PENENTU PILIHAN KEBIJAKAN AKUNTANSI PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2015-2017)

Authors

  • Muhammad Zainul Abidin Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
  • Ari Budi Kristanto Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v8i1.21356

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, investment opportunity set, leverage keuangan, kompensasi bonus, kepemilikan publik dan tarif pajak efektif terhadap pilihan kebijakan akuntansi. Penelitian ini menggunakan tiga jenis pengukuran kebijakan akuntansi, yaitu : pengukuran persediaan, penyusutan dan aset tetap. Penelitian ini menggunakan 72 sampel perusahaan yang terdaftar di BEI pada tahun 2015-2017. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan investment opportunity set memiliki pengaruh negatif terhadap kebijakan akuntansi, sedangkan kepemilikan publik berpengaruh positif terhadap kebijakan akuntansi. Penelitian ini juga menemukan hasil bahwa ukuran perusahaan, leverage, kompensasi bonus dan tarif pajak efektif tidak memiliki pengaruh terhadap pilihan kebijakan akuntansi.

 

Kata kunci  :   Kebijakan Akuntansi, Ukuran Perusahaan, Investment Opportunity Set, Leverage Keuangan, Kompensasi Bonus, Kepemilikan Publik, Tarif Pajak Efektif

 

Published

2019-10-15

Issue

Section

Articles