PENGARUH KUALITAS AKTIVA PRODUKTIF, CAPITAL ADEQUACY RATIO, DAN LOAN TO DEPOSIT RATIO TERHADAP PROFITABILITAS PADA LEMBAGA PERKREDITAN DESA

Authors

  • Gede Putu Agus Jana Susila Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v6i2.10035

Abstract

Lembaga Perkreditan Desa (LPD) memiliki karakteristik khusus yang berbeda dengan lembaga keuangan lainnya, sehingga dalam operasionalnya perlu dilakukan pembinaan dan pengawasan. Dimana setiap LPD wajib menyampaikan laporan tentang hasil kegiatan, perkembangan dan likuiditas secara teratur setiap bulan  dan laporan tingkat kesehatan tiap tiga bulan kepada   pengawas,   Bank   Pembangunan   Daerah   Bali,   Pembina Lembaga Perkreditan Desa Kabupaten (PLPDK) dan aparat (prajuru) desa, sehingga diketahui perkembangan dari masing-masing LPD. Selain itu Pembina PLPDK juga berfungsi sebagai pembina teknis, pengembangan serta pelatihan bagi LPD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh temuan eksplanatif yang teruji tentang, (1) pengaruh KAP, CAR, dan  LDR secara simultan terhadap Profitabilitas pada LPD Kecamatan Banjar tahun 2015-2016, (2) pengaruh KAP, CAR, dan  LDR secara parsial terhadap Profitabilitas pada LPD Kecamatan Banjar tahun 2015-2016. Identifikasi variabel-variabel yang digunakan dalam model penelitian ini dikelompokkan menjadi dua yaitu variabel bebas (independent) dan variabel terikat (dependent). Variabel bebasnya adalah KAP (X1), CAR (X2), dan LDR (X3) sedangkan Variabel terikatnya adalah Profitabilitas (Y). Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan dilanjutkan pemilihan uji statistik yaitu: (1) uji asumsi klasik, dan (2) analisis regresi linear berganda. Tujuannya adalah menetapkan apakah variabel bebas mempunyai hubungan dengan variabel terikatnya, penetapan tingkat signifikasi dan diakhiri dengan penelitian dasar penarikan kesimpulan melalui penerimaan atau penolakan hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa, (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan dari KAP (X1), CAR (X2), dan LDR (X3) terhadap profitabilitas (Y) pada  Lembaga Perkreditan Desa Kecamatan Banjar Tahun 2015-2016; (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial dari KAP (X1), CAR (X2), dan LDR (X3) terhadap profitabilitas (Y) pada Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Kecamatan Banjar Tahun 2015-2016.

 

Kata Kunci: Kualitas Aktiva Produktif, Capital Adequacy Ratio, Loan to Deposit Ratio, Profitabilitas, Lembaga Perkreditan Desa (LPD)

Downloads

Published

2017-12-31

Issue

Section

Articles