MEMBERDAYAKAN KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN LITERASI DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ni Nyoman Padmadewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Putu Artini Pendidikan Bahasa Inggris Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha Bali
  • Putu Kerti Nitiasih
  • I Wayan Swandana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v7i1.13049

Abstract

Literasi memegang peranan sangat penting bagi setiap orang. Keberhasilan dalam literasi siswa terutama anak-anak memerlukan peran orang tua. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis peran orang tua dalam mendukung program sekolah terutama dalam meningkatkan literasi siswa. Penelitian dilakukan di sekolah bilingual Bali Utara yang berbasis literasi dan memiliki program melibatkan orang tua. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara, dan data dianalisis secara kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada 6 jenis keterlibatan orang tua yang mencakup keterlibatan dalam bentuk  parenting,  komunikasi, sukarelawan, pemberdayaan belajar di rumah, kolaborasi dengan masyarakat dan pengambilan keputusan.  Meskipun keterlibatan orang tua memiliki tantangan tersendiri tetapi telah terbukti membantu peningkatan tidak hanya literasi siswa, dalam membaca dan menulis tetapi juga literasi dalam bidang lain yang mencerminkan literasi dunia nyata. Diharapkan hasil penelitian ini bisa menginspirasi pihak terkait tentang bagaimana memberdayakan peran orang tua untuk meningkatkan literasi siswa.

Kata kunci: Keterlibatan Orang Tua, Literasi

Downloads

Published

2018-08-12

Issue

Section

Articles