PERUBAHAN SOSIAL PETANI PENERIMA PROGRAM BUMDES AGENG DI DESA NGROTO KECAMATAN PUJON KABUPATEN MALANG

Kiki Meylavinasari, Agus Purnomo, I Nyoman Ruja

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perubahan sosial pada petani penerima program BUMDes Ageng Desa Ngroto Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data ada tiga, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Simpulan penelitian ini adalah BUMDes memberikan perubahan pada kondisi sosial masyarakat Desa Ngroto khususnya para petani. Perubahan sosial mempengaruhi mata pencaharian, interaksi, pendapatan, pendidikan. Petani di Desa Ngroto memilih menggunakan pinjaman usaha bibit di BUMDes Ageng karena lebih menguntungkan bagi kondisi sosial petani.Program yang diberikan BUMDes Ageng juga berhasil mengentaskan sebagian Rumah Tangga Hampir Miskin di Desa Ngroto dari 477 KK menjadi 27 KK.


Keywords


BUMDes; Program BUMDes; Perubahan Sosial

References


Apriyani, S. A. (2016). Strategi Badan Usaha Milik Desa Tirta Mandiri dalam Pengelolaan Objek Wisata Umbul Ponggok di Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten. 1-11.

Bambang. (2017). Pemetaan Arah Kebijakan Pengembangan Badan Usaha Milik Desa di Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga.

Fatna, V. N., & Anam, C. (2014). Kemampuan Interaksi Sosial Antara Remaja Yang Tinggal di Pondok Pesantren.

Ghony, M. D., & Almanshur, F. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Hadi, P. L. (2018, Oktober 20). Peran BUMDes Ageng terhadap Perubahan Sosial Petani . (K. Meylavinasari, Interviewer)

Krismiyati. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri Inpres Angkasa Biak.

Kurniawan, Y. T. (2018). Strategi Optimalisasi Program Penanggulangan Kerentanan Kemiskinan (Studi Kasus Jalinmatra PK2 di Desa Ngroto Kecamatan Pujon Kabupaten Malang).

Lutfiyatunnada, R. (2018). Implementasi Program Jalin Matra dalam Menanggulangi Kerentanan Kemiskinan di Pedesaan (Studi di Desa Ngroto Kecamatan Pujon Kabupaten Malang).

Martono, N. (2014). Sosiologi Perubahan Sosial: Prespektif Klasik, Posmodern, dan Poskolonial. Jakarta: Rajawali Pers.

Maryuarni. (2008). Pembangunan BUMDes dan Pemberdayaan Pemerintah Desa. Bandung: CV.Pustaka Setia.

Miles, & Huberman, &. (2014). Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tejetped Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Nur, H. R. (2017). Partisipasi Masyarkat Terhadap Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Masyarakat Desa Pandansari Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang.

Putra, A. S. (2015). Badan Usaha Milik Desa : Spirit Usaha Kolektif Desa. . Jakarta: Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Tama, Y., & Ovi, D. (2017). Dampak Badan Usaha Milik Desa bagi Kesejahteraan Masyarakat di Desa Karangrejek Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunung Kidul.

Wirawan. (2015). Teori-Teori Sosial Dalam Tiga Paradigma (Fakta Sosial, Definisi, Dan Prilaku Sosial) Edisi Ke 4. . Jakarta: Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jish-undiksha.v9i2.17778

Article Metrics

Abstract view : 422 times
PDF (Bahasa Indonesia) file view : 380 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.