Model Discovery Learning Menggunakan Media Smart Pop Up Book Terhadap Kemampuan Menulis Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v8i2.77930Keywords:
Discovery Learning, Smart Pop Up Book, Kemampuan menulis, Sekolah DasarAbstract
Saat ini masih banyak siswa yang tidak memiliki keterampilan menulis yang ditandai dengan hasil belajar siswa yang rendah. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran dan media pembelajaran yang digunakan kurang tepat sehingga berdampak pada keterampilan menulis siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh Model Discovery Learning Menggunakan Media Smart Pop Up Book terhadap kemampuan menulis siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif desain penelitian menggunakan model eksperimen. Desain eksperimen yang diterapkan dalam penelitian ini adalah desain quasi eksperimen dengan kelompok kontrol non-ekuivalen. Populasi penelitian ini yaitu berjumlah 41 siswa. Teknik sampling yang diterapkan pada studi ini adalah Purposive Sampling. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu soal tes. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis deskriptif kuantitatif, serta statistik inferensial. Hasil penelitian yaitu terdapat perbedaan yang signifikan dalam keterampilan menulis siswa setelah menggunakan model Discovery Learning berbantuan media Smart Pop Up Book. Perbandingan Pre-test idan iPost-Test kelas eksperimen menunjukkan perbedaan dengan kategori tinggi. Selain itu, perbandingan Post-test eksperimen dan Post-test control terhadap pengaruh model pembelajaran dengan kategori sedang. Disimpulkan penerapan teknologi digital pada media Smart Pop-Up Book yang diintegrasikan dengan Model Discovery Learning berdampak pada antusias siswa dalam kegiatan belajar.
References
Aeni, E. S., & Lestari, R. D. (2018). Penerapan Metode Mengikat Makna dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Mahasiswa IKIP Siliwangi Bandung. Sematik, 7(1), 1–13. https://doi.org/10.22460/semantik.vXiX.XXX.
Alviolita, N. W., & Huda, M. (2019). Media Pop Up Book dalam Pembelajaran Bercerita. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 49–57. https://doi.org/10.30659/j.7.1.49-57.
Anggraini, D. T., & Efendi, U. (2022). Penggunaan Media Pop-Up Book terhadap Keterampilan Membaca dan Menulis Peserta Didik Kelas I SD. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 9(1), 19–30. https://doi.org/10.24042/terampil.v9i1.9602.
Ansoriyah, S., & Rahmat, A. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Populer Mahasiswa Melalui Pendekatan Whole Language Dengan Pembuatan Media Story Board. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.21009/AKSIS.020103.
Ari Cahyani, N. W. S. Y., Ganing, N. N., & Putra, I. K. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Consept Sentence Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(2), 203. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17909.
Ariana, D., Situmorang, R. P., & Krave, A. S. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning Pada Materi Jaringan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas Xi Ipa Sma. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 11(1), 34. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.31381.
Arida, E., Susetyo, S., & Yulistio, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Persuasi dengan Menggunakan Teknik Pemodelan Siswa Kelas VIII SMPN L Sidoharjo Kabupaten Musi Rawas. Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1). https://doi.org/10.33369/diksa.v6i1.9688.
Arifah, B. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Scientific Berbasis E-Book Pada Materi Rangkaian Induktor Terhadap Hasil Belajar Siswa. JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 2. https://doi.org/10.25273/jupiter.v2i2.1795.
Astari, F. A., Suroso, S., & Yustinus, Y. (2018). Efektifitas Penggunaan Model Discovery Learning Dan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 3 Sd. Jurnal Basicedu, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.20.
Augustha, A., Susilawati, S., & Haryati, S. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Discovery Learning Menggunakan Aplikasi Ado. Journal of Research and Education Chemistry, 3(1), 28. https://doi.org/10.25299/jrec.2021.vol3(1).6485.
Azmussya’ni, & Wangid, M. N. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Menggunakan Pendekatan Proses Dengan Media Gambar Di Sdn 3 Sakra. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2640.
Budiani, L. S., Sutisnawati, A., & Maula, L. H. (2023). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Penggunaan Media Diorama di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan FKIP UNMA, 9(2). https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4865.
Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 32(1). https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12808.
Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 67–75. https://doi.org/10.21009/pip.321.8.
Dafitri, R. S., Hasrul, H., Rafni, A., & Bakhtiar, Y. (2022). Implementasi Program Merdeka Belajar melalui Profil Pelajar Pancasila di SMKN 1 Sijunjung. Journal of Education, Cultural and Politics, 2(2), 175–184. https://doi.org/10.24036/jecco.v2i2.65.
Darmawati, A. Z., Yuliana, R., & Tisnasari, S. (2021). Developing Bilingual Pop-Up Book Media on the Material About Ayam Jago Baru Fairy Tales for Students’ Speaking Skills. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 16. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i1.8044.
Darnis. (2018). Aplikasi Montessori Dalam Pembelajaran Membaca, Menulis Dan Berhitung Tingkat Permulaan Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/10.31326/jcpaud.v1i01.3.
Ekowati, D. W., Yayuk, E., & Wahyuni, S. (2021). Gerakan Literasi Sekolah Selama Belajar Dari Rumah Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jp2Sd (Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 9(2), 198–207. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v9i2.18262.
Fadzilah, F., Royana, I. F., & Handayani, D. E. (2019). Pengembangan Media Pop Up Book pada Pembelajaran Tema VI Cita-Citaku Subtema I Aku dan Cita-citaku. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 223–230. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19258.
Fajrudin, L., Rahmat, K. N. A., Saefulloh, F., Fajari, L. E. W., Sa’diyah, H., & Aini, S. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning di Kelas V Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v11i1.71765.
Fitri, M., & Afnita. (2020). Korelasi keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 11 Padang. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 26(2), 77–81. https://doi.org/10.24114/jpbp.v26i2.17925.
Gulo, A. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ekosistem. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 307–313. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.54.
Haidari, S. M., Yelken, T. Y., & Akay, C. (2019). Technology-enhanced self-directed language learning behaviors of EFL student teachers. Contemporary Educational TechnologyEducational Technology. https://doi.org/10.30935/cet.590003.
Imawati, S., Meliyana, D., Yusuf, N., & Santoso, G. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan, 14(2), 111–120. https://doi.org/10.31603/edukasi.v14i2.8060.
Intan, N., & Syahrul. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 4 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(1), 143. https://doi.org/10.24036/108275-019883.
Jayanti, D., Septiani, J. I., Sayekti, I. C., Prasojo, I., & Yuliana, I. (2021). Pengenalan game edukasi sebagai digital learning culture pada pembelajaran sekolah dasar [Introduction of educational games as digital learning culture in elementary school learning]. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 184–193. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.15735.
Jultia, W. O., Sahlan, & Hanafi, F. (2019). Kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Duruka. Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra), 4(3). https://doi.org/10.36709/jb.v4i3.10754.
Khamidah, N., Winarto, W., & Mustikasari, V. R. (2019). Discovery Learning : Penerapan dalam pembelajaran IPA berbantuan bahan ajar digital interaktif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(1), 87. https://doi.org/10.31331/jipva.v3i1.770.
Khoridah, F., Prasetiyawati, D., & Baedowi, S. (2019). Analisis Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam Kemampuan Menulis Permulaan. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(3), 396–403. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19899.
Krisnawati, V., & Marahayu, N. M. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Model Bengkel Sastra melalui Media Kotak Gambar Ajaib. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(1), 12–27. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i1.10470.
Kuswanto, J., & Walusfa, Y. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology IJCET, 6(2), 58–64. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19335.
Mariantini, L., Wibawa, I. M. C., & Suarjana, I. M. (2022). Media Buku Pintar Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Dasar Siswa Kelas I Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(3), 550–558. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.49510.
Maryono, Pamela, I. S., & Budiono, H. (2021). Implementasi Literasi Baca Tulis dan Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 491–498. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1707.
Masturah, E D, & Mahadewi, L. P. P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH …, 6, 212–221. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20294.
Masturah, Elisa Diah, Mahadewi, P. P., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Univrsitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 212–221. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20294.
Mudiono, A. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Model Cooperative Integreted Reading And Composition Di Sekolah Dasar. Retorika Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 8(1). https://doi.org/10.26858/retorika.v8i1.506.
Mulyanto, B. S., Sadono, T., Koeswanti, H. D., Dasar, S., Wonodoyo, N., Tengah, J., Kristen, U., Wacana, S., & Tengah, J. (2020). Evaluation of Critical Thinking Ability with Discovery Lerning Using Blended Learning Approach in Primary School. Journal of Educational Research and Evaluation, 9(2), 78–84. https://doi.org/10.15294/jere.v9i2.46135.
Nazaruddin, M. A., & Efendi, M. (2018). The Book of Pop Up Augmented Reality to Increase Focus and Object Recognition Capabilities for Children with Autism. Journal of ICSAR, 2(1), 9–14. https://doi.org/10.17977/um005v2i12018p009.
Pahriadi, Rizal, S., & Lapasere, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Pop-Up Book Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar IPA SDN 4 Banawa. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 8(1), 24–31. https://doi.org/10.30596/edutech.v8i1.9344.
Palgunadi, N. P. P. D., Sudiarta, I. G. P., & Ardana, I. Ma. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran ALC berbasis E-Modul Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Masa. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 9(2), 114–125. https://doi.org/10.25273/jipm.v9i2.8286.
Putri, N. M. C. D., Ardana, I. K., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17471.
Putri Pratiwi, D. A. (2018). Hubungan Antara Minat Membaca Dengan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas V Sd Gugus Vii Mengwi Tahun Ajaran 2017/2018. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(1), 43–51. https://doi.org/10.23887/jlls.v1i1.14626.
Rahayu, I. P., Christian Relmasira, S., & Asri Hardini, A. T. (2019). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Tematik. Journal of Education Action Research, 3(3), 193. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17369.
Rahmawati, D. I., & Rukiyati, R. (2018). Developing Pop-Up Book Learning Media to Improve Cognitive Ability of Children. 4th International Conference on Early Chilhood Education, 249(Secret), 60–69. https://doi.org/10.2991/secret-18.2018.10.
Roysa, M. (2015). Kemampuan Menulis Cerpen Dengan Perlakuan Model Pengajaran Tidak Langsung Dan Model Kooperatif Integratif Pada Siswa Sma Dilihat Dari Tingkat Kemandirian Siswa. Refleksi Edukatika, 4(2), 1–13. https://doi.org/10.24176/re.v4i2.418.
Rudiawan, R., & Cahyono, H. (2022). Praktik Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri Tulakan Pacitan. JPK: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(2). https://doi.org/10.24269/jpk.v7.n2.2022.pp23-35.
Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran Guru Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Melalui Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356–1364. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.938.
Sahara, A., & Silalahi, B. R. (2022). Pengembangan Media Pop Up Book Sebagai Media Pembelajaran IPS Materi Keberagaman Budaya Di Sumatera Utara Siswa Kelas IV SD. Journal of Education and Social Analysis, 3(1), 30–36. https://doi.org/10.51178/jesa.v3i1.385.
Santoso, G. (2021). The Philosophical Power of Civic Education 21st Century in Indonesia. IJEBD (International Journal of Entrepreneurship and Business Development), 4(1), 72–79. https://doi.org/10.29138/ijebd.v4i1.1220.
Sari, S. A. (2017). The Development of Pop-up Book on the Role of Buffer in the Living Body. European Journal of Social Sciences Education and Research, 10(2), 12–23. https://doi.org/10.26417/ejser.v10i2.p213-221.
Setiawan, D., Hartati, T., & Sopandi, W. (2019). Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Peserta didik Kelas 5 Sekolah Dasar melalui Model Read, Answer, Disscuss, Explain, And Create. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 1–16. https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1575.
Sismulyasih, N. (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Manuskrip Jurnal Ilmiah Menggunakan Strategi Synergetic Teaching Pada Mahasiswa Pgsd Unnes. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 64–70. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v4i1.2724.
Sismulyasih, N. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Dan Menulis Permulaan Menggunakan Strategi Bengkel Literasi Pada Siswa Sd. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 68. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5341.
Sobakhah, L. B., & Afakhrul, M. B. (2019). Pengembangan Media Pop Up Book Untuk Pembelajaran Membaca Puisi Kelas I SD. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 3(1), 62–70. https://doi.org/10.30587/jtiee.v3i1.1129.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. ALFABETA, cv.
Suhandra, I. R. (2018). Pemanfaatan media gambar berseri untuk memperkaya kemampuan menulis naratif bahasa inggris siswa kelas IX MTS NW Nurul Wathon Pengembur Lombok Tengah. TRANSFORMASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 14(1). https://doi.org/10.20414/transformasi.v14i1.576.
Tondang, H. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Pembelajaran Video Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa SMPN 4 Medan. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, 1(2), 01–12. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i2.54.
Trianawati. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV SDN Gugus VI Abiansemal Tahun Ajaran 2018/2019. International Journal of Elementary Education, 4. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24337.
Wahdah, M. T. (2013). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Media Kartu Bilangan Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(1), 274–282. https://doi.org/10.26418/jppk.v2i1.831.
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 73–80. https://doi.org/10.52217/lentera.v16i1.1081.
Walsh, K. (2017). Self-directed learning at the point of care. InnovAiT: Education and inspiration for general practice, 10(3), 178–182. https://doi.org/10.1177/1755738016679441.
Windiani, Ganing, & Abadi. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Berbasis Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Kelas IV SD Gugus Srikandi Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10845.
Wulandari, I. G. A. A. M., Sudatha, I. G. W., & Simamora, A. H. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459.
Yanuarto, W. N., & Setyaningsih, E. (2017). Example And Non-Example Learning Model Berbantuan Media Poster Untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2). https://doi.org/10.33474/jpm.v2i2.199.
Yusuf, A. Z. A., Faelasofi, R., & Rahayu, S. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Wondershare Filmora Pada Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 615. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.8232.
Zaina, L., Castro, E., Martinelli, S., & Sakata, T. (2019). Educational games and the new forms of interactions. Smart Learning Environments, 6(1). https://doi.org/10.1186/s40561-019-0099-9.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 dhivannyaulia rahmawati, Rusnilawati Rusnilawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)