DINAMIKA PENGEMUDI ANGKOT KOTA MALANG DALAM ERA TRANSPORTASI BERBASIS ONLINE

Andhika Pratama, Agus Purnomo

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah dinamika pengemudi angkot di Kota Malang dan mengetahui adaptasi mereka dalam menghadapi perkembangan transportasi online. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi data kuantitatif dan wawancara secara snowball. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan model interaktif yaitu Pengumpulan, Reduksi, Penyajian, dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dinamika pengemudi angkot dipengaruhi oleh penurunan penghasilan yang signifikan. Terutama angkot yang melewati rute perbelanjaan modern dan kampus, sedangkan untuk angkot rute pasar tradisional dan area kota lama masih relatif stabil. Penurunan ini disebabkan angkot terdisrupsi oleh transportasi berbasis online. Pengemudi angkot memiliki dua strategi untuk menghadapi dinamika tersebut. Pertama, pengemudi angkot melakukan adaptasi dengan cara perbaikan fasilitas serta pelayanan. Kedua, tidak melakukan apapun dan menggantungkan pada takdir. Berbagai adaptasi perlu dilakukan agar angkot menjadi pilihan utama kembali. Peningkatan layanan dari pengemudi angkot menjadi penting untuk menjaga eksistensi moda transportasi ini. Oleh karena itu dukungan dari pemerintah dalam bentuk regulasi dan pinjaman dana lunak diperlukan sebagai katalisator program.


Keywords


Dinamika; Adaptasi; Pengemudi Angkot

References


Anwar, A. A. (2017). Online vs Konvensional: Keunggulan dan Konflik Antar Moda Transportasi di Kota Makasar. Jurnal Etnografi Indonesia, 2(2), 220-246.

Darma, W. (2018). Inovasi Diskruptif (Disruptive Innovation) Dalam Pendidikan. Surakarta.

Hidayah, P. N. (2012). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Program Keluarga Berencana (KB) di Kecamatan Taktakan Kota Serang. In Skripsi. Serang.

Malang, D. K. (2019). Laporan Pendataan Jumlah Angkot Kota Malang. Malang: Dinas Perhubungan Kota Malang.

Muslimin. (2011). Perkembangan Teknologi dalam Industri Media. Jurnal Teknik Industri, 12(1), 57-64.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta.

Nurdiani, N. (2014). Teknik Sampling Snowball Dalam Penelitian Lapangan. ComTech, 5(2), 1110-1118.

Nuryananda, P. F. (2017). Prospek Industri Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perspektif Globalisme. Retrieved from https://www.academia.edu/11788797/Prospek_Industri_Teknologi_Informasi_dan_Komunikasi_dalam_Perspektif_Globalisme

Putranto, R. W. (2017). Strategi Adaptasi Dalam Menjaga Eksistensi Mikrolet (Studi Deskriptif Mengenai Strategi Adaptasi Dalam Menghadapi Persaingan Mikrolet di Kota Malang. Malang: Universitas Muhammadiah Malang.

Qisthi, F. A. (2018). Analisis Pendapatan Sopir Angkutan Kota (Angkot) di Kota Surakarta Serta Perbedaan Pendapatan Sebelum dan Sesudah Adanya Transportasi Daring (Online. Surakarta.

Rahayu, I. P. (2018, May). Transportasi Online dalam Pandangan Perkembangan Berkelanjutan (SDGs) dan Dampak Ekologi yang Ditimbulkan.

Romadhoni, F. (2017). Pola Komunikasi di Kalangan Pecandu Game LET'S GET RICH di Komunitas XLITE Tenggarong. eJournal Ilmu Komunikasi. fisip-unmul, 1(5), 235-247.

Semium, O. E. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Angkutan Kota Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Penumpang di Kota Kupang. Rekayasa Sipil, 39-49.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, cv.

Sukmadinata, N. S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sumut pos. (2018). Jumlah Angkot Tinggal 5000 Unit. Sumut pos.

Ticonuwu, M. V. (2018). Dampak Transportasi Online Terhadap Kesejahhteraan Supir Taxi Blue Brid di Kota. Repositori.usu.ic.id.

Utami, S. S. (2010). Pengaruh Teknologi Informasi dalam Perkembangan Bisnis. Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi, 8(1), 61-67.

Widyatami, F. S., & Achmad Dzulfiqar Alfiansyah, H. S. (2016). Kajian Jumlah Armada Angkutan Kota Malang Berdasarkan SPM 2015 (Studi Kasus: Trayek AH< LDH ADL). Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Brawijaya, 1(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jish-undiksha.v9i2.18908

Article Metrics

Abstract view : 425 times
PDF (Bahasa Indonesia) file view : 294 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.