Model Project Based Learning dan Dampaknya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa sebagai Calon Guru Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Kharisma Romadhon Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Fitri Yuliawati Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Siti Fatonah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Ummi Atya Nurjanna Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Putri Jannati Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Rusdy Iskandar Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.62361

Keywords:

penerapan, project-based learning, kemampuan berpikir kritis

Abstract

Ilmu pengetahuan yang terus berkembang saat ini sangat berpengaruh besar terhadap dunia pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan model PjBL terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa sebagai calon guru atau calon pendidik di Madrasah Ibtidaiyah. Jenis penelitian dengan strategi deskriptif, penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif. Pengumpulan data ini menggunakan teknik observasi dan wawancara. Penelitian berperan sebagai instrumen utama dalam pendekatan penelitian kualitatif ini, yang dilakukan langsung di lapangan pada sumber data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menerapkan pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, antara lain pemilihan proyek, penyiapan proyek, penyiapan jadwal pelaksanaan proyek, penyelesaian proyek, penulisan laporan dan publikasi hasil proyek, dan evaluasi proses dan hasil proyek. Mahasiswa melakukan refleksi terhadap hasil produk artikel yang telah dirancang hingga di akhir semester setelah progresnya selesai akan dipublikasikan ke jurnal-jurnal nasional bereputasi, dan nantinya akan menjadi karya tulis ilmiah dalam bentuk artikel hasil dari kerja keras mahasiswa. Pada akhirnya akan terbentuklah pembelajaran project based learning dalam bentuk produk artikel yang dapat menambah pengetahuan serta kemampuan berpikir mahasiswa PGMI sebagai calon pendidik di tingkat pendidikan dasar.

References

Agasi, D., & Desyandri. (2022). Integrated Thematic Teaching Materials with PjBL Based on Book Creator Application in Grade IV Elementary School. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(4), 575–583. https://doi.org/10.23887/jisd.v6i4.52970.

Aliriad, H., Soegiyanto, S., Setijono, H., & Sulaiman, S. (2023). Effect of the Project-based Learning Model, Age, and Motor Educability on Fundamental Motor Skills in Early Children. Health Education and Health Promotion, 11(1), 125–131. https://doi.org/10.58209/hehp.11.1.125.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Antika, R. N., & Nawawi, S. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Pada Mata Kuliah Seminar Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(1), 72–79.

Ariani, T. (2020). Analysis of Students’ Critical Thinking Skills in Physics Problems. Physics Educational Journal, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.37891/kpej.v3i1.119.

Astiwi, K. P. T., Antara, P. A., & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD pada Mata Pelajaran PPKn. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 461–469. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.

Dewi, N. K. N. A., Garminah, N. N., & Pudjawan, K. (2013). Pengaruh model pembelajaran berbasis poyek (project based learning) terhadap hasil belajar ipa siswa kelas IV SDN 8 Banyuning. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.674.

Fauzia, N. L. U., & Kelana, J. B. (2021). Natural Science Problem Solving in Elementary School Students Using the Project Based Learning (PjBL) Model. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(4), 596–603. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i4.28377.

Garaika, G., & Darmanah, D. (2019). Metodologi Penelitian. CV. Hira Tech.

Hartono, D. P., & Asiyah, S. (2018). PjBL untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa: Sebuah Kajian Deskriptif tentang Peran Model Pembelajaran PjBL dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang, 2(1). https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosiding/article/view/2694.

Mahendra, I. W. E. (2017). Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika dalam Pembelajar Matematika. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 106–114. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9257.

Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif. Zifatama Publishing.

Mulia, F., & Mustadi, A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pgsd Pada Mata Kuliah Pendidikan Ipa Menggunakan Model Project-Based Learning. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(1), 52–63. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/view/7441.

Nurrohmi, Y., Utaya, S., & Utomo, D. H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(10), 1308–1314. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i10.10062.

Nusa, J. G. N. (2021). Efektivitas Model Project Based Learning Pada Mata Kuliah Vulkanologi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(2). https://doi.org/10.36312/jime.v7i2.2041.

Oktaviyanti, I., & Novitasari, S. (2019). Analisis Penerapan Problem Based Learning pada Mata Kuliah Pendidikan IPS. Musamus Journal of Primary Education, 2(1). https://doi.org/10.35724/musjpe.v2i1.1945.

Pohan, R. F., & Rambe, M. R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Kimia Teknik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik UGN Padangsidimpuan Tahun Akademik 2020/2021. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(1). https://doi.org/10.53299/jagomipa.v2i1.138.

Pratama, H., & Prastyaningrum, I. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 6(2). https://doi.org/10.26740/jpfa.v6n2.p44-50.

Purwaningsih, E., Sari, S. P., Sari, A. M., & Suryadi, A. (2020). The Effect Of Stem-Pjbl And Discovery Learning On Improving Students ’ Problem-Solving Skills Of The Impulse And Momentum Topic. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(4), 465–476. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i4.26432.

Rezkillah, I. I., & Haryanto, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terintegrasi High Order Thinking Skill terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Percaya Diri. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.17322.

Rochim, R. A., Prabowo, P., & Budiyanto, M. (2021). Analisis Kebutuhan Perangkat Pembelajaran Model PjBL Terintegrasi STEM Berbasis E-Learning di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(6), 5370 – 5378. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1655.

Rukin. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. CV Jakad Media Publishing.

Safrida, L. N., Ambarwati, R., Adawiyah, R., & Albirri, E. R. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v6i1.5095.

Sari, A. M., Suryana, D., Bentri, A., & Ridwan, R. (2023). Efektifitas Model Project Based Learning (PjBL) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Basicedu, 7(1), 432–440. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4390.

Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548.

Sari, S. P., Manzilatusifa, U., & Handoko, S. (2019). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 5(2).

Sholihah, F. N., & Pertiwi, N. A. (2019). Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Matakuliah Dasar-Dasar Sains. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 4(02). https://doi.org/10.33503/ebio.v4i02.448.

Sugiyono, S. (2022). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Alfabeta.

Sulaiman, A., & Azizah, S. (2020). Problem-Based Learning to Improve Critical Thinking Ability in Indonesia: A Systematic Literature Review. Jurnal Pedagogik, 07(01).

Susanto, E., Susanta, A., & Rusdi. (2020). Efektivitas Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 5(1). https://doi.org/10.31949/th.v5i1.2219.

Sutamrin, S., & Khadijah, K. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Project Based Learning Aljabar Elementer. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.46918/equals.v4i1.892.

Suyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Tarigan, S. (2021). Meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia siswa melalui penerapan pembelajaran berbasis proyek. Indonesian Journal of Educational Development, 2(1), 148–157. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781878.

Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa. EduTech, 5(1), 84–88.

Wibowo, A., Armanto, D., & Lubis, W. (2022). Evaluasi Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Materi Bangun Ruang Kelas V Sekolah Dasar Dengan Model CIPP. Journal of Educational Analytics, 1(1), 27–40. https://doi.org/10.55927/jeda.v1i1.424.

Yamin, Y., Permanasari, A., Redjeki, S., & Sopandi, W. (2020). Project Based Learning to Enhance Creative Thinking Skills of Non-Science Students. JHSS (Journal Of Humanities And Social Studies), 4(2), 107–111. https://doi.org/10.33751/jhss.v4i2.2450.

Zainudin, & Wijayanti, R. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika pada masa pandemi covid-19 berbasis keterampilan berpikir. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 3(1), 43–49. http://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/eduproxima%0APENGEMBANGAN.

Zamzam, K. F. (2016). Pendekatan Problem Based Learning untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.261.

Zanthy, L. S. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Ditinjau Dari Latar Belakang Pilihan Jurusan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Di Stkip Siliwangi Bandung. Teorema: Jurnal Teori Dan Riset Matematika, 1(1), 47. https://doi.org/10.25157/.v1i1.540.

Zega, A. (2021). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) dalam Mata Kuliah Konstruksi Bangunan Pada Mahasiswa Prodi Teknik Bangunan IKIP Gunungsitoli. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 622–626. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1884.

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Romadhon, K. ., Yuliawati, F., Fatonah, S. ., Nurjanna, U. A. ., Jannati, P. ., & Iskandar, R. . (2023). Model Project Based Learning dan Dampaknya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa sebagai Calon Guru Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(3), 483–492. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.62361