HEGEMONI DAN NEGOSIASI DALAM GAYA BERBUSANA

Wury Dwiwardani, Wahyu Handayani Setyaningsih

Abstract


Tulisan ini berangkat dari ketertarikan pada fenomena fashion statement dari para pejabat publik akhir-akhir ini yang mendapat perhatian dari masyarakat luas. Saat ini, seorang pejabat publik tidak hanya akan mendapatkan perhatian dari khalayak luas karena official atau political statement yang disampaikannya, namun juga karena fashion statement yang ditampilkannya. Fashion statement tersebut memunculkan berbagai pendapat yang merepresentasikan nilai-nilai hegemonik terkait kode-kode fashion yang berlaku, sekaligus juga upaya melakukan negosiasi dan transformasi atasnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana hegemoni bekerja mengontrol persepsi masyarakat dalam memahami realitas, dan bagaimana negosiasi dan transformasi terjadi dalam kode-kode fashion. Analisis dilakukan dengan mencermati artikel dan komentar-komentar warganet di media-media daring untuk melihat makna yang tersirat. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terlihat adanya upaya untuk melakukan negosiasi dan transformasi pada kode-kode fashion. Fashion dan gagasan-gagasan yang disematkan padanya memunculkan kebutuhan mengkonsumsi pakaian serta assories penyertanya, dan membuka pasar yang tidak pernah mati bagi bisnis dan industri fashion. Pada akhirnya hegemoni budaya pada produk fashion bekerja untuk penguasa yang sesungguhnya, yaitu mereka para pemilik modal.


Keywords


Kode-Kode Fashion; Hegemoni Budaya; Negosiasi

References


Chaterine, R. N. (2019). Di Pelantikan Rektor UI, Nadiem Bicara Kemerdekaan Belajar-Dosen Penggerak. News.Detik.Com. https://news.detik.com/berita/d-4809275/di-pelantikan-rektor-ui-nadiem-bicara-kemerdekaan-belajar-dosen-penggerak

CNN Indonesia. (2019). Jokowi Sebut Jas Pakaian Eropa, BPN Singgung PP Pakaian Resmi. Www.Cnnindonesia.Com. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190327191140-32-381260/jokowi-sebut-jas-pakaian-eropa-bpn-singgung-pp-pakaian-resmi

Danesi, M. (2004). Popular Culture: Messages, Sign, and Meanings: A Basic Textbook in Semiotics and Comunication Theory (Third Edit). Canadian Scholars’ Press Inc.

Faruk. (2017). Pengantar Sosiologi Sastra dari Stukrutalisme Genetik sampai Post-Modernisme. Pustaka Pelajar.

Fisher, E. (2010). Media and New Capitalism in The Digital Age. PALGRAVE MACMILLAN.

Ibrahim, I. S., Malik, D. D., Rakhmat, J., & Latif, Yudi. (1997). Hegemoni Budaya (I. S. I. Ibrahim & D. D. Malik (eds.)). Yayasan Bentang Budaya.

Jensen, F., & Nangoy, F. (2019). Indonesian President’s Call for Calm Makes Fashion Statement. Www.Reuters.Com. https://www.reuters.com/article/us-indonesia-protests-jacket/indonesian-presidents-call-for-calm-makes-fashion-statement-idUSKBN132127

Kellner, D., & Rambatan, G. B. (2010). Budaya Media: Cultural Studies, Identitas, dan Politik antara Modern dan Postmodern (diterjemahkan oleh Galih Bondan Rambatan). Jalasutra.

Kurnia, I. (2019). Hadiri Pelantikan Rektor UI, Nadiem Ingatkan Peran PT dalam Menciptakan SDM Unggul. Menara62.Com. https://menara62.com/hadiri-pelantikan-rektor-ui-nadiem-ingatkan-peran-pt-dalam-menciptakan-sdm-unggul/

Meinhold, R., Irons, J., & Knowledge Unlatched - KU Select : B. (2014). A Critical Inquiry into Fashion. In Fashion Myths (pp. 9–36). Transcrpit Verlag. https://doi.org/10.14361/transcript.9783839424377.9

Muhyiddin. (2019). Cara Nadiem Berpakaian Saat Pelantikan Rektor UI Dikritik. Nasional.Republika.Co.Id. https://nasional.republika.co.id/berita/q2ejgu377/cara-nadiem-berpakaian-saat-pelantikan-rektor-ui-dikritik

Rizqo, K. A. (2019). Busana “Santai” Nadiem di Pelantikan Rektor Dikritik, Ini Kata Kemendikbud. News.Detik.Com. https://news.detik.com/berita/d-4812661/busana-santai-nadiem-di-pelantikan-rektor-dikritik-ini-kata-kemendikbud

Stefanie, C. (2016). Pemilik Asli Jaket Bomber yang Dikenakan Jokowi. Www.Cnnindonesia.Com. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20161108144414-277-171186/pemilik-asli-jaket-bomber-yang-dikenakan-jokowi

Storey, J., Rahmawati, L., & Adlin, A. (2007). Pengantar Komprehensif Teori dan Metode Cultural Studies dan Kajian Budaya Pop ( diterjemahkan oleh Laily Rachmawati) (A. Adlin (ed.)). Jalasutra.

Strinati, D., & Muchid, A. (2010). Popular Culture: Pengantar Menuju Teori Budaya Populer (diterjemahkan oleh Abdul Muchid). Ar Ruzz Media.

Tashandra, N., & Kumaladewi, B. (2019). Kata Desainer Soal Gaya Berpakaian Kasual Ala Nadiem Makarim. Lifestyle.Kompas.Com. https://lifestyle.kompas.com/read/2019/12/06/092601020/kata-desainer-soal-gaya-berpakaian-kasual-ala-nadiem-makarim

Walton, D. (2008). Introducing Cultural Studies: Learning Through Practice. SAGE Publications.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jish-undiksha.v10i1.28126

Article Metrics

Abstract view : 230 times
PDF (Bahasa Indonesia) file view : 149 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.