PENGARUH SIKAP DAN NORMA SUBJEKTIF TERHADAP INTENSITAS PENGGUNAAN APLIKASI STREAMING PADA GENERASI “Z”

Endhar Priyo Utomo, Nadia Probosini

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sikap dan norma subyektif yang menyangkut persepsi masyarakat gen Z terhadap tingkat intensi seseorang dalam menggunakan aplikasi musik streaming. Penelitian ini hanya berfokus pada penggunaan Spotify dan Joox karena kedua aplikasi tersebut lebih umum digunakan oleh masyarakat Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di kota Semarang dengan data yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner pada masyarakat gen Z di Semarang menggunakan skala Likert (1-5) dan diproses menggunakan SPSS 22.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (i) terdapat pengaruh antara sikap gen Z terhadap intensi penggunaan streaming musik dengan nilai t-hitung sebesar 9,884 dan tingkat signifikansi 0,000, (ii) terdapat pengaruh antara norma subjektif terhadap intensi penggunaan streaming musik dengan nilai t-hitung sebesar 3,321 dan tingkat signifikan 0,001, (iii) terdapat pengaruh antara sikap dan norma subjektif terhadap intensi penggunaan streaming musik dengan nilai F hitung sebesar 68,269 dan tingkat signifikan 0,000. Penelitian ini menunjukkan hubungan antara masyarakat generasi Z dengan penggunaan media digital serta mengetahui bagaimana pola konsumsi mereka berdasarkan pengaruh dari lingkungan sekitarnya. Sedangkan hasil penelitian ini akan berguna sebagai referensi perkembangan strategi bisnis industri musik kedepannya.


Keywords


Sikap; Norma Subjektif; Generasi Z

References


Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavio. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211.

Ajzen, I. (2005). Attitudes, Personality, Behavior, 2nd Edition. Open University Press.

Ajzen, I., & Fishbein, M. (1977). Attitude-behavior relations: A theoretical analysis and review of empirical research. Psychological Bulletin, 84(888918).

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi Keenam. Rineka Cipta.

Arta, K. S. (2012). Kolaborasi Masyarakat Sipil, Politik dan Ekonomi dalam Pemanfaatan Modal Sosial. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(2), 117–128.

Cooper, D. R., & Emory. (1998). Metode Penelitian Bisnis Edisi Kelima. Erlangga.

Naratama, M. (2016). Aplikasi Theory Reasoned Action (TRA) Dalam Menjelaskan Niat Beli Produk Hijau di Kota Denpasar. Universitas Udayana.

Prihapsara, E. (2017). Pengaruh Sikap dan Norma Subjektif Terhadap Niat Beli Personal sebagai Konsumen Potensial Produk Obat Kumur. Universitas Sebelas Maret.

Putra, S. Y. (2016). Theoritical Review: Teori Perbedaan Generasi. Stie AMA.

Raharjo, S., & Japarianto, E. (2016). Pengaruh User Experience Terhadap Behavior Intention to Use Digital Music Streaming Services dengan Attitude Toward Behavior Sebagai Media Intervening. Universitas Kristen Petra.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2007). Consumer Behavior (Ninth Edit). Pearson Prentice Hall.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Utomo, M. S. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Konsumen untuk Membeli Kembali Musik dari Layanan Musik Streaming. Universitas Gadjah Mada.

Wahyuni, R. R. (2018). Hubungan Antara Penggunaan Aplikasi Streaming Musik Joox Dengan Kepuasan Mendengarkan Musik Pada Mahasiswa FISIP Universitas Hasanudin. Universitas Hasanudin.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jish-undiksha.v9i2.18581

Article Metrics

Abstract view : 567 times
PDF (Bahasa Indonesia) file view : 396 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.