Perubahan Peran Perempuan pada Sektor Pertanian di Desa Tandawang

Authors

  • Bawon Rizki Amalia Universitas Brawijaya
  • Yayuk Yuliati Universitas Brawijaya
  • Siti Kholifah Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jish.v11i1.36899

Keywords:

Perubahan Peran, Perempuan, Sektor Pertanian

Abstract

Sektor pertanian identik dengan kekuatan fisik laki-laki. Namun, dengan berjalannya waktu banyak perempuan yang bekerja di sektor pertanian. Padahal, perempuan mendapat stereotype lemah. Penelitian ini bertujuan menganalisis proses perubahan peran perempuan dan penyebab perubahan peran perempuan, serta menganalisis dampak dari adanya perubahan peran perempuan di sektor pertanian di Desa Tandawang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif, dengan pendekatan kualitatif serta menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan perjodohan pola. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejak tahun 2010 terjadi perubahan peran perempuan di sektor pertanian di Desa Tandawang. Mayoritas perempuan mengerjakan hampir seluruh peran di sektor pertanian. Tetapi, perempuan belum sepenuhnya mendapatkan akses sumberdaya pertanian, serta kontrol atau pengambilan keputusan. Di sisi lain, perempuan mendapatkan perubahan manfaat dengan bekerja di sektor pertanian. Perubahan peran perempuan di sektor pertanian disebabkan kebutuhan ekonomi, banyak laki-laki beralih profesi, dan perubahan permintaan tenaga kerja. Bekerjanya perempuan di sektor pertanian dapat memperbaiki kesejahteraan keluarga. Akan tetapi, perempuan mendapatkan peran ganda di sektor publik dan domestik. Dalam feminis liberal, perempuan hanya menginginkan kesetaraan hak yang sama dengan laki-laki. Bekerjanya perempuan di sektor pertanian tidak membuat kesetaraan gender, melainkan yang terjadi ekploitasi terhadap perempuan. 

Author Biographies

Bawon Rizki Amalia, Universitas Brawijaya

Bawon Rizki Amalia, S.Sos. Mahasiswa Magister Ilmu Sosial Universitas Brawijaya Malang Jawa Timur

Yayuk Yuliati, Universitas Brawijaya

Prof. Dr. Ir. Yayuk Yuliati, MS. Dosen Universitas Brawijaya Malang Jawa Timur

Siti Kholifah, Universitas Brawijaya

Siti Kholifah, S.Sos., M.Si., Ph.D. Dosen Universitas Brawijaya Malang Jawa Timur

References

Bungin, B. (2001). Metodologi Penelitian Sosial: Format-format kuantitatif dan Kualitatif. Airlangga University Press.

Gupta, S., Vemireddy, V., Singh, D., Pingali, P., & States, U. (2019). Adapting the Women ’ s empowerment in agriculture index to specific country context : Insights and critiques from fieldwork in India. Global Food Security, 23(September), 245–255. https://doi.org/10.1016/j.gfs.2019.09.002

Hanum, F. (2018). Kajian Dan Dinamika Gender. Intrans Publishing.

Harahap, R. B. (2018). Jurnal Kajian Gender Dan Anak Di Desa Tobing Julu Kec Huristak Kab Padang Lawas Risalan Basri Harahap Jurnal Kajian Gender dan Anak, 2(1), 71–90.

Jia-cheng, L. I. U., Zhi-gang, X. U., Qiu-fen, Z., & Hua, L. (2019). Is the feminization of labor harmful to agricultural production ? The decision-making and production control perspective. Journal of Integrative Agriculture, 18(6), 1392–1401. https://doi.org/10.1016/S2095-3119(19)62649-3

Kepala Desa Tandawang. (2020). Olahan Data Desa Tandawang.

Kumendong, S., Sondakh M. L., dan Tarore, M. L. G. (2021). Peranan Sektor Pertanian dalam Penyerapan Tenaga ...(Stenly Kumendong, Mex L. Sondakh, dan Melissa L. G. Taroreh). 148–158.

Martono, N. (2012). Sosiologi Perubahan Sosial. RajaGrafindo Persada.

Mulyaningsih, A., Hubeis, A. V. S., Sadono, D., & Susanto, D. (2019). Jurnal Penyuluhan, Maret 2018 Vol. 14 No. 1 Partisipasi Petani pada Usahatani Padi, Jagung, dan Kedelai Perspektif Gender. 14(1), 145–158.

Ratmayani, Rahmadani, D. S. (2018). Relasi Gender Pada Rumah Tangga Petani Cengkeh : Studi Kasus Rumah Tangga Petani Cengkeh di Desa Seppong , Kecamatan Tammero ’ do , Kabupaten Majene , Sulawesi Barat. 14(1).

Tong, R. P. (2010). Feminist Thought: Pengantar Paling Komperhensif Kepada Arus Utama Pemikiran Feminis. Percetakan Jalasutra.

Yin, R. K. (2015). Studi Kasus: Desain dan Metode. RajaGrafindo Persada.

Yuliati, Y. (2013). Peranan Perempuan Tengger Dalam Pengelolaan Longkungan. Tunggal Mandiri Publishing.

Yuliati, Y. (2019). Peningkatan Kapasitas Perempuan Tani Dalam Penguatan Feminisasi Pertanian: Pidato Pengukuhan Profesor dalam Bidang Ilmu Sosiologi Pertanian pada Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya.

Published

2022-04-01

Issue

Section

Articles