KOMUNITAS JOLI JOLAN MENCEGAH PERILAKU KONSUMTIF MASYARAKAT DI SOLO

Authors

  • Sarah Dinar Kurniati Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Abdul Rahman Universitas Sebelas Maret
  • Yosafat Hermawan Trinugraha Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v10i2.32285

Keywords:

Barter, Komunitas, Konsumtif, Pemasaran, Sosial

Abstract

Penggunaan teknologi terus meningkat termasuk promosi online dan pasar digital. Keduanya memudahkan berbelanja menuju perilaku konsumtif. Penelitian ini menggunakan teori Pertukaran Sosial karya Peter Blau untuk membahas komunitas Joli Jolan, yang menawarkan transaksi barang, barter, untuk memperkuat peran sosial dalam mencegah perilaku konsumtif. Tujuan penelitian ini membahas komunitas Joli Jolan sebagai pasar alternatif agar masyarakat tidak berperilaku konsumtif di era digital. Penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus ini melibatkan dua belas informan, termasuk satu pelopor Joli Jolan, empat anggota tetap, dan tujuh pengunjung. Wawancara, observasi dan dokumentasi telah digunakan dalam mengumpulkan data primer dan sekunder, lalu dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Temuan menegaskan bahwa masyarakat hidup berperilaku konsumtif karena faktor eksternal: pemasaran online, promosi, dan kampanye. Sebagai antitesa baru, komunitas Joli Jolan telah membangkitkan pemasaran konvensional: barter, Food Not Boom, workshop, dan pembagian susu gratis. Pengunjung dan anggota Joli Jolan menikmati suasana kehidupan sosial menyenangkan ini. Mereka menikmati pertukaran barang untuk menghemat uang. Mereka menikmati pembicaraan informal, kesenangan dan makanan gratis dari komunitas Joli Jolan. Mereka juga mengikuti lokakarya untuk memahami perilaku konsumtif dan tata kelola kas keluarga. Anggota Joli Jolan mengapresiasi donasi dari masyarakat dan pengunjung. Dana tersebut kemudian mereka gunakan untuk membina lingkungan masyarakat. Dengan demikian, komunitas Joli Jolan telah menjadi a unique social market yang dipercaya dan berkelanjutan dilakukan oleh dan untuk komunitas.

Author Biographies

Sarah Dinar Kurniati, Universitas Sebelas Maret Surakarta

Dosen Program Studi Pendidikan Sosiologi Antropologi Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Abdul Rahman, Universitas Sebelas Maret

Dosen Pendidikan Sosiologi Antropologi Universitas Sebelas Maret Surakarta

Yosafat Hermawan Trinugraha, Universitas Sebelas Maret

Dosen Pendidikan Sosiologi Antropologi Universitas Sosiologi Antropologi

References

Azizah, S. N., Purnomo, A., & Sukamto. (2020). Interaksi Anggota Karang Taruna Bhakti Pertiwi Dalam Pengembangan Wisata Andeman Boonpring Di Desa Sanankerto Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Jurnal IIlmu SosIal Dan Humaniora, 9(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jish-undiksha.v9i2.18006

Blau, P. M. (1986). Exchange and Power in Social Life. New York : Transaction Publishers.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta : PUSTAKA PELAJAR.

Derajad. (2013). 3 Dari 5 Masyarakat Solo Konsumtif Irasional. https://uns.ac.id/id/uns-update/3-dari-5-masyarakat-solo-konsumtif-irasional.html

Enrico, A., Aron, R., & Oktavia, W. (2014). The Factors That Influenced Consumptive Behavior: A Survey Of University Students In Jakarta. International Journal of Scientific and Research Publications, 4(1). https://doi.org/10.29322

Hidayat, T. B. W., Punia, I. N., & Kebayantini, N. L. N. (2018). Peran Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Kaum Remaja Di Desa Tegal Kertha, Kecamatan Denpasar Barat, Kota Denpasar. Jurnal Ilmiah Sosiologi (Sorot), 1(1). https://ojs.unud.ac.id/index.php/sorot/article/view/37817

Kotler, P. (2000). Marketing Management, Edisi Milenium,. London: Prentice-Hall.

Lestari, D. I., & Kamil, M. (2018). Perilaku Masyarakat Dunia Maya Pada Pelatihan Online Di Komunitas Ibu Profesional. Jurnal IIlmu SosIal Dan Humaniora, 7(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jish-undiksha.v7i1.14160

Mahrunnisya, D., Indriayu, M., & Kusuma, D. W. (2018). Peer Conformity Through Money Attitudes Toward Adolescence’s Consumptive Behavior. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding (IJMMU, 5(4). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v5i4.163

Nawawi, H. (1993). Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Pers.

Rini, D. S. (2016). Eksistensi Komunitas Pecinta Reptil Bangka (PERBAK) di Kota Pangkalpinang [Universitas Bangka Belitung]. http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/706

Ritzer, G. (2014). Teori Sosiologi edisi 8. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Soebiyakto. (1988). Wanita dan Media Massa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyanto, D. (2019). Masyarakat RI Masih Doyan Belanja Nih Buktinya. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4653100/masyarakat-ri-masih-doyan-belanja-nih-buktinya

Usni, E., Daulay, H., Manurung, R., Ismail, R., & Sitorus, H. (2019). Gaya Hidup Remaja dan Pengunaan Telepon Seluler di Kota Medan. JUPIIS : Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 11(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jupiis.v11i2.12811

Published

2021-08-14

Issue

Section

Articles