Model Project Based Learning dan Dampaknya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa sebagai Calon Guru Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Kharisma Romadhon Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Fitri Yuliawati Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Siti Fatonah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Ummi Atya Nurjanna Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Putri Jannati Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Rusdy Iskandar Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.62361

Keywords:

penerapan, project-based learning, kemampuan berpikir kritis

Abstract

Ilmu pengetahuan yang terus berkembang saat ini sangat berpengaruh besar terhadap dunia pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan model PjBL terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa sebagai calon guru atau calon pendidik di Madrasah Ibtidaiyah. Jenis penelitian dengan strategi deskriptif, penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif. Pengumpulan data ini menggunakan teknik observasi dan wawancara. Penelitian berperan sebagai instrumen utama dalam pendekatan penelitian kualitatif ini, yang dilakukan langsung di lapangan pada sumber data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menerapkan pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, antara lain pemilihan proyek, penyiapan proyek, penyiapan jadwal pelaksanaan proyek, penyelesaian proyek, penulisan laporan dan publikasi hasil proyek, dan evaluasi proses dan hasil proyek. Mahasiswa melakukan refleksi terhadap hasil produk artikel yang telah dirancang hingga di akhir semester setelah progresnya selesai akan dipublikasikan ke jurnal-jurnal nasional bereputasi, dan nantinya akan menjadi karya tulis ilmiah dalam bentuk artikel hasil dari kerja keras mahasiswa. Pada akhirnya akan terbentuklah pembelajaran project based learning dalam bentuk produk artikel yang dapat menambah pengetahuan serta kemampuan berpikir mahasiswa PGMI sebagai calon pendidik di tingkat pendidikan dasar.

Published

2023-12-29

How to Cite

Romadhon, K. ., Yuliawati, F., Fatonah, S. ., Nurjanna, U. A. ., Jannati, P. ., & Iskandar, R. . (2023). Model Project Based Learning dan Dampaknya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa sebagai Calon Guru Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(3). https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.62361