IMPLIKASI REFORMASI BIROKRASI TERHADAP KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN WARGA DI KOTA TIDORE KEPULAUAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v10i3.35375Keywords:
Reformasi Birokrasi, Kepercayaan Warga, Kepuasan Warga, Pemerintah Daerah, Pelayanan PublikAbstract
Reformasi birokrasi merupakan upaya perbaikan sistem penyelenggaraan pemerintahan, khususnya pada aspek kelembagaan, manajemen, dan sumber daya manusia. Namun, secara empirik hal ini justru berbanding terbalik dengan area-area reformasi birokrasi yang dicanangkan dalam regulasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implikasi reformasi birokrasi terhadap kepercayaan dan kepuasan masyarakat pada pemerintah dan pelayanan publik yang dilakukan di Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan data primernya adalah survey hasil kuesioner berjumlah 225 responden, serta menggunakan software SmartPLS 3.3.3 sebagai alat analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel regulasi dan akuntabilitas berimplikasi positif dan signifikan terhadap kepercayaan warga terhadap pemerintah, serta kepercayaan warga terhadap pemerintah yang juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan warga terhadap pelayanan publik. Sementara variabel prosedur, struktur organisasi, sumber daya manusia, dan teknologi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepercayaan warga terhadap pemerintah. Penelitian ini berkontribusi sebagai salah satu acuan untuk membenahi birokrasi di Kota Tidore Kepulauan, terutama pada variabel-variabel yang berpengaruh dan signifikan. Penelitian komparatif dengan dua lokus yang berbeda, jumlah responden yang lebih banyak, hingga jangka waktu penelitian yang lebih lama, perlu dilakukan untuk penelitian-penelitian selanjutnya.
References
Afifuddin. (2019). Existence of the Max Web Bureaucratic Concept as Agent of Change of Bureaucration Reform in Indonesia. JI_Mild (Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi), X(1), 4–12. http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/MILD/article/view/2064
Alshamsi, O., Ameen, A., Nusari, M., Abuelhassan, A. E., & Bhumic, A. (2019). Towards a better understanding of relationship between Dubai smart government characteristics and organizational performance. International Journal of Recent Technology and Engineering (IJRTE), 8(2 Special Issue 10), 310–318. https://doi.org/10.35940/ijrte.B1052.0982S1019
Aprilia, M. S., & Puspitarini, R. C. (2021). Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Mal Pelayanan Publik Kota Probolinggo. Jurnal Ilmiah Politik, Kebijakan, & Ilmu Sosial (Publicio), 3(1), 56–61.
Arwati, D., & Latif, D. V. (2021). E Government And Public Satisfaction Of Bandung City Government Accountability. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(8), 501–504.
Astrid, R. R. K., Pribadi, U., & Iqbal, M. (2020). Factors that Influence E-Government Utilizing Towards E-Report Application ( Case Study : Comparasion between Lapor Sleman and Jogja Smart Service ( JSS ) In 2018 ). KKU International Journal of Humanities and Social Sciences, 10(1), 1–25.
Batara, E., Nurmandi, A., Warsito, T., & Pribadi, U. (2017). Are government employees adopting local e-government transformation?: The need for having the right attitude, facilitating conditions and performance expectations. Transforming Government: People, Process and Policy, 11(4), 612–638. https://doi.org/10.1108/TG-09-2017-0056
BPS Kota Tidore Kepulauan. (2020). Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur (Jiwa), 2017-2019. Tikepkota.Bps.Go.Id. https://tikepkota.bps.go.id/indicator/12/169/1/jumlah-penduduk-menurut-kelompok-umur.html
Dahlila, & Frinaldi, A. (2020). Inovasi Dukcapil Digi Mobil dalam Meningkatkan Pelayanan Publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pariaman. JESS (Journal of Education on Social Science), 4(2), 241–254.
Dewi, E. Y. (2019). Pengukuran Kepuasan Masyarakat Atas Pelayanan Publik di Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 5(1), 109–117.
Ediwijoyo, S. P. (2020). Kualitas Pelayanan Perizinan Satu Pintu di Kabupaten Kebumen. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 4(1), 12–24. https://doi.org/10.37339/e-bis.v4i1.249
Eldo, D. H. A. P., & Mutiarin, D. (2019). Analisis Best Practice Inovasi Pelayanan Publik (Studi pada Inovasi Pelayanan “Kumis MbahTejo” di Kecamatan Tegalrejo Kota Yogyakarta). Jurnal Manajemen Pelayanan Publik, 1(2), 156–167. https://doi.org/10.24198/jmpp.v1i2.16753
Falahuddin, & Frinaldi, A. (2020). Reformasi Birokrasi dalam Pelayanan Publik pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Padang Panjang. Jurnal Teori Dan Praktek Administrasi Publik, IV(1), 13–19.
Firdaus, & Lawati, S. (2019). Keterjangkauan Informasi dalam Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Studi Kebijakan (JIASK), 2(1), 1–7. https://doi.org/10.48093/jiask.v2i1.14
Hamid, R. S., & Anwar, S. M. (2019). Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Varian: Konsep Dasar dan APlikasi dengan Program SmartPLS 3.2.8 dalam Riset Bisnis. PT Inkubator Penulis Indonesia.
Haning, M. T. (2018). Reformasi Birokrasi di Indonesia: Tinjauan Dari Perspektif Administrasi Publik. Jurnal Analisis Kebijakan Dan Pelayanan Publik, 4(1), 25–37.
Haryono, S. (2017). Metode SEM untuk Penelitian Manajemen AMOS LISREL PLS. Luxima Metro Media.
Hasanah, D. I. (2019). Moral dan Etika Birokrasi dalam Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(1), 48–58.
Hidayat, F. Z., & Samputra, P. L. (2020). Evaluasi Tingkat Kepuasan Masyarakat Pengguna Maskapai Penerbangan Kelas Ekonomi Sebelum dan Setelah Kebijakan Kenaikan Tarif Tiket. Akuntabel, 17(1), 122–132.
Indiahono, D. (2021). Bureaucratic Reform by Building Trust in Citizens: Best Practices from Local Online Complaints. Policy & Governance Review, 5(2), 146. https://doi.org/10.30589/pgr.v5i2.347
Kautsarina, Hidayanto, A. N., Anggorojati, B., Abidin, Z., & Phusavat, K. (2020). Data modeling positive security behavior implementation among smart device users in Indonesia: A partial least squares structural equation modeling approach (PLS-SEM). Data in Brief, 30, 1–10. https://doi.org/10.1016/j.dib.2020.105588
Kemenpan RB RI. (2020). Permenpan RB RI No 25 Tahun 2020 tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2020-2024.
Kesuma Putri, A., Valeriani, D., Wibawa, D. P., & Wahyudi, N. (2021). Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap DPMPTSP dan Naker Kota Pangkalpinang. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 10(1), 23–34. http://dx.doi.org/10.23887/jish-undiksha.v10i1.23337
Kholifah, R. N., & Setiyono, B. (2018). Survey Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan E-Ktp Di Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Diponegoro Journal of Social and Political, 1–10.
Kusuma, M. D. P., & Pribadi, U. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Perilaku Pengguna Aplikasi “Jogja Istimewa” Melalui Unified Model of Electronic Government Adoption (UMEGA). Jurnal MODERAT, 6(4), 771–791.
Kusumah, S., Satriadi, Agusven, T., & Hardiansyah, R. (2018). Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pengiriman Barang Oleh Kantor Pos Cabang Tanjungpinang. The 7th University Research Colloquium 2018, 208–214.
Malut Post. (2021). Kepatuhan Layanan Publik Bakal Dinilai. Ombudsman.Go.Id. https://ombudsman.go.id/perwakilan/news/r/pwk--kepatuhan-layanan-publik-bakal-dinilai
MC Kota Tidore. (2021). Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan di Kota Tidore. Infopublik.Id. https://infopublik.id/kategori/nusantara/521072/pengelolaan-informasi-administrasi-kependudukan-di-kota-tidore
MenPAN-RB. (2015). Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 11 Tahun 2015 tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2015-2019.
MenPAN-RB. (2020). Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 25 Tahun 2020 tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2020-2024.
Muslim, J., & Irwandi. (2017). Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pada Dinas Perhubungan Kota Bandung Tahun 2016. Jurnal Adhum, VII(1), 10–16.
Mustaqim, H., Nurmayunita, Sabri, Ahmad, Wandi, & Samad. (2020). Inner and Outer Model of Work Culture and Employee Performance of Company in Batam Area. PalArch’s Journal Od Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(7), 4740–4748.
Pratama, R. P. (2020). Determinan yang Mempengaruhi Program Inovasi Gerai Cepat Dukcapil (Gercep Dukcapil) di Kabupaten Bekasi. Journal of Public Policy and Applied Administration, 2(1), 16–31.
Pribadi, U., & Kim, H. J. (2021). Impacts of cultural behavior of civil servants on citizens’ satisfaction: A survey on licensing services of Indonesian local government agencies. Journal of Public Affairs, February, 1–9. https://doi.org/10.1002/pa.2662
Sandra, E., & Maryati. (2020). Kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan Publik di Kantor Kelurahan Kijang Kota : Suatu Catatan Survey. NeoRespublica: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 2(1), 56–69.
Setiawan, E., Winarno, W. W., & Fudholi, D. H. (2021). Analisis Faktor Penerimaan Layanan e-Government dengan Menggunakan Model UTAUT2 dan GAM di Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Media Informatika Budidarma, 5(1), 34–41. https://doi.org/10.30865/mib.v5i1.2565
Sulistyo, I. N., & Ediwidjojo, S. P. (2020). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 4(2), 276–286. https://doi.org/10.37339/e-bis.v4i2.386
Umam, U., & Adianto. (2020). Efektivitas Mal Pelayanan Publik (MPP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dalam Pelaksanaan Pelayanan Publik. Jurnal Humaniora, 4(1), 160–165.
Umar, A., Amrin, Madani, M., Farida, U., Yusriadi, Y., Tamsa, H., Bahtiar, Ansar, Yahya, M., Nurnaningsih, Alam, S., Gunawan, H., Darwis, Sahabuddin, C., Jamaluddin, Misbahuddin, Elpisah, Akbar, Z., Sakkir, G., … Misnawati, M. (2019). One-Stop Service Policy as a Bureaucratic Reform in Indonesia. Academy of Strategic Management Journal, 18(2), 1–12.
Wakhid, A. A. (2017). Reformasi Pelayanan Publik di Indonesia. Jurnal TAPIs, 01(14), 53–59.
Yuliati, & Wahyuningsih, S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Komitmen terhadap Kepuasan Masyarakat: Studi di Kelurahan Pandean Lamper Kecamatan Gayamsari Kota Semarang. Fokus Ekonomi : Jurnal Ilmiah Ekonomi, 14(2), 324–336. https://doi.org/10.34152/fe.14.2.324-336
Yusuf, Y. (2021). Wali Kota Ali Ibrahim Terapkan 7s McKinsey, Tidore Kepulauan Raih 7 Kali WTP. Daerah.Sindonews.Com. https://daerah.sindonews.com/read/546256/174/wali-kota-ali-ibrahim-terapkan-7s-mckinsey-tidore-kepulauan-raih-7-kali-wtp-1632154147/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)