DINAMIKA PENGEMUDI ANGKOT KOTA MALANG DALAM ERA TRANSPORTASI BERBASIS ONLINE
DOI:
https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v9i2.18908Keywords:
Dinamika, Adaptasi, Pengemudi AngkotAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah dinamika pengemudi angkot di Kota Malang dan mengetahui adaptasi mereka dalam menghadapi perkembangan transportasi online. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi data kuantitatif dan wawancara secara snowball. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan model interaktif yaitu Pengumpulan, Reduksi, Penyajian, dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dinamika pengemudi angkot dipengaruhi oleh penurunan penghasilan yang signifikan. Terutama angkot yang melewati rute perbelanjaan modern dan kampus, sedangkan untuk angkot rute pasar tradisional dan area kota lama masih relatif stabil. Penurunan ini disebabkan angkot terdisrupsi oleh transportasi berbasis online. Pengemudi angkot memiliki dua strategi untuk menghadapi dinamika tersebut. Pertama, pengemudi angkot melakukan adaptasi dengan cara perbaikan fasilitas serta pelayanan. Kedua, tidak melakukan apapun dan menggantungkan pada takdir. Berbagai adaptasi perlu dilakukan agar angkot menjadi pilihan utama kembali. Peningkatan layanan dari pengemudi angkot menjadi penting untuk menjaga eksistensi moda transportasi ini. Oleh karena itu dukungan dari pemerintah dalam bentuk regulasi dan pinjaman dana lunak diperlukan sebagai katalisator program.
References
Anwar, A. A. (2017). Online vs Konvensional: Keunggulan dan Konflik Antar Moda Transportasi di Kota Makasar. Jurnal Etnografi Indonesia, 2(2), 220-246.
Darma, W. (2018). Inovasi Diskruptif (Disruptive Innovation) Dalam Pendidikan. Surakarta.
Hidayah, P. N. (2012). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Program Keluarga Berencana (KB) di Kecamatan Taktakan Kota Serang. In Skripsi. Serang.
Malang, D. K. (2019). Laporan Pendataan Jumlah Angkot Kota Malang. Malang: Dinas Perhubungan Kota Malang.
Muslimin. (2011). Perkembangan Teknologi dalam Industri Media. Jurnal Teknik Industri, 12(1), 57-64.
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta.
Nurdiani, N. (2014). Teknik Sampling Snowball Dalam Penelitian Lapangan. ComTech, 5(2), 1110-1118.
Nuryananda, P. F. (2017). Prospek Industri Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perspektif Globalisme. Retrieved from https://www.academia.edu/11788797/Prospek_Industri_Teknologi_Informasi_dan_Komunikasi_dalam_Perspektif_Globalisme
Putranto, R. W. (2017). Strategi Adaptasi Dalam Menjaga Eksistensi Mikrolet (Studi Deskriptif Mengenai Strategi Adaptasi Dalam Menghadapi Persaingan Mikrolet di Kota Malang. Malang: Universitas Muhammadiah Malang.
Qisthi, F. A. (2018). Analisis Pendapatan Sopir Angkutan Kota (Angkot) di Kota Surakarta Serta Perbedaan Pendapatan Sebelum dan Sesudah Adanya Transportasi Daring (Online. Surakarta.
Rahayu, I. P. (2018, May). Transportasi Online dalam Pandangan Perkembangan Berkelanjutan (SDGs) dan Dampak Ekologi yang Ditimbulkan.
Romadhoni, F. (2017). Pola Komunikasi di Kalangan Pecandu Game LET'S GET RICH di Komunitas XLITE Tenggarong. eJournal Ilmu Komunikasi. fisip-unmul, 1(5), 235-247.
Semium, O. E. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Angkutan Kota Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Penumpang di Kota Kupang. Rekayasa Sipil, 39-49.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, cv.
Sukmadinata, N. S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sumut pos. (2018). Jumlah Angkot Tinggal 5000 Unit. Sumut pos.
Ticonuwu, M. V. (2018). Dampak Transportasi Online Terhadap Kesejahhteraan Supir Taxi Blue Brid di Kota. Repositori.usu.ic.id.
Utami, S. S. (2010). Pengaruh Teknologi Informasi dalam Perkembangan Bisnis. Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi, 8(1), 61-67.
Widyatami, F. S., & Achmad Dzulfiqar Alfiansyah, H. S. (2016). Kajian Jumlah Armada Angkutan Kota Malang Berdasarkan SPM 2015 (Studi Kasus: Trayek AH< LDH ADL). Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Brawijaya, 1(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)