https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/issue/feed Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 2024-05-17T01:08:28+00:00 Prof. Dr. I Wayan Widiana, S.Pd., M.Pd. wayan_widiana@yahoo.com Open Journal Systems <center><hr style="border: 0.5px solid black;" /> <table class="data" width="100%" bgcolor="#f0f0f0"> <tbody> <tr valign="top"> <td width="20%">Journal title</td> <td width="80%"><strong>Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Initials</td> <td width="80%"><strong>JIPPG</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Abbreviation</td> <td width="80%"><strong>j. ilm. pendidik. prof. guru</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Frequency</td> <td width="80%"><strong>Three issues per year </strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">DOI</td> <td width="80%"><strong>prefix 10.23887/jippg</strong><strong><br /></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Print ISSN</td> <td width="80%"><strong><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1528787015" target="_blank" rel="noopener">2621-5713</a></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Online ISSN</td> <td width="80%"><strong><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1528787551" target="_blank" rel="noopener">2621-5705</a></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Editor-in-chief</td> <td width="80%"><strong> I Gede Nurjaya</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Publisher</td> <td width="80%"><a href="https://www.undiksha.ac.id"><strong>Universitas Pendidikan Ganesha</strong></a></td> </tr> </tbody> </table> <hr style="border: 0.5px solid black;" /> <p> </p> </center> <p>Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru adalah jurnal yang mewadahi pemikiran dan hasil penelitian guru dan calon guru dibidang pendidikan dan pembelajaran di Satuan Pendidikan Sekolah. Jurnal ini dihgarapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pendididikan profesi guru. </p> <p>P-ISSN : <strong><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1528787015" target="_blank" rel="noopener">2621-5713</a></strong> (Print) dan e-ISSN : <strong><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1528787551" target="_blank" rel="noopener">2621-5705</a></strong> (Online)</p> https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/69230 Dampak Pembelajaran Fisika Menggunakan Alat Peraga Venturimeter pada Materi Fluida Dinamis 2023-10-23T06:54:36+00:00 Liza Septia Ahmad ppg.lizaahmad89@program.belajar.id Dian Utami ppg.lizaahmad89@program.belajar.id Tessa Zerina Naryamastri ppg.lizaahmad89@program.belajar.id Hari Anggito ppg.lizaahmad89@program.belajar.id <p>Penggunaan alat peraga di sekolah dapat membantu guru dalam menjelaskan konsep fisika. Namun, masih sering ditemukan alat peraga yang belum digunakan secara optimal yang berdampak pada kesulitan siswa dalam memahami materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keberhasilan dalam pembelajaran fisika menggunakan alat peraga venturimeter pada materi fluida dinamis pada siswa kelas XI MIPA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan skema naratif deskriptif. Informan dalam penelitian ini melibatkan 36 siswa kelas XI MIPA. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu dokumentasi, wawancara, observasi, dan data kepustakaan. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan snowball. Penelitian ini dianalisis dengan model analisis interaktif dari Miles dan Haberman yang meliputi pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan hasil yang baik yaitu lebih dari setengah siswa mampu mencapai nilai di atas KKM sekolah. Siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan alat peraga venturimeter. ketertarikan siswa pada alat peraga venturimeter terlihat dari antusiasme yang lebih tinggi saat alat peraga ini digunakan dalam pembelajaran. Ketertarikan terhadap alat peraga pada pembelajaran tersebut berdampak positif pada aktivitas pembelajaran yang ditunjukkan saat pengamatan dan evaluasi siswa yang mengalami peningkatan</p> 2024-05-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Liza Septia Ahmad https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/73453 KAMI (Konsep Diri, Kompentensi Pedagogik, Motivasi Berprestasi, Dan Iklim Sekolah) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa 2024-01-02T09:23:36+00:00 Ni Putu Wahyuni ayuniuno@gmail.com Anak Agung Gede Agung ayuniuno@gmail.com Ni Luh Gede Erni Sulindawati ayuniuno@gmail.com <p>Keberhasilan kegiatan pembelajaran masih belum optimal disebabkan karena kurangnya motivasi dan semangat siswa dalam belajar. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan penelitian ini yaitu menganalisis mengetahui besaran kontribusi konsep diri, kompetensi pedagogik, motivasi berprestasi, dan iklim sekolah terhadap hasil belajar siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian “ex-post facto”. Populasi penelitian ini berjumlah 340 orang siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 181 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dokumen. Analisis data dilakukan dengan teknik regresi sederhana, regresi ganda, dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, terdapat kontribusi yang signifikan antara konsep diri terhadap hasil belajar siswa. Kedua, terdapat kontribusi yang signifikan antara kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar siswa. Ketiga, terdapat kontribusi yang signifikan antara motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa. Keempat, terdapat kontribusi yang signifikan antara iklim sekolah terhadap hasil belajar siswa. Kelima, secara bersama-sama, terdapat kontribusi yang signifikan antara konsep diri, kompetensi pedagogik, motivasi berprestasi, dan iklim sekolah terhadap hasil belajar siswa. Disimpulkan bahwa konsep diri, kompentensi pedagogik, motivasi berprestasi, dan iklim sekolah positif dapat meningkatkan hasil belajar siswa.</p> 2024-05-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Ni Putu Wahyuni, Anak Agung Gede Agung, Ni Luh Gede Erni Sulindawati https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/75044 Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar 2024-01-31T08:45:01+00:00 I Nyoman Sita Setiawan sita.setiawan@student.undiksha.ac.id Ketut Suma Ketut.suma@undiksha.ac.id I Wayan Suastra iwsuastra@undiksha.ac.id <p>Rendahnya hasil belajar IPA disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan guru belum optimal dan belum bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas V SD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 40 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Tiap siklus terdiri atas dua kali tatap muka dan satu kali tes hasil belajar. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes. Metode analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tife Jigsaw pada siswa kelas V dinyatakan meningkat. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 69, daya serap 69%, dan ketuntasan belajar 63%. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 79, daya serap 79%, dan ketuntasan belajar sebesar 90%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tife Jigsaw pada siswa kelas V SD. Implikasi penelitian ini dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat mendukung aktivitas pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar IPA.</p> 2024-05-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 I Nyoman Sita Setiawan, Ketut Suma, I Wayan Suastra https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/75397 The Importance of Individual Education Plan (IEP) in Communicative Development of Children With Speech Delay: A Systematic Literature Review 2024-02-08T13:45:14+00:00 Ni Made Yuniari yuniari6868@gmail.com Made Hery Santosa mhsantosa@undiksha.ac.id <p>Lack of time with parents and lack of awareness of a child's potential can cause speech delays. This research aims to analyze the role of Individual Education Plans (IEPs) on the communicative development of deaf children. This type of research is qualitative research. This study included a systematic literature review that included 14 studies on IEPs and speech delays. Collecting relevant data using systematic observation techniques. Systematic observation techniques were used to collect relevant data from several articles. The data analysis technique uses qualitative descriptive analysis. These findings underscore the need for IEPs to address the special needs of children with speech delays, the importance of individualized methods, the availability of appropriate resources and supports, and the participation of parents and other stakeholders in the IEP process. This study emphasizes the need to develop and implement high-quality IEPs, provide resources and assistance, and involve parents and stakeholders in help childrenhelpingh speech delays successfully. This study also briefly highlights the limitations and recommendations of the research evaluated, highlighting the need for collaborative and strengths-based IEPs, early intervention, family participation, and good communication with stakeholders. It can be concluded by emphasizing the importance of different interpretations, further research, and a holistic approach to inclusive education and the development of children's speech abilities.</p> 2024-05-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Ni Made Yuniari, Made Hery Santosa https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/73233 Kecerdasan Emosional dan Efikasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VI Sekolah Dasar 2024-02-05T02:36:21+00:00 Nyoman Arysta Agustini arystaagustini@gmail.com I Made Candiasa candiasaimade@undiksha.ac.id Ida Bagus Putu Arnyana putu.arnyana@undiksha.ac.id <p>Siswa masih kesulitan dalam belajar matematika karena motivasi belajar siswa masih rendah, stres yang tidak terkendali, ketidakpercayaan diri, serta kesulitan dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan teman sekelas berserta guru mereka. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VI SD. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei kausal dengan teknik analisis SEM (<em>Structural Equation Modeling</em>). Populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas VI SD dengan jumlah 259 peserta didik. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik <em>proportional random sampling</em>. Metode pengumpulan data dengan metode tes dan non tes. Teknik analisis data dengan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa keceerdasan emosional, efikasi diri, dan pengaruh kecerdasan emosional terhadap efikasi diri secara berturut-turut memiliki nilai Standardized Regression Weight sebesar 0,684, 0,232, dan 0,673 dengan nilai probabilitas statistic sebesar 0,000 kurang dari 0,05. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional dan efikasi diri berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VI SD. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya pembinaan kecerdasan emosional dan pengembangan efikasi diri dalam konteks pembelajaran matematika di SD.</p> 2024-05-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Nyoman Arysta Agustini, I Made Candiasa, Ida Bagus Putu Arnyana https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/73935 E-Book Berbasis Problem Based Learning Mampu Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada IPAS 2024-01-19T05:05:35+00:00 I Putu Trisna Angga Semara trisna.angga@student.undiksha.ac.id I Made Ardana ardanaimade@undiksha.ac.id Ni Ketut Suarni niketut.suarni@undiksha.ac.id <p>Students' critical thinking abilities are relatively low due to a lack of innovation in learning strategies. This problem can be overcome by innovative teaching materials such as e-books while still prioritizing student activity. This research aims to develop an innovative PBL-based e-book product to improve students' critical thinking skills. This research is of the research and development (R&amp;D) type and applies ADDIE as a development model. Data was obtained using non-test questionnaire methods and multiple-choice tests, which had been tested for feasibility. Data were analyzed using the Gregory formula and correlated t-test, so this research used a one-group pretest-posttest model. The results of data analysis obtained by material experts obtained a score of 93.74 with <span data-preserver-spaces="true">very good</span><span data-preserver-spaces="true"> qualifications. The learning media expert obtained a score of 92.70 with </span><span data-preserver-spaces="true">very good</span><span data-preserver-spaces="true"> qualifications. The teacher's practical results obtained a score of 90.25 with </span><span data-preserver-spaces="true">very good</span><span data-preserver-spaces="true"> qualifications. Practicality was obtained by teachers with a score of 95.41 with </span><span data-preserver-spaces="true">very good</span><span data-preserver-spaces="true"> qualifications. The results of the effectiveness test show that the product greatly influences students' critical thinking abilities. It was concluded that the E-Book Based on Problem-Based Learning received the title of being feasible, practical, and effective in influencing critical thinking skills in </span><span data-preserver-spaces="true">the fifth-grade</span><span data-preserver-spaces="true"> elementary school science and science subjects. This research has implications for educational progress because it contributes to creating innovative teaching materials that directly impact students during learning, not just critical thinking.</span></p> 2024-05-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 I Putu Trisna Angga Semara, I Made Ardana, Ni Ketut Suarni https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/75204 Self Regulated Learning dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD dengan Model Pembelajaran Numbered Head Together 2024-02-20T05:22:35+00:00 I Ketut Eli Wartama tangkaska27@gmail.com I Made Ardana ardanaimade@undiksha.ac.id Ni Ketut Suarni niketut.suarni@undiksha.ac.id <p>Kurangnya inovasi dan kreasi dalam mengajar menjadi masalah pendidikan saat ini. Penelitian ini bertujuan menganalisis self regulated learning dan hasil belajar IPA dengan model Numbered Head Together (NHT). Jenis peneltian adalah eksperimen semu dengan desain post-test only control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 101 siswa. Banyaknya sampel berjumlah 81 siswa untuk dua kelas yang diambil dengan teknik random sampling. Data dikumpulkan dengan angket dan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan self regulation learning siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran NHT secara signifikan lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil Belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran NHT secara signifikan lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Secara simultan kemampuan self regulation learning dan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran NHT secara signifikan lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Disimpulkan bahwa model pembelajaran numbered head together memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Self Regulated Learning dan Hasil Belajar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar. Implikasi penelitian ini adalah terciptanya inovasi dengan menggunakan model NHT yang berdampak pada self regulated dan hasil belajar siswa. </p> 2024-05-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 I Ketut Eli Wartama, I Made Ardana, Ni Ketut Suarni https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/76493 Media Pembelajaran Power Point Berbasis Classpoint Dalam Membaca Permulaan 2024-03-16T06:34:47+00:00 Evi Hanafiah nurramaliyah@uhamka.ac.id Nurrohmatul Amaliyah nurramaliyah@uhamka.ac.id <p>Kurangnya media pmebelajaran seringkali menjadi hambatan bagi siswa dalam belajar sehingga proses pembelajaran tidak berjalan secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran powerpoint berbasis classpoint dalam membaca permulaan siswa kelas I SD. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall modifikasi. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu obervasi, angket, dan tes. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu hasil penilaian dari ahli materi yaitu 86% (sangat baik). Penilaian dari ahli media pembelajaran yaitu yaitu 89% (sangat baik). penilaian ahli pembelajaran yaitu 100% (sangat baik). Penerapan media pembelajaran powerpoint berbasis classpoint di sekolah memberikan hasil yang bagus dalam penelitian tersebut dan mampu meningkatkan hasil belajar pembaca pemula pada siswa kelas I. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji perbandingan rata-rata rata hasil pretest dengan jumlah nilai 60,22 dan hasil posttest dengan jumlah nilai 78,73. Hasil tersebut dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar saat siswa sebelum dan sesudah diberikan powerpoint sebagai media pembelajaran. Disimpulkan bahwa media pembelajaran powerpoint berbasis classpoint dapat meningkatkan hasil belajar siswa.</p> 2024-05-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Nurrohmatul Amaliyah https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/73061 Game Edukasi Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Sekolah Dasar 2024-01-05T07:00:21+00:00 Putu Rastiti Kusumasari rastitiputu4@gmail.com I Gede Margunayasa igede.margunayasa@undiksha.ac.id I Wayan Lasmawan wayan.lasmawan@undiksha.ac.id <p>Minat belajar siswa sangat rendah karena gaya belajar siswa sangat beragam, namun guru belum mampu mengakomodasi beragam gaya belajar siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media game edukasi berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada materi sistem pencernaan manusia kelas V SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&amp;D) dengan menerapkan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD. Data diperoleh dengan metode non-tes kuesioner yang telah diuji kelayakannya dengan uji validitas isi, validitas butir dan uji reliabilitas. Teknik analisis dengan <em>paired sample t-test. </em>Analisis uji validitas menunjukkan bahwa rata-rata keseluruhan validasi sebesar 3,85 yang berada pada katagori sangat valid. Hasil anilisis data kepraktisan menunjukkan rata-rata penilaian guru terhadap produk sebesar 3,81 dan penilaian siswa diperoleh sebesar 3,57 dan berada kategori sangat praktis. Hasil uji efektivitas menunjukkan terdapat perbedaan minat belajar IPA siswa sebelum dan sesudah menggunakan media game edukasi berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada materi sistem pencernaan manusia kelas V sekolah dasar. Simpulan penelitian bahwa game edukasi berbasis pembelajaran berdiferensiasi dinyatakan efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Implikasi penelitian ini dapat meningkatkan minat belajar siswa dengan game edukasi berbasis pembelajaran berdiferensiasi. Sehingga, meningkatnya minat belajar berimplikasi pada meningkatnya hasil belajar siswa.</p> 2024-05-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Putu Rastiti Kusumasari, I Gede Margunayasa, I Wayan Lasmawan https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/73524 Dampak Dukungan Sosial, Optimisme, Religius, Dan Harga Diri Terhadap Kesejahteraan Subyektif Guru 2024-01-03T09:03:38+00:00 Komang Yuin yuiin@student.undiksha.ac.id Anak Agung Gede Agung agunggdeagung@gmail.com Kadek Rihendra Dantes rihendradantes@gmail.com <p>Seseorang yang mengalami kesejahteraan subjektif rendah akan mempersepsikan dan menafsirkan segala kejadian dalam hidupnya sebagai peristiwa yang tidak menguntungkan. Hal ini akan menimbulkan respons emosional yang negatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dukungan sosial, optimisme, religiusitas, serta harga diri berkontribusi pada kesejahteraan subjektif guru. Penelitian ini merupakan penelitian “ex-post facto” yang dilakukan dengan jumlah sampel sebanyak 164 orang. Metode pengumpulan data melalui penggunaan kuesioner serta dokumen. Instrumen pengumpulan data dengan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan pendekatan regresi sederhana, regresi berganda, serta korelasi parsial. Temuan penelitian menunjukkan adanya hubungan yang kuat dan kontribusi penting antara dukungan sosial terhadap kesejahteraan subjektif guru. Kedua, terdapat perbedaan yang mencolok antara optimisme dan kesejahteraan subjektif guru. Ketiga, terdapat hubungan yang kuat antara sikap guru agama dengan kepuasan yang mereka rasakan di sekolah. Hubungan tersebut diukur dengan koefisien korelasi sebesar 0,519 yang menunjukkan korelasi positif sedang. Religiusitas menyumbang 37,66% variasi kesejahteraan subjektif guru. Keempat, terdapat hubungan yang kuat antara harga diri dengan kesejahteraan subjektif guru yang menunjukkan adanya hubungan yang cukup besar. Selain itu, harga diri menyumbang 19,98% dari keseluruhan dampak terhadap kesejahteraan subjektif. Disimpulkan bahwa adanya hubungan yang kuat antara dukungan sosial, optimisme, religiusitas, dan harga diri dengan kesejahteraan subjektif guru.</p> 2024-05-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Komang Yuin, Anak Agung Gede Agung, Kadek Rihendra Dantes https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/75141 Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Permainan Mino Card Terhadap Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Matematika 2024-02-03T02:20:33+00:00 Putri Ayu Gangga Dewi putri.ayu.gangga@undiksha.ac.id I Wayan Wiarta putri.ayu.gangga@undiksha.ac.id M. G. Rini Kristiantari putri.ayu.gangga@undiksha.ac.id <p>Model pembelajaran yang kurang bervariatif menyebabkan suasana pembelajaran menjadi pasif karena lebih sering menggunakan pendekatan saintifik. Selain itu, sarana dan prasarana yang terdapat di sekolah belum dimanfaatkan dengan baik sehingga dapat pula menyebabkan pembelajaran kurang kondusif dan siswa kurang termotivasi dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis model pembelajaran <em>problem solving</em> berbantuan permainan <em>mino card</em> terhadap berpikir kritis pada pembelajaran matematika siswa kelas IV SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah <em>quasi</em> ekperimen dengan desain penelitian yaitu <em>nonequivalent control group design </em>dan metode yang digunakan adalah tes. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 240 dari 7 sekolah dasar. Teknik analisis menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir Matematika antara kelompok yang dibelajarkan menggunakan model <em>problem solving</em> dengan kelompok yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada kelas IV SD. Disimpulkan model pembelajaran <em>problem solving</em> berbantuan permainan <em>mino card</em> meningkatkan berpikir kritis pada pembelajaran matematika. Implikasi penelitian ini yaitu model <em>problem solving</em> berbantuan permainan <em>mino card</em> baik diterapkan dalam proses pemeblajaran dan juga berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IV SD.</p> 2024-05-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Putri Ayu Gangga Dewi https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/75654 Model Pembelajaran Berbasis Masalah Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPAS Siswa Sekolah Dasar 2024-02-16T08:30:41+00:00 I Nyoman Sita Setiawan sita.setiawan@student.undiksha.ac.id Ketut Suma Ketut.suma@undiksha.ac.id I Wayan Suastra iwsuastra@undiksha.ac.id <p>Rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa disebabkan karena penggunaan metode pembelajaran. Guru belum menggunakan metode yang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa antara yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (<em>quasi experiment</em>). Desain penelitian yang digunakan, yaitu <em>posttest only control design</em>. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Kelas IV SD. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan <em>random sampling</em>. Pengumpulan data dengan menggunakan koesioner dan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan uji Manova. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa antara yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Kedua, terdapat perbedaan motivasi belajar siswa antara yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Ketiga, terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Disimpulkan model pembelajaran berbasis masalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar ipas siswa sekolah dasar. Implikasi penelitian yaitu penerapan model pembelajaran berbasis masalah membuat kegiatan pembelajaran di kelas akan lebih efektif dan hasil belajar yang dihasilkan akan lebih baik.</p> 2024-05-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 I Nyoman Sita Setiawan, Ketut Suma, I Wayan Suastra https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/73279 Minat Dan Hasil Belajar IPA Siswa dengan Model Problem-Based Learning Berbasis TPACK 2024-02-06T04:18:54+00:00 Ida Ayu Dian Citra Dewi idadewi88@guru.sd.belajar.id I Made Candiasa candiasa@undiksha.ac.id Ida Bagus Putu Arnyana putu.arnyana@pasca.undiksha.ac.id <p>Rendahnya minat dan hasil belajar menyebabkan siswa sulit untuk maju dan berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model PBL berbasis TPACK terhadap minat dan hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan <em>posttest only control group design</em>. Populasi penelitian ini berjumlah 226 siswa dan 2 kelas dalam 2 sekolah sekolah dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data penelitian diperoleh dengan metode tes berupa pilihan ganda dan non-tes berupa kuisioner. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial (Anava dan Manova). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa secara simultan terdapat perbedaan minat belajar IPA dan hasil belajar IPA siswa antara kelompok dengan model pembelajaran PBL berbasis<em> TPACK</em> dan kelompok dengan model pembelajaran konvensional. Kedua, terdapat perbedaan minat belajar IPA antara kelompok dengan model pembelajaran PBL berbasis<em> TPACK</em> dan kelompok dengan model pembelajaran konvensional. Ketiga, terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa antara kelompok dengan model pembelajaran PBL berbasis <em>TPACK</em> dan kelompok dengan model pembelajaran konvensional. Disimpulkan bahwa model <em>Problem-based Learning</em> (PBL) berbasis TPACK mampu mempengaruhi minat dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD.</p> 2024-05-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Ida Ayu Dian Citra Dewi, I Made Candiasa, Ida Bagus Putu Arnyana https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/74303 Video Animasi berbasis Discovery Learning Efektif Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPAS 2024-01-19T05:33:47+00:00 Dewa Ayu Diana Pratiwi ayudiana871@gmail.com Anak Agung Gede Agung agung2056@undiksha.ac.id Didith Pramunditya Ambara didithpramunditya.ambara@undiksha.ac.id <p>Adanya keterbatasan waktu dan kurangnya pemahaman guru terkait pengembangan media pembelajaran berdampak pada hasil belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan video animasi berbasis discovery learning untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan IPAS. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek uji ahli adalah 1 ahli rancang bangun, satu orang ahli isi pembelajaran, satu orang ahli desain dan ahli media. Subjek uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji efektivitas produk melibatkan siswa kelas IV sekolah dasar. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes objektif. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan rancang bangun berdasarkan penilaian ahli rancang bangun dengan persentase 90,90% dengan kualifikasi sangat baik. Kualitas video animasi berdasarkan uji ahli isi muatan pelajaran persentase 93,33% dengan kualifikasi sangat baik. Uji ahli desain instrusional persentase 90,62% dengan kualifikasi sangat baik. Uji ahli media pembelajaran persentase 90% dengan kualifikasi sangat baik. Uji coba perorangan persentase 92,5% dengan kualifikasi sangat baik dan uji coba kelompok kecil persentase 91,66% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji-t yaitu terdapat perbedaan hasil belajar siswa setelah penerapan video animasi berbasis discovery learning. Disimpulkan media Video Animasi Berbasis Discovery Learning efektif digunakan pada Materi Bagian Tubuh Tumbuhan Mata Pelajaran IPAS.</p> 2024-05-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Dewa Ayu Diana Pratiwi, Anak Agung Gede Agung, Didith Pramunditya Ambara https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/75366 Komik Digital Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SD 2024-02-09T12:04:20+00:00 I Nyoman Aditya Mardiana aditya.mardiana@undiksha.ac.id Anak Agung Gede Agung agungtps2056@gmail.com <p>Terbatasnya variasi media pembelajaran digital yang dimiliki guru untuk menunjang proses pembelajaran berdampak pada rendahnya hasil belajar IPAS siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan komik digital berbasis masalah mata pelajaran IPAS. Penelitian pengembangan komik digital ini menggunakan model pengembangan ADDIE (<em>Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation</em>). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan tes. Data tersebut dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian pengembangan ini menyimpulkan bahwa komik digital berbasis masalah yang dikembangkan layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran dibuktikan dari hasil uji ahli rancang bangun diperoleh skor 90,90% (sangat baik), ahli materi pembelajaran diperoleh skor 100% (sangat baik), ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran diperoleh skor 97,50% (sangat baik), uji perorangan diperoleh skor 93,33% (sangat baik), uji kelompok kecil diperoleh skor 89,72% (baik), serta hasil uji efektivitas produk menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan media komik digital berbasis masalah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk media komik digital berbasis masalah layak dan efektif untuk diterapkan pada mata pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial), khususnya pada materi Indonesiaku kaya hayatinya kelas V SD.</p> 2024-05-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 I Nyoman Aditya Mardiana, Anak Agung Gede Agung https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/77065 Penerimaan Diri dan Kesejahteraan Subjektif pada Guru Honorer 2024-05-02T06:31:20+00:00 Destariza Akbar Dwi Pamungkas 802020163@student.uksw.edu Doddy Hendro Wibowo 802020163@student.uksw.edu <p>Prosperity is a dream and hope for everyone worldwide and for honorary teachers in Indonesia. Civil servant teachers and honorary teachers have the same duties, but there are gaps, such as the government's low level of attention to honorary teachers. This research analyzes the relationship between self-acceptance and subjective well-being in honorary teachers. The type of this research is quantitative research. This research uses a non-probability sampling technique, namely quota sampling. The subjects in this research were 101 honorary teachers with a minimum age range of 25 years who had worked as honorary teachers for at least 4 years. The data collection method uses the Self-Acceptance Scale and subjective well-being scale, which consists of the Satisfaction with Life Scale (SWLS), Positive affect, and Negative Affect Schedule (PANAS). The data analysis method used is Spearman rank correlation. From the data analysis, it was found that there was a significant positive relationship between self-acceptance and subjective well-being in honorary teachers. Thus, honorary teachers should be able to adapt themselves well in order to have good subjective well-being. </p> 2024-05-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Destariza Akbar Dwi Pamungkas https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/73179 Media Pembelajaran Augmented Reality Berbasis Profil Pelajar Pancasila Untuk Meningkatkan Minat Belajar IPA 2024-01-05T07:03:46+00:00 Ni Wayan Cika Pratiwi wyncikapratiwi11@gmail.com I Gede Margunayasa igede.margunayasa@undiksha.ac.id I Wayan Lasmawan wayan.lasmawan@undiksha.ac.id <p>Rendahnya minat belajar dan karakter siswa menimbulkan beragam permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran <em>augmented reality </em>berbasis profil pelajar Pancasila untuk meningkatkan minat belajar. Penelitian ini berjenis penelitian pengembangan (R&amp;D) dengan menerapkan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah ahli, guru dan siswa. Uji validitas dilakukan oleh ahli dan uji kepraktisan dilakukan oleh guru dan siswa yang dianalisis dengan formula gregory. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Uji keefektifan produk dilakukan oleh siswa dengan bantuan analisis uji-t dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media mendapatkan persentase sebesar 93% dan dinyatakan valid. Hasil uji kepraktisan media memperoleh hasil rata-rata persentase uji kepraktisan 94% dengan kategori sangat praktis. Hasil efektivitas diperoleh bahwa rata-rata dari pretest adalah 82,35 sedangka rata-rata dari hasil posttest adalah 84,35. Hasil uji t diperoleh perbedaan minat belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran <em>augmented reality </em>berbasis profil pelajar Pancasila. Disimpulkan penggunaan media pembelajaran <em>Augmented reality </em>berbasis <em>profil pelajar Pancasila</em> dapat meningkatkan minat belajar siswa. Implikasi penelitian ini dengan adanya media AR ini siswa dapat memahami dengan baik mengenai bunga sempurna dan bunga tidak sempurna serta dimensi-dimensi <em>profil pelajar pancasila</em> yang dikembangkan. </p> 2024-05-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Ni Wayan Cika Pratiwi, I Gede Margunayasa, I Wayan Lasmawan https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/73741 Media Video Pembelajaran Berbasis POWTOON Pada Materi Rangkaian Listrik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa 2024-01-19T04:58:46+00:00 I Komang Pradika Utama pradika@student.undiksha.ac.id I Wayan Suastra iwsuastra@undiksha.ac.id Ketut Suma ketut.suma@undiksha.ac.id <p>Kurangnya inovasi dalam pembelajaran yang menarik terkhusus pada materi rangkaian listrik untuk meingkatkan hasil belajar Siswa kelas VI Sekolah dasar menjadi tantangan bagi tenaga pendidik. Tujuan dari penelitian ini adalah menciptakan media video pembelajaran berbasis Powtoon pada materi Rangkaian Listrik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian terdiri dari 2 ahli materi, 2 ahli media, 4 guru dan 20 siswa. Metode pengumpulan data dengan angket. Metode analisis data dengan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil validitas ahli materi diperoleh nilai rata-rata 4,50 dengan kriteria sangat tinggi, sedangkan nilai rata-rata 4,44 dengan kriteria sangat tinggi dari ahli media, validator kepraktisan guru mencapai nilai rata-rata dengan kategori excellent. Validator kepraktisan dilakukan siswa SD mendapat nilai rata-rata dengan kategori excellent. Dan pengujian untuk efektifitas produk terhadap hasil belajar diperoleh dari hasil uji n-Gain yang menunjukkan rata-rata 0,71 dengan kriteria efektif. Simpulan bahwa media video pembelajaran berbasis Powtoon terbukti valid, praktis dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Implikasi penelitian ini adalah terciptanya produk sebagai media belajar dan menjadi solusi apabila ada masalah terkait hasil belajar siswa. </p> 2024-05-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 I KOMANG PRADIKA UTAMA, I Wayan Suastra, Ketut Suma https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/75166 Implementasi Model Project Based Learning: Dampaknya terhadap Sikap Nasionalisme dan Prestasi Belajar IPS 2024-02-03T00:03:19+00:00 Made Bagiada ppg.madebagiada01@program.belajar.id Nyoman Dantes dantes@undiksha.ac.id Sariyasa sariyasa@undiksha.ac.id <p>Teacher-centered learning activities (teacher-centered) have an impact on low achievement of Social Sciences (IPS) subject scores, low attitudes of student nationalism as seen from the attitude of students who like to joke when singing the national anthem, and less than perfect attitudes when respecting the flag, and do not have a sense of helping each other carry out tasks. This study aims to find out 1) differences in social studies learning outcomes, 2) differences in nationalist attitudes, and 3) differences in social studies learning outcomes and nationalist attitudes simultaneously between student groups. This type of research is a quasi-experiment with a nonequivalent post-test-only control group design. The population of this study was 231 students. The sample was 46 fifth-grade elementary school students. Research data on social studies learning outcomes were obtained through objective tests, and nationalist attitudes were obtained through questionnaires. Validation of the learning outcomes instrument uses Gregory's formulation, Point Biserial correlation formula, KR-20 formula, level of difficulty, and differential power. Validation of the nationalism attitude instrument uses the Gregory formula, the Product Moment correlation formula, and Cronbach's Alpha. The collected data was analyzed using the Test of Between-Subjects Effects and MANOVA analysis. The research results showed differences in social studies learning outcomes and nationalist attitudes both partially and simultaneously between student groups.</p> 2024-05-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Made Bagiada, Nyoman Dantes, Sariyasa https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/75992 Implementasi Literasi Digital pada Siswa Sekolah Dasar 2024-03-02T05:36:15+00:00 Naimah na25mah@gmail.com Muhammad Fauzan Muttaqin na25mah095@gmail.com Meilina na25mah095@gmail.com <p>Literasi digital di sekolah dasar sangat penting karena siswa lebih tertarik pada hiburan atau bermain game online. Rendahnya budaya literasi juga berdampak pada kemampuan siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi literasi digital di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan melalui observasi, serta wawancara dengan beberapa sumber informasi, termasuk kepala sekolah, 2 guru, dan 3 siswa. Selain itu, studi dokumentasi juga digunakan untuk mendukung pengumpulan data. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program literasi digital mampu memberikan informasi kepada siswa terkait dampak positif dan negatif dari penggunaan media sosial. Faktor keberhasilan program ini ialah sekolah bekerja sama dengan wali murid. Implikasinya untuk sekolah melalui literasi digital ialah pengetahuan dalam penggunaan media sosial, pemanfaatan untuk mencari sumber informasi, etika bermedia sosial, kesadaran umum tentang media sosial, bahayanya permainan yang membuat candu, korban media sosial dan pengabaian manajemen waktu. Siswa sekolah dasar harus dididik tentang penggunaan yang diperlukan untuk menghindari intimidasi.</p> 2024-05-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Naimah Naimah, Naimah