Pendekatan Pembelajaran Diferensiasi dalam Model Inkuiri terhadap Kemampuan Numerasi Siswa

Authors

  • Siti Rahmah Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
  • Azmy Almas Dalila Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
  • Winny Liliawati Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
  • Andhy Setiawan Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.50838

Keywords:

Pendekatan Pembelajaran Diferensiasi, Model Inkuiri, Kemampuan Numerasi

Abstract

Perlu adanya pondasi yang kuat pada kemampuan numerasi siswa, agar siswa dapat memiliki pemahaman konsep yang berguna untuk siswa dapat menyelesaikan suatu permasalahan dalam fisika. Tujuan penelitian adalah menganalisis dampak pendekatan pembelajaran diferensiasi dalam model inkuiri terhadap kemampuan numerasi siswa. Desain penelitian menggunakan metode penelitian campuran (Mixed Methods). Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Sampel berjumlah 82 siswa dari dua kelas, masing-masing kelas berjumlah 41 siswa (kelas eksperimen) dan 41 siswa (kelas kontrol). Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Instrumen kemampuan numerasi yang digunakan berjumlah 6 butir soal dengan bentuk soal 3 butir pilihan ganda dan 3 butir lainnya pilihan ganda kompleks. Data diolah secara statistik. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh dari pendekatan diferensiasi dalam model inkuiri terhadap kemampuan numerasi pada materi Hukum Newton dengan ukuran efek sebesar sebesar 0,5 kategori “sedang” dengan peningkatan sebesar 26%. Pengaruh besar efek serta peningkatan disebabkan karena pendekatan dan model pembelajaran salah satu faktor penting keberhasilan siswa dalam memaksimalkan kemampuannya. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membuat siswa mudah memahami suatu materi pelajaran serta dalam proses pembelajarannya siswa dilibatkan secara aktif untuk mencari informasi dari sumber yang beragam guna mendapatkan jawaban yang sesuai dan benar, seperti materi Hukum Newton.

References

Ain, Q., & Mitarlis, M. (2020). Pengembangan Lkpd Berorientasi Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Literasi Sains Pada Materi Faktorfaktor Yang Mempengaruhi Laju Reaksi. UNESA Journal of Chemical Education, 9(3), 397–406. https://doi.org/10.26740/ujced.v9n3.p397-406.

Budiartini, Arcana, & Margunayasa. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ipa Siswa Kelas V Di SD 7 Datah. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.891.

Bustami, N. H., & Kurniasih, M. D. (2022). Analisis Pendekatan Iceberg melalui Video Pembelajaran untuk Mendukung Kemampuan Numerasi. Jurnal Basicedu, 6(4), 6175–6181. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3192.

Cahyanovianty, A., & Wahidin, W. (2021). Analisis Kemampan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1439–1448. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.651.

Fairuzabadi, A., & Prihandono, T. (2017). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan video berbasis kontekstual dalam pembelajaran IPA pada materi suhu dan pengukurannya di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(1), 100–106. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/4666.

Ferlianti, S., Syamsul Mu’iz, M., & Chandra, D. T. (2022). Penerapan Pembelajaran Diferensiasi dengan Metode Blended Learning’s Station Rotation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Tekanan Hidrostatis. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(3), 266–272. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i3.625.

Gunawan, G., Sahidu, H., Harjono, A., & Suranti, N. M. Y. (2017). Efektivitas Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual terhadap Kreativitas Fisika Peserta Didik. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2). https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13514.

Harni. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya di SD Negeri 2 Uebone. Jurnal Paedagogy, 8(2), 181–189. https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3481.

Juniati, N. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk, 2(12), 20–29. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i12.10315.

Khoury, O. (2022). Perceptions of student-centered learning in online translator training: findings from Jordan. Heliyon, 8(6), e09644. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09644.

Larasati, F. (2018). Student Centered Learning: an Approach To Develop Speaking Skill in Efl Classroom. English Community Journal, 2(1), 153. https://doi.org/10.32502/ecj.v2i1.1004.

Maghfiroh, F. L., Amin, S. M., Ibrahim, M., & Hartatik, S. (2021). Keefektifan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia terhadap kemampuan literasi numerasi siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3342–3351. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1341.

Nuayi, N. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Guided Inquiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Pengetahuan Kognitif Siswa. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.31851/luminous.v1i2.4556.

Putra, I. M. Y. T. (2021). Implementasi pembelajaran flipped classroom berbasis strategi diferensiasi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Indonesian Journal of Educational Development, 2(3), 461–471. https://doi.org/10.5281/zenodo.5681318.

Putra, Margunayasa, & Wibawa. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Peta Pikiran terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10711.

Saprudin, M., & Nurwahidin, N. (2021). Implementasi Metode Diferensiasi dalam Refleksi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(11), 5765–5776. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i11.4562.

Sari, I. S., Lestari, S. R., & Sari, M. S. (2020). Development of A Guided Inquiry-Based E-module on Respiratory System Content Based on Research Results of the Potential Single Garlic Extract (Allium sativum) to Improve Student Creative Thinking Skills and Cognitive Learning Outcome. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 228–240. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.17065.

Sari, N., & Ratu, T. (2021). Pengembangan Media Komik Bermuatan IPA Berbasis Model Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6185 – 6195. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1793.

Sumarni, R. A., Bhakti, Y. B., Astuti, I. A. D., Sulisworo, D., & Toifur, M. (2020). The Development of Animation Videos Based Flipped Classroom Learning on Heat and Temperature Topics. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(3), 304–315. https://doi.org/10.24042/ijsme.v3i2.7017.

Violadini, R., & Mustika, D. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Metode Inkuiri Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1210–1222. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.899.

Winata, A., Widiyanti, I. S., & Cacik, S. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelasikan Permasalahn Science. Jurnal Educatio, 7(2), 498–508. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1090.

Downloads

Published

2022-07-30

How to Cite

Rahmah, S. ., Dalila, A. A. ., Liliawati, W. ., & Setiawan, A. . (2022). Pendekatan Pembelajaran Diferensiasi dalam Model Inkuiri terhadap Kemampuan Numerasi Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 393–401. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.50838

Issue

Section

Articles