Strategi Peran Guru Terhadap Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah Keatas
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v8i2.73973Keywords:
Kreativitas, Peran Guru, Siswa, StrategiAbstract
Kurang diperhatikannya kegiatan pembelajaran mengakibatkan kurang berkembangnya kreativitas siswa. Tujuan artikel ini adalah menganalisis strategi guru dalam meningkatkan kreativitas siswa Tingkat menengah atas. Metode penelitian ini menggunakan mix methods yaitu penelitian kuantitatif variabel kreativitas menggunakan skala RIB (Runco Ideational Behaviour Scale), dengan instrumen yang digunakan yakni kuesioner dengan variabel peran guru skala dengan metode penilaian skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji linieritas, uji korelasi product moment dan uji korelasi ganda. Metode selanjutnya kualitatif dekriptif dan analisis regresi linear yang digunakan dengan bantuan aplikasi SPSS ditunjang dengan wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI dan XII. Hasilnya yakni upaya guru dalam meningkatkan kreativitas diantaranya peran guru sebagai sebagai Inspirator, dimana peran guru membantu siswa dalam membuka fikirannya untuk lebih terbuka dalam pengambilan keputusan. Kedua peran guru sebagai motivator yang dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan siswa dapat memahami tindakan apa yang harus dilakukan. Ketiga guru sebagai organisator dan pengelola kelas harus mampu menjadikan suasana kelas yang menyenangkan dengan memanfaatkan sarana prasarana, media dan sistem pembelajaraan yang sesuai bagi siswa. Implikasi yang didapatkan yakni guru-guru memiliki cara khusus untuk mengeksplore kreativitas siswa.
References
Agung, D. F., & Alizamar. (2019). Peran Guru Bimbingan dan Konseling Terhadap Kreativitas Anak Berbakat. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 4(2). https://doi.org/10.23916/08404011.
Aisyah. (2021). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 03(02), 46–54. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol3.no02.a4893.
Amiruddin, & Zulfan Fahmi. (2022). Peran Guru Sebagai Motivator Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Al-Fikrah, 11(1), 29–44. https://doi.org/10.54621/jiaf.v11i1.259.
Arafah, A., & Pohan, S. (2023). Peran Guru Agama dalam Pengembangan Kreativitas Siswa di Anuban Muslim Songkhla School. Journal on Education, 5(3), 6263–6276. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1399.
Crisvin, Asbari, M., & Chiam, J. V. (2023). Innovate to Liberate : Akselerasi Kreativitas Siswa dalam Pendidikan. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 02(05), 8–12. https://doi.org/10.4444/jisma.v2i5.424.
Diani, A. A., & Sukartono. (2022). Peran Guru dalam Penilaian Autentik pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 6(3), 4351–4359. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2831.
Estheriani, N. G. N., & Muhid, A. (2020). Pengembangan Kreativitas Berpikir Siswa Di Era Industri 4.0 Melalui Perangkat Pembelajaran Dengan Media Augmented Reality. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 22(2), 118. https://doi.org/10.26486/psikologi.v22i2.1206.
Febry, O., San, D. E., & Muhid, A. (2022). Pendekatan Pembelajaran Heutagogy untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa: Systematic Literature Review. Lectura : Jurnal Pendidikan, 13(2), 206–220. https://doi.org/10.31849/lectura.v13i2.10532.
Febry, O., Santi, D. E., & Muhid, A. (2022). Pendekatan Pembelajaran Heutagogy untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa: Systematic Literature Review. Lectura: Jurnal Pendidikan, 13(2), 206–220. https://doi.org/10.31849/lectura.v13i2.10532.
Feri, A., & Zulherman, Z. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Nearpod. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 418. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.33127.
Gunawan, H. M., & Aziz, R. (2018). Mengapa Kepercayaan Diri Mempengaruhi Kemampuan Menulis Kreatif Siswa? Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 15(2), 7. https://doi.org/10.18860/psi.v15i2.6738.
Harry Sugara, F. M. (2020). Peran Guru Ppkn Dalam Membangun Karakter Bangsa Sebagai Respon Dan Tantangan Abad Ke-21. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(29), 16–30. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no29.a2266.
Kartiwan, C. W., Alkarimah, F., & Ulfah. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 239–246. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.59576.
Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2018). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Inovasi Pembelajaran. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 3(2), 373–390. https://doi.org/10.25217/ji.v3i2.348.
Kurniati, T., & Wiyani, N. A. (2022). Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 182. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.41411.
Machmudah, A., & Siswono, T. Y. E. (2019). Fleksibilitas Siswa Dalam Mengajukan Masalah Matematika. MATHEdunesa, 8(2), 350–356. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v8n2.p350-356.
Naqiyah, N., Mariana, N., & Khusumadewi, A. (2022). Peran Guru Sebagai Model, Inspirasi dan Motivator, Ramah Budaya Untuk Membimbing Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Peduli Masyarakat, 4(4), 733–742. https://doi.org/10.37287/jpm.v4i4.1412.
Pradina, Q., Faiz, A., & Yuningsih, D. (2021). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4118–4125. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1294.
Puspitasari, Q. D., & Wibowo, A. (2021). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Kelas IV di SD Negeri Plebengan Bambanglipuro. Pelita : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.56393/pelita.v1i1.105.
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082.
Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 49. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14954.
Ramadhan, D. A., & Muhroji. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 6(3), 4855–4861. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2960.
Rizko, U., Islam, M. H., & Badruttamam, C. A. (2023). Implementasi Caseme P3 pada Pelajaran Matematika dengan Menggunakan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 21–30. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.346.
Romanti, S., & Rohita, R. (2021). Peran Guru Meningkatkan Kemampuan Anak Dalam Memecahkan Masalah Di Sentra Bahan Alam. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(1), 1. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i1.587.
Sanjani, M. A. (2020). Tugas dan Peranan Guru dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 6(1), 35–42. https://doi.org/10.37755/sjip.v6i1.287.
Saputri, F. H., & Putra, G. A. I. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Indonesia Berbasis Game Edukasi Untuk Siswa Kelas 7 Madrasah Tsanawiyah Al-Hafizh Rajeg. G-Tech : Jurnal Teknologi Terapan, 8(1). https://doi.org/10.33379/gtech.v8i1.3448.
Sarumaha, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Bamboo Dancing Terhadap Kreativitas Siswa. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 15–37. https://doi.org/10.54367/aquinas.v4i1.956.
Solihin, E., Giatman, M., & Ernawati, E. (2021). Dampak Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah pada Kepuasan Pekerjaan Guru dan Motivasi Kerja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 279–286. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.34420.
Suhandi, A. M., & Robi’ah, F. (2022). Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis PeranGuru dalam Kebijakan Kurikulum Baru. JURNAL BASICEDU, 1(3), 5936–5945. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53.
Tubagus Rahman, Nia Kurniasih, & Iis Aisyah. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Tabung Angka Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. JoEE: Journal of Earlychildhood Education, 2(2), 85–96. https://doi.org/10.54438/joee.v2i2.253.
Utami, F. N. (2020). Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 93–100. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.91.
Widayati, S. (2019). Peranan Guru Dalam Pembelajaran Bahasa. Edukasi Lingua Sastra, 17(1), 1–14. https://doi.org/10.47637/elsa.v17i1.101.
Wildayanti, W., Asrin, A., & Husniati, H. (2022). Hubungan Keterampilan Guru Mengelola Kelas dalam Pembelajaran dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di SDN Gugus Campa Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 600–604. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.552.
Wulandari, A. S., Suardana, I. N., & Devi, N. L. P. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas Siswa SMP Pada Pembelajaran IPA. JPPSI: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 2(1), 47–58. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i1.17222.
Yanditini, N. K. A., & Wiyasa, I. K. N. (2021). Hubungan Self Esteem dan Motivasi Berprestasi dengan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 105–114. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32230.
Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Afiful Aziz, Faiqotul Himmah, Risma Ana Wahdati, Rahmat Aziz
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)