Pedagogical Content Knowledge Guru Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Puspita Handayani Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Sidoarjo, Indonesia
  • Muhammad Iqbal UIN Sunan Ampel, Surabaya, Indonesia
  • Kusaeri UIN Sunan Ampel, Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.49929

Keywords:

Kompetensi profesional, Pedagogi, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Pedagogial Content Knowledge (PCK) merupakan gabungan dari dua kompetensi, pertama cognitive knowledge (CK), kedua pedagogical knowledge (PK). Kedua kompetensi ini membentuk PCK, yaitu kemampuan guru dalam memahami siswa, memahami isi materi yang diajarkan, serta mampu melaksanakan penilaian dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mengumpulkan data dilakukan dengan berbagai langkah yang dimulai dengan  melalui survei terhadap 74 guru PAI yang tersebar di Jawa Timur dengan mengambil objek penelitian dengan random sampling, kemudian analisis data menggunakan SPSS 16.0. Hasil penelitian dapat ditemukan bahwa guru PAI di Jawa Timur belum menguasai kandungan PAI secara mendalam, dengan data menunjukkan skor rata-rata 42.873 dan standar deviasi 0,59. Kemampuan belajar pendidikan memperoleh skor rata-rata 43,622 dengan standar deviasi 0,602. Disimpulkan bahwa dalam pengembangan PCK bagi guru PAI harus terus ditingkatkan agar pembelajaran PAI di sekolah menjadi lebih baik, berkualitas dan bermakna, sehingga kompetensi profesional guru PAI yang selama ini berwawasan negatif akan terbantahkan.

References

Adiyanta, F. C. S. (2019). Hukum dan Studi Penelitian Empiris : Penggunaan Metode Survey sebagai Instrumen Penelitian Hukum Empiris. Administrative Law & Governance Journal, 2(4). https://doi.org/https://doi.org/10.14710/alj.v2i4.697-709.

Adiyanta, F. S. (2019). Hukum dan studi penelitian empiris: Penggunaan metode survey sebagai instrumen penelitian hukum empiris. Administrative Law and Governance Journal, 2(4), 697–709. https://doi.org/10.14710/alj.v2i4.697-709.

Alfarisi, M. F., & Wicaksono, I. (2022). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa dalam Pembelajaran IPA Materi Tata Surya Menggunakan Media Komik Manga Chibi Digital. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 226–235.

Ambaryati, A. (2019). Profil TPACK Guru SD Negeri Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Tahun 2018. Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship, 1(1). http://103.98.176.39/index.php/snse/article/view/154.

Arif, D. R., Mengajar, M., & Kinerja, H. P. (2021). Profesionalitas dan Penilaian Kinerja Guru PAI : Studi pada Guru SMP di Kabupaten Magelang. Jurnal Kajian Islam Interdisipliner, 6(1), 1–16.

Ariyani, I. E., T, N. L. H., Indrijati, Y., & Huda, M. (2021). Aplikasi Latihan Soal Bahasa Indonesia Berbasis E-Learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 184–191.

Aulia, R. N., Rahmawati, R., & Permana, D. (2020). Peranan penting evaluasi pembelajaran Bahasa di sekolah dasar. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 1–9. https://belaindika.nusaputra.ac.id/article/view/22.

Azra, A. (2019). Pendidikan Islam: tradisi dan modernisasi di tengah tantangan milenium III.

Bahari. (2020). Pedagogical Knowledge : Analisis Kemampuan Pedagogik Guru IPS dalam Merancang Pembelajaran. Indonesia Journal of Social Science Education, 2(1), 33–39.

Conceição, T., & Baptista, M. (2021). Examining Pre-service Science Teachers ’ Pedagogical Content Knowledge Through Lesson Study. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 18(1), 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.29333/ejmste/11442.

Dewi, A. E. A., & Mukminan, M. (2016). Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPS di middle grade SD Tumbuh 3 Kota Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 20–31. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7691.

Dudung, A. (2018). Kompetensi profesional guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19. https://doi.org/10.21009/JKKP.051.02.

Dwi, E., Sari, K., & Ulya, S. A. A.-. (2020). Pedagogical Content Knowledge ( PCK ) of Islamic Education Teachers in Improving the Quality of Islamic Education Learning. Jurnal Emanasi, Jurnal Ilmu Keislaman Dan Sosial, 3(2), 1–10.

Dwiyogo. (2023). Pembelajaran visioner.

Eteläpelto, A., Vähäsantanen, K., & Hökkä, P. (2015). How do novice teachers in Finland perceive their professional agency? Teachers and Teaching: Theory and Practice, 21(6), 660–680. https://doi.org/10.1080/13540602.2015.1044327.

Greefrath, G., & Wess, R. (2021). Pre-service secondary teachers ’ pedagogical content knowledge for the teaching of mathematical modelling. Educational Studies in Mathematics, 1–25.

Hidayat, U. S. (2016). Model-Model Pembelajaran Efektif.

Idris, N. H., & Hamzah, R. (2013). Nilai Profesionalisme Bakal Guru Berteras Indikator STandart Guru Malaysia (SGM). Jurnal Teknologi, 60, 31–37.

J.Supranto. (2016). Statistik Teori & Aplikasi (Adi Maulana (ed.); 8th ed.).

Jamin, H. (2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 19–36. https://mail.ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/112.

Khafidin, D., Diva, S. A., & Sumaji, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Steam Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Volume Kubus Dan Balok Untuk Siswa Sd Kelas V. Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPMAT), 1(1), 101–110. https://conference.umk.ac.id/index.php/snapmat/article/view/386.

Khairul, A., & Sugiri, R. A. H. (2020). Reformasi Pendidikan Islam Masyarakat Daerah Terluar di Indonesia. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara, 1(1), 11–22. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/jlpn/article/view/4822.

Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2018). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Inovasi Pembelajaran. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 3(2), 373–390.

Lavonen, J. (2018). Educating Professional Teacher in Finland through the Cotinous Improvement of Teacher Education Programmes. IntechOpen, 13.

Lucenario, J. L. S., Yangco, R. T., Punzalan, A. E., & Espinosa, A. A. (2016). Pedagogical Content Knowledge-Guided Lesson Study : Effects on Teacher Competence and Students ’ Achievement in Chemistry. Education Research International, 2016.

Martino, L., Luengo, D., & Míguez, J. (2019). Independent Random Sampling Methods. Springer Cham. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-3-319-72634-2.

Mazibe, E. N., Coetzee, C., & Gaigher, E. (2018). A Comparison Between Reported and Enacted Pedagogical Content Knowledge ( PCK ) About Graphs of Motion. 1986.

Niemi, H. (2015). Teacher Professional Development in Finland: Towards a more Holistic Approach. Psychology, Society and Education, 7(3), 279–294. https://doi.org/10.25115/psye.v7i3.519.

Nugroho, A. M., Wardono, W., Waluyo, S. B., & Cahyono, A. N. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif ditinjau dari Adversity Quotient pada Pembelajaran TPACK. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 40–45. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28862.

Nur, H. M., & Fatonah, N. (2022). Paradigma kompetensi guru. Jurnal PGSD Uniga, 1(1), 12–16. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JPGSDU/article/view/1561.

Octofrezi, P. (2020). Menakar Kebijakan Pendidikan Nasional Dan Pendidikan Islam Di Indonesia Era Reformasi (Presiden Habibie Sampai Presiden Jokowi Jilid I). Al-Fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 13–38. https://doi.org/10.54396/alfahim.v2i2.89.

Petrescu, A.-M., Negreanu, M., Drăghicescu, L. M., Gorghiu, G., & Gorghiu, L. M. (2015). Innovative Aspects of the PROFILES Professional Development Programme Dedicated to Science Teachers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 1355–1360. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.578.

Pianda, D. (2018). Best practice: karya guru inovatif yang inspiratif: menarik perhatian peserta didik.

Pratama, B. R., Lutfiyani, N., & Nugrahaini, I. (2015). Pengaruh Prestasi Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl), Penguasaan Kompetensi Profesional, Dan Motivasi Mahasiswa Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Mata Pelajaran Ekonomi/Akuntansi Yang Profesional (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Ta. Jurnal Penelitian Pendidikan, 32(1). https://doi.org/10.15294/jpp.v32i1.5702.

Pratama, I. P. A., Sujana, I. W., & Ganing, N. N. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Project Based Learning pada Materi Keanekaragaman Suku Bangsa di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 317–329.

Purwanto, R. Y. (2017). Urgensi Pedagogical Content Knowledge dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 3(2).

Purwianingsih, W., Rustaman, N. Y., & Redjeki, S. (2006). Pengetahuan Konten Pedagogik (PCK) dan Urgensinya dalam Pendidikan Guru. Jurnal MIPA, 15(2), 87–94.

Rahayu, D., Hawi, A., & Mardeli. (2020). Korelasi antara Pengalaman Mengajar dengan Kompetensi profesional guru PAI di Madrasah Aliyah Negeri 3 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 2(2), 183–201.

Rahman, N. A., Rosli, R., & Rambely, A. S. (2022). Secondary school teachers ’ perceptions of STEM pedagogical content knowledge. Journal on Mathematics Education, 13(1), 119–134.

Revina, S., Pramana, R. P., Fillaili, R., & Suryadarma, D. (2020). Program Rise di Indonesia. Www.Rise.Semeru.or.Id.

Saari, J., Halttunen, T., Brauer, S., & Mäkelä, M. (2021). Validation in Art Teacher and Professional Teacher Education Curricula in Finland. European Journal of Education Studies, 8(11), 1–27. https://doi.org/10.46827/ejes.v8i11.3961.

Saragih, M. G., Saragih, L., Purba, J. W. P., & Panjaitan, P. D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif: Dasar–Dasar Memulai Penelitian.

Sari, I. D. P. A., & Susanto, R. (2022). Kajian Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid-19 terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.

Setiawan, U., Maryani, E., & Nandi, N. (2018). Pedagogical content knowledge (PCK) guru geografi SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(1), 12–21. https://doi.org/10.23887/jiis.v4i1.13943.

Setiawan, Usup, Maryani, E., & Nandi. (2018). Pedagogical Content Knowledge ( PCK ) Guru Geografi SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jiis.v4i1.13943.

Solihin, R., Iqbal, M., & Muin, M. T. (2021). Konstruksi Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 3(2), 85–94. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v3i2.1085.

Suhadi, E., Mujahidin, E., Bahruddin, E., & Tafsir, A. (2014). Pengembangan Motivasi dan Kompetensi Guru dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Madrasah. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 42–60. http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TADIBUNA/article/view/570/0.

Sukaesih, S., Ridlo, S., & Saptono, S. (2017). Analisis kemampuan technological pedagogical and content knowledge (TPACK) calon guru pada mata kuliah PP Bio. Seminar Nasional Pendidikan Sains, 58–64. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/11392.

Sulastri, R. (2016). Kajian Pedagogical Content Knowledge Calon Guru. Jurnal Serambi Ilmu, 17(1). https://doi.org/10.32672/si.v11i1.223.

Susanti, S., Fitria, H., & Puspita, Y. (2020). Pengaruh Kualifikasi Akademik dan Kinerja Guru Terhadap Nilai Siswa. Journal of Education Research, 1(2), 139–145. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.13.

Susanto, A. (2014). Pengembangan pembelajaran IPS di SD.

Tambak, S. (2014). NPendidikan Agama Islam Konsep Metode Pembelajaran PAI (1st ed.). Graha Ilmu.

Veirissa, A. H. (2021). Kualitas Guru di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 4(1), 267–272. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/861.

Wulandari, Y. (2022). Kemenag Beri Tanda Mata Pemda Peduli PPG PAI, Berikut Daftar Pemenangnya. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Yasin, A. F., Tarbiyah, D. F., Islam, U., Maulana, N., & Ibrahim, M. (2011). Guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah ( Studi Kasus di MIN Malang I ). Jurnal EL-QUDWAH, 1(April), 157–181.

Yusuf, Y., Setyorini, R., Rachmawati, R., Sabar, M. P., Tyaningsih, R. Y., Nuramila, M. P., & SAP, M. (2020). Call for book Tema 3 (Media Pembelajaran).

Zulvah, I. (2013). Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Atas. 3, 270–298.

Downloads

Published

2023-02-10

How to Cite

Handayani, P., Iqbal, M., & Kusaeri. (2023). Pedagogical Content Knowledge Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 157–165. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.49929

Issue

Section

Articles