PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA BERBAHASA BALI MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN FILM PENDEK

Authors

  • I Gde Nyana Kesuma Program Studi Linguistik Terapan Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa, Universitas Udayana, Denpasar
  • I Wyn. Simpen Program Studi Linguistik Terapan Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa, Universitas Udayana, Denpasar
  • Md. Sri Satyawati Program Studi Linguistik Terapan Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa, Universitas Udayana, Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v8i1.21354

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukenali manfaat media pembelajaran film pendek dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan experimental design. Jenis-jenis penelitian eksperimen yang merujuk kepada penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan menggunakan desain penelitian Time-Series Design (One Group Pretest-posttest) dengan melibatkan sebanyak 271 siswa secara keseluruhan dari kelas A-H di SMP N 1 Payangan. Secara mengkhusus diambil dua kelas, satu kelas untuk kelas control dan satu kelas lainnya untuk kelas eksperimen. Dimana siswa yang terlibat di dalamnya berjumlah 68 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes untuk pretest  siswa, soal tes untuk posttest   siswa, bahan ajar dari rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan beberapa kali pertemuan, pedoman obserbasi siswa, guru dan bahan ajar, dan pedoman kuesioner guru dan siswa. Selain instrumen penelitian tersebut dengan catatan manual guru dan siswa, dan foto kegiatan selama proses kegiatan pembelajaran berlangsung. Metode yang digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh, yaitu kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penerapan media pembelajaran film pendek berpengaruh terhadap keterampilan menulis naskah drama berbahasa Bali siswa. Dari hasil analisis data terlihat bahwa besaranya efektivitas treatment berada pada kategori tinggi.

 

Kata kunci  :   media pembelajaran, film pendek, naskah drama

Downloads

Published

2019-10-15

Issue

Section

Articles