KEBIJAKAN PEMERINTAH INDONESIA DALAM MENANGGULANGI COVID-19 BERDASARKAN INSTRUMEN HUKUM INTERNASIONAL

I Ketut Sukawati Lanang Putra Perbawa

Abstract


Pandemi Covid-19 merupakan wabah penyakit yang mematikan, penyebaran covid-19 di Indonesia sangat mempengaruhi kesehatan masyarakat Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kebijakan pemerintah indonesia dalam menanggulangi covid-19 berdasarkan instrumen hukum internasional. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus. Subjek dan objek pembahasan didalam penelitian ini adalah kebijakan pemerintah indonesia dalam menanggulangi covid-19. Metode pengumpulan dalam penelitian ini adalah dengan menganalisis kebijakan-kebijakan yang telah dibuat oleh pemerintah Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis data statistik kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu Indonesia membentuk kebijakan yang dapat menghambat penyebaran covid-19, adapun kebijakan-kebijakan yang dibentuk oleh pemerintah Indonesia dibagi menjadi dua aspek, pertama dalam hal kesehatan dan kedua dalam aspek hak asasi manusia. Simpulan penelitian ini adalah kebijakan yang dibentuk oleh pemerintah Indonesia dibagi menjadi dua aspek, pertama dalam hal kesehatan dan kedua dalam aspek hak asasi manusia sudah dilaksankan dan diharapkan dapat menanggulangi penyebaran covid-19 berdasarkan instrumen hukum internasional.


Keywords


Covid-19; Kebijakan; Konvensi Internasional

References


Andiarna, F., & Kusumawati, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 16(2). https://doi.org/10.24014/jp.v16i2.10395

Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289.

Boleslawski, E., Decanter, G., Truant, S., Bouras, A. F., Sulaberidze, L., Oberlin, O., & Pruvot, F. R. (2012). Right hepatectomy with extra-hepatic vascular division prior to transection: Intention-to-treat analysis of a standardized policy. Hpb, 14(10), 688–699. https://doi.org/10.1111/j.1477-2574.2012.00519.x

Chen, C. W. S., Lee, S., Dong, M. C., & Taniguchi, M. (2021). What factors drive the satisfaction of citizens with governments’ responses to COVID-19? International Journal of Infectious Diseases, 102, 327–331. https://doi.org/10.1016/j.ijid.2020.10.050

Dewi, E. U. (2020). Pengaruh Kecemasan Saat Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Stikes William Surabaya. Jurnal Keperawatan, 9(1). https://doi.org/10.47560/kep.v9i1.210

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 165–175. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

Galih, Y. S. (2017). Kewajiban Negara Melindungi Anak Bangsa. Jurnal Ilmiah Galuh Justisi, 5(1). https://doi.org/10.25157/jigj.v5i1.249

Goldschmidt, K. (2020). The COVID-19 Pandemic: Technology use to Support the Wellbeing of Children. Journal of Pediatric Nursing, 53, 88–90. https://doi.org/10.1016/j.pedn.2020.04.013

Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Olivia, S., Gibson, O., & Nasrudin, R. (2020). Indonesia in the Time of Covid-19. Bulletin of Indonesian Economic Studies, 56(2), 143–174. https://doi.org/10.1080/00074918.2020.17

Pratama, L. D., Lestari, W., & Astutik, I. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Edutainment Di Tengah Pandemi Covid-19. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 413–423. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2783

Rahayu, S. E., & Febriaty, H. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Pasar Valuta Asing Pada Mata Kuliah Ekonomi Internasional 2 (Studi Mahasiswa Semester 5 Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi UMSU). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 94–107. https://doi.org/10.30596/jimb.v17i2.960

Sabet, M., Zafarghandi, A., Prasojo, L., Idi, A., & Karkaraq, A. (2018). Pengaruh Tugas Pemecahan Masalah pada Membaca Kritis Siswa EFL Menengah dalam Konteks Iran. Jurnal Internasional Linguistik Terapan & Sastra Inggris. https://doi.org/10.7575/aiac.ijalel.v.7n.1p.99

Suryaman, M. (2015). Analisis Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Literasi Membaca Melalui Studi Internasional (Pirls) 2011. Litera, 14(1), 170–186. https://doi.org/10.21831/ltr.v14i1.4416

Wang, Z., Duan, Y., Jin, Y., & Zheng, Z.-J. (2020). Coronavirus disease 2019 (COVID-19) pandemic: how countries should build more resilient health systems for preparedness and response. Global Health Journal, 4(4), 139–145. https://doi.org/10.1016/j.glohj.2020.12.001

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 236–240. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142

Yunus, Rohim, N., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lockdown Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. Jurnal Sosial & Budaya Syar-I FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 7(3), 227–238. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15083

Zajacova, A., Jehn, A., Stackhouse, M., Choi, K. H., Denice, P., Haan, M., & Ramos, H. (2020). Mental health and economic concerns from March to May during the COVID-19 pandemic in Canada: Insights from an analysis of repeated cross-sectional surveys. SSM - Population Health, 12, 100704. https://doi.org/10.1016/j.ssmph.2020.100704




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jish-undiksha.v10i1.33517

Article Metrics

Abstract view : 1039 times
PDF (Bahasa Indonesia) file view : 979 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.