Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.63852Keywords:
kondisi sosial ekonomi, motivasi belajar, hasil belajar bahasa IndonesiaAbstract
Rendahnya hasil belajar bahasa Indonesia disebabkan oleh kondisi sosial ekonomi tidak stabil dan motivasi belajar rendah. Penelitian ini bertujuan menganalisis kondisi sosial ekonomi keluarga dan motivasi belajar terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Penelitian ini berjenis ex post facto dengan jumlah sampel 300 siswa menggunakan proportional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Instrumen penelitian telah melewati uji validitas dan reliabilitas. Data penelitian diuji melalui deskripsi dan uji inferensial. Uji deskripsi membahas nilai rata-rata, nilai terendah, dan nilai tertinggi yang selanjutnya dilakukan uji prasyarat (normalitas, linieritas, dan multikolinieritas). Pengujian hipotesis dengan analisis jalur. Hasil penelitian menyatakan kondisi sosial ekonomi berpengaruh positif terhadap motivasi belajar, kondisi sosial ekonomi berpengaruh secara positif terhadap hasil belajar, motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar, kondisi sosial ekonomi berpengaruh secara tidak langsung terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar. Kesimpulannya terdapat pengaruh kondisi sosial ekonomi keluarga dan motivasi belajar terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Implikasi penelitian diharapkan dapat berkontribusi positif bagi pembelajaran bahasa Indonesia.
References
Angreini, D., Muhiddin, M., & Nurlina, N. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Bontoramba. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.199.
Apriyani, L., Rabani, L., & M, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Narasi Melalui Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (Pq4r) Siswa Kelas Vb Sdn 4 Ranomeeto. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 18. https://doi.org/10.36709/jipsd.v2i1.13694.
Aqfir, & Bustam. (2020). Pengaruh Sarana Prasarana Pendidikan, Proses Pembelajaran Dan Kompetensi Dosen Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (Stie) Mujahidin Tolitoli. Jurnal Actual Organization Of Economy, 1(1).
Asmariati, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Urnal Kinerja Kependidikan (JKK), 2(4), 722–745. https://doi.org/http://ojs.serambimekkah.ac.id/JKK/article/view/2455.
Asmawiyah, A. (2021). Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19. Journal of Economic, Public, and Accounting (JEPA), 4(1), 13–22. https://doi.org/10.31605/jepa.v4i1.1219.
Budiariawan, I. P. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan KImia Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.23887/jpk.v3i2.21242.
Dharmayanti, I., Tjandrarini, D. H., Hidayangsih, P. S., & Nainggolan, O. (2018). The Impact of Environmental Health and Socio-economic Condition on Mental Health in Indonesia. Jurnal Ekologi Kesehatan, 17(2), 64–74. https://doi.org/10.30871/jaic.v2i1.904.
Fatonah, A. D. I., Purnomo, A., & Salam, R. (2019). Efektivitas Pemberian Reward dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Kelas VII Mts. Negeri Margadana Kota Tegal. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 1(2), 169–173. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v1i2.36423.
Gan, Y., & Bilige, S. (2019). Parental involvement in home-based education and children’s academic achievement in China. Social Behavior and Personality, 47(12). https://doi.org/10.2224/SBP.8491.
Hadi, N. U., & Murti, T. K. (2019). Analisis Biaya Pendidikan dan Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Keputusan Siswa Memilih Sekolah di SMP Negeri 1 Karangrejo Tahun Ajaran 2017/2018. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 7(1), 32–39. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v7i1.3839.
Hakim, M. F. al, & Azis, A. (2021). Peran Guru dan Orang Tua: Tantangan dan Solusi dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemic COVID-19. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 4(1). https://doi.org/10.24815/jr.v4i1.19677.
Hapsari, P., & Yusuf, S. M. (2021). Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa. JIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1. https://doi.org/10.21154/jiipsi.v1i2.255.
Huda, F. A., Thoharudin, M., & Sore, A. D. (2019). Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan se-Kota Sintang. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10(1), 66–77. https://doi.org/10.31932/ve.v10i1.326.
Irawati, I., Nasruddin, & Ilhamdi, M. L. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal PIJ, 16(1), 44–48. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2202.
Jannah, N., & Umam, K. (2021). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga di Masa Pandemi Covid-19. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 12(1), 95–115. https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i1.460.
Khairoes, D., & Taufina, T. (2019). Penerapan Storytelling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1038–1046. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.220.
Kurniawati, Z., & Sakdiyah. (2020). Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa FKIP Ekonomi Universitas Syiah Kuala. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi, 2(1), 1–5. Retrieved from http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-ekonomi/index.
Lumbantobing, W. L., & Purnasari, P. D. (2021). Pengaruh Peran Orang Tua Terhadap Motivasi Dan Disiplin Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Selama Pandemi Di Wilayah Perbatasan. Sebatik, 25(2), 555–561. https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1653.
Maksudah, N. (2019). Effect of Socio-Economic Conditions Parents on Learning Outcomes Islamic Religious Education. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 100–115. https://doi.org/10.26618/jtw.v4i02.2233.
Maulida, I., & Aminah, M. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar pada Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris dalam Kurikulum 2013. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 59–63. https://doi.org/10.35569/biormatika.v6i1.684.
Mulya, G., & Lengkana, A. S. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani. COMPETITOR: Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 12(2), 83. https://doi.org/10.26858/cjpko.v12i2.13781.
Ningsih, S. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Paired Storytelling Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V MI Nurul Qur’an Tahun Pelajaran 2019/2020. Journal of Chemical Information and Modeling, 21(1), 1–9. https://doi.org/10.1016/j.tmaid.2020.101607.
Nisa, K., & Sujarwo, S. (2020). Efektivitas Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 229. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.534.
Noervadila, & Misriyati. (2020). Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas X IPS Semester Genap Di MA Fathus Salafi Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal IKA : Ikatan Alumnus PGSD UNARS, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.582.
Oktaviyanti, I., Jiwandono, I. S., Nurhasanah, Khair, B. N., Ratnadi, & Affandi, L. H. (2020). Worksop Penyusunan Rancangan Pembelajaran Model Mind Mapping Untuk Sd Negeri 3 Midang. Jurnal Pepadu, 1(3), 298–306. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jurnalpepadu.v1i3.113.
Prasetyo, A. A., & Nabillah, T. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomadika, 2(1c), 659–663. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685.
Pratiwi, B., & Hapsari, K. P. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pemanfaatan YouTube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 136–143. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24238.
Pratiwi, N. P. T. W. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kecerdasan Spiritual pada Prestasi Belajar Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Widya Akutansi Dan Keuangan, 1(2), 1–14. https://doi.org/10.32795/widyaakuntansi.v1i2.375.
Pujiasih, E. (2020). Membangun Generasi Emas Dengan Variasi Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 42–48. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136.
Rahman, Y. (2018). Pengaruh Manajemen Pembelajaran Full Day School Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 1. https://doi.org/10.37729/jpse.v4i1.4887.
Risvanelli. (2017). Peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Kelas V Menggunakan Pendekatan Value Clarification Technique (VCT) Pada Pembelajaran PKn di SDN 24 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(2), 44–56. https://doi.org/10.29210/02017116.
Rosmalina, D., & Zulyanty, M. (2019). Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Unggul. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(I), 64–75. https://doi.org/http://online-journal.unja.ac.id/index.php/gentala.
Rudisa, R., Elpisah, E., Fahreza, M., & Yahya, M. (2021). Pengaruh Pendidikan Karakter dan Kondisi Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(6), 6227 – 6235. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1804.
Salim, M. R. (2019). Penerapan Metode Story Telling untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD GMIH L.O.C Kabupaten Pulau Morotai. Jurnal Mitra Pendidikan, 3(7), 921–935.
Samrin, A., Syahrul, S., Kadir, S. F., & Maknun, D. R. L. (2020). Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi terhadap Motivasi Belajar Siswa. Shautut Tarbiyah, 26(2). Retrieved from https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/shautut-tarbiyah/article/view/2400.
Sandri, D., Isnaniah, & Tisnawati, T. (2022). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Vi Sd. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(4), 1065. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8577.
Sanjani, M. A. (2020). Tugas dan Peranan Guru dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 6(1), 35–42. https://doi.org/10.37755/sjip.v6i1.287.
Setiawan, I. M. D., & Permana, I. K. P. (2021). Dampak Media Pembelajaran Daring Berbantuan Video Animasi 2D pada Mata Kuliah Matematika. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 484. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.38649.
Sidik, R. (2019). Pengaruh Status Sosial Dan Kondisi Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa. Phinisi Integration Review, 2(2), 313. https://doi.org/10.26858/pir.v2i2.10085.
Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 48–56. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347.
Susanti, R. (2021). Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 4(2), 353–363. https://doi.org/10.31539/joeai.v4i2.2982.
Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., … Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415.
Syahrul, & Nurhafizah. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683–696. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792.
Urfatullaila, L., Rahmawati, I., Lestari, H., & Ismail, Z. (2021). Pengaruh Motivasi Intrinsik terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas V di MI Al Azkia Tenjolaya Bogor. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 3(1), 14–23. https://doi.org/10.47476/as.v3i1.225.
Wahidin. (2019). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Pancar, 3(1), 232–245. Retrieved from https://ejournal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/291.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhtar Syamsul Hadi, I Wayan Artanayasa, I Made Sugiarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)