalui Flash Card. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 284. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.301.

Anggraeni, S. W., Prihamdani, D., & Julianisa, D. D. (2019). Pengaruh Media Kartu Kata Terhadao Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 478 – 486. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.30.

Azzahra, R. F., Nugraha, E., & Mansur. (2021). Pengembangan Media Upinca ( Ular Pintar Ceria ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Calistung Siswa. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 13(02), 151–166.

Chabib, M., Tri Djatmika, E., & Kuswandi, D. (2017). Efektivitas pengembangan media permainan ular tangga sebagai sarana belajar tematik sd. Jurnal Pendidikan, 2(7), 910–918.

Elisa, Prasetyo, S. A., & Hadi, H. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 114–121.

Febrilio, Y. E., & Koeswanti, H. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran WAKER (Wayang Kertas) Berbasis Model Apacin untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8704–8710. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3912.

Fitriani, S. A., & Nurchasanah. (2017). Keefektifan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur Kompleks Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Siswa Kelas X SMK. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(12), 1683–1691. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i12.10333.

Fransisca, R., Wulan, S., & Supena, A. (2020). Meningkatkan Percaya Diri Anak dengan Permainan Ular Tangga Edukasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 630. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.405.

Hani, U., & Hibana, H. (2022). Ular Tangga Covid-19 sebagai Redesain Alat Permainan Edukatif untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 162 – 171. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1262.

Hermansyah, A. K., Tembang, Y., & Purwanty, R. (2019). Penggunaan Media Kartu Warna Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Inpres Gudang Arang Merauke. Musamus Journal of Primary Education, 1(2), 104–115. https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i2.1468.

Ineu Raina Oktapiani, A., & Giyartini, R. (2020). Pengembangan Media Ular Tangga tentang Lahirnya Pancasila untuk IPS Kelas V SD. © 2020-Indonesian Journal of Primary Education, 4(1), 56–68.

Kalsum, T. U., Suryana, E., & Nopitasari, V. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Fiqih. Jurnal PADAMU NEGERI (Pengabdian Pada Masyarakat Bidang Eksakta), 1(1), 19–35. https://doi.org/10.37638/padamunegeri.v1i1.118.

Koeswanti, H. D. (2021). “Apacin” Learning Model in Writing Poetry for Elementary School. International Journal of Elementary Education, 5(4), 692. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i4.40763.

Ma’ruf, E. N., & Syamsudin, A. (2021). Perspektif Orang Tua terhadap Pelaksanaan Les Calistung di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi, 6(1), 430 – 444. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.935.

Mahesti, G., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Asean untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 30–39. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33586.

Markum, M., Maharbid, D. A., & Ramadhan, S. A. (2022). Asistensi Pembelajaran Literasi Membaca Bagu Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19 dengan Metode Home Visit. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 238–248. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1934.

Masyhud, M. S., & Alfarisi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Asik (MASIK) Berbasis Augmented Reality pada Materi Volume Bangun Ruang. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 7–29. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JIPSD/article/view/24755.

Nirwana, E. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Android untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1811–1818. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1684.

Nurasiah Iis, Marini Arita, Nafiah Maratun, R. N. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727.

Priyastuti, M. T., Resanti, M., & Yoga, G. S. (2020). Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris dengan Media Ular Tangga bagi Siswa SD Antonius 2 Semarang. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 72. https://doi.org/10.33633/ja.v3i2.106.

Rahmadani, N. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan Melalui Penerapan Metode Struktur Analitik Sintetik (Sas) Di Kelas I SDN 61 Tondok Alla Kecamatan Telluwanua Kota Palopo. Journal of Teaching Dan Learning Research, 1(1), 33–40. https://doi.org/10.24256/jtlr.v1i1.586.

Suarsi, P. D. K., & Wibawa, I. M. C. (2021). The Impact of the COVID-19 Pandemic on Student Learning Motivation. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(2), 194–201. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i2.34418.

Sulthoni, W. C. S., & Ulfa, S. (2019). Pengembangan Multimedia Game Edukasi Ipa Lapisan Bumi Untuk MTS. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 30–36. https://doi.org/10.17977/um038v2i12019p030.

Supranoto, H. (2018). Pengembangan Soal HOTS Berbasis Permainan Ular Tangga pada Mata Kuliah Telaah Ekonomi SMA. Journal of Chemical Information and Modeling, 6(1), 103–110. https://doi.org/10.24127/pro.v6i1.1501.

Swastrini, K. C., Antara, P. A., & Tirtayani, L. A. (2016). Penerapan Bermain Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Kelompok B1 di TK Widya Sesana Sangsit. Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.23887/paud.v4i2.7764.

Syamsu, F. D. (2017). Pengembangan Penuntun Praktikum IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Siswa SMP Siswa Kelas VII Semester Genap. BIOnatural, 4(2), 13–27. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/190.

Turnip, H. A., & Wijayaningsih, L. (2022). Pengembangan Dadu QR Code untuk Alternatif Pengenalan Calistung Anak Usia 5 – 6 Tahun. Jurnal Obsesi, 6(5), 4392 – 4404. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2595.

Wulandari, D. P., & Pravesti, C. A. (2021). Pengembangan Permainan Ular Tangga Keyakinan dalam Peningkatan Efikasi Diri Siswa SMP. COUNSELLIA : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 11(1), 95 – 105. https://doi.org/10.25273/counsellia.v11i1.8882.

Yansyah, Y., Hamidah, J., & Ariani, L. (2021). Pengembangan Big Book Storytelling Dwibahasa untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1449–1460. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1779.

Yanti, I., Affandi, L. H., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas II SDN 12 Taliwang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 509–516. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.280.

Yunita Anindya, E. F., Suneki, S., & Purnamasari, V. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 238. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.18053.

Zianidar, Z. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Dengan Menggunakan Permainan Kartu Huruf Bergambar Pada Pelajaran Bahasa Indonesia di MIN Kota Jambi. Jurnal Basicedu, 5(3), 1365–1376. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.927.

Zulfana, F., Purwadi, & Mudzanatun. (2020). Pengaruh Model Nht Berbantu Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Di Sd N 02 Ujung Pandan Jepara. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i1.474.

Downloads

Published

2022-07-16

How to Cite

Putri, C. K., & Koeswanti , H. D. . (2022). Karuta Ceria: Media Pembelajaran Berbasis Model Pembelajaran APACIN Untuk Meningkatkan Kemampuan Calistung Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 236–248. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.49425

Issue

Section

Articles