POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BOTOLAMBAT 03 BATANG

Authors

  • D. Setyo Prabowo Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Rofian Rofian Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Intan Rahmawati Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v8i1.21349

Abstract

Permasalahnya prestasi belajar siswa sangat di pengaruhi oleh pola asuh orangtua yang berbeda-beda dan akan berdampak pada prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orangtua terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Botolambat 03 Batang yang berjumlah 24 siswa dan 24 orangtua siswa yang menjadi sumber penelitian. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelas IV ada 3 siswa kategori (Sangat Baik), 13 kategori (Baik), 8 kategori (Cukup), dan 0 kategori  (Kurang). Prestasi belajar dan pola asuh orangtua memiliki persentase yang berbeda-beda. Pola asuh cenderung Demokratis sebesar 12,5 (sangat baik), 45 (baik), 8,3 (cukup); cenderung Permisif 16 (cukup); cenderung Otoriter 4 (baik), 8,3 (cukup). Bisa disimpulkan bahwa terdapat tiga pola asuh orangtua, pola asuh cenderung demokratis, pola asuh cenderung permisif, dan pola asuh cenderung otoriter. Dan terdapat hubungan yang baik antara pola asuh orangtua dan prestasi belajar siswa, dengan begitu memberikan pola asuh yang tepat kepada anak akan berpengaruh terhadap nilai dan prestasi belajar anak.

Kata kunci: Pola asuh orangtua, prestasi belajar

Published

2019-10-15

Issue

Section

Articles