Model Project Based Learning dan Dampaknya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa sebagai Calon Guru Madrasah Ibtidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.62361Keywords:
penerapan, project-based learning, kemampuan berpikir kritisAbstract
Ilmu pengetahuan yang terus berkembang saat ini sangat berpengaruh besar terhadap dunia pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan model PjBL terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa sebagai calon guru atau calon pendidik di Madrasah Ibtidaiyah. Jenis penelitian dengan strategi deskriptif, penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif. Pengumpulan data ini menggunakan teknik observasi dan wawancara. Penelitian berperan sebagai instrumen utama dalam pendekatan penelitian kualitatif ini, yang dilakukan langsung di lapangan pada sumber data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menerapkan pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, antara lain pemilihan proyek, penyiapan proyek, penyiapan jadwal pelaksanaan proyek, penyelesaian proyek, penulisan laporan dan publikasi hasil proyek, dan evaluasi proses dan hasil proyek. Mahasiswa melakukan refleksi terhadap hasil produk artikel yang telah dirancang hingga di akhir semester setelah progresnya selesai akan dipublikasikan ke jurnal-jurnal nasional bereputasi, dan nantinya akan menjadi karya tulis ilmiah dalam bentuk artikel hasil dari kerja keras mahasiswa. Pada akhirnya akan terbentuklah pembelajaran project based learning dalam bentuk produk artikel yang dapat menambah pengetahuan serta kemampuan berpikir mahasiswa PGMI sebagai calon pendidik di tingkat pendidikan dasar.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Kharisma Romadhon Madon
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)