DAMPAK PENDIDIKAN DAN STATUS BEKERJA IBU TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PRASEKOLAH ANAK DI JAWA BARAT

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v10i3.37863

Keywords:

Prasekolah, Pendidikan Usia Dini, Status Ibu Bekerja, Pendidikan Ibu

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah dampak pendidikan ibu serta status ibu bekerja terhadap pengambilan keputusan menyekolahkan anak di usia dini. Data yang digunakan adalah data SUSENAS Jawa Barat tahun 2018. Metode yang digunakan adalah analisis probabilitas logit dan probit. Pendidikan ibu berdasarkan jenjang terakhir yang dimiliki merupakan variabel independen, dan status ibu bekerja sebagai dummy variable. Hasilnya menunjukkan bahwa pendidikan ibu yang lebih tinggi cenderung memperbesar peluang seorang anak mengikuti prasekolah dibandingkan ibu yang pendidikan SD ke bawah. Begitu pula status ibu bekerja cenderung memperbesar peluang anak mengikuti prasekolah dibandingkan ibu yang tidak bekerja.

References

Anderson, K. J., & Minke, K. M. (2007). Parent Involvement in Education: Toward an Understanding of Parents’ Decision Making. The Journal of Educational Research, 100(5), 311–323. https://doi.org/10.3200/JOER.100.5.311-323

BPS. (2021). Angka Partisipasi Kasar (APK) Anak Yang Mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Menurut Jenis Kelamin 2018-2020. https://www.bps.go.id/indicator/28/1441/1/angka-partisipasi-kasar-apk-anak-yang-mengikuti-pendidikan-anak-usia-dini-paud-menurut-jenis-kelamin.html

BPS Provinsi Jawa Barat. (2021). Provinsi Jawa Barat Dalam Angka 2020.

Breinholt, A., & Holm, A. (2020). Heterogeneous effects of less educated mothers’ further education during early childhood on children’s educational performance in adolescence. Research in Social Stratification and Mobility, 68, 100506. https://doi.org/10.1016/j.rssm.2020.100506

Cui, Y., Liu, H., & Zhao, L. (2019). Mother’s education and child development: Evidence from the compulsory school reform in China. Journal of Comparative Economics, 47(3), 669–692. https://doi.org/10.1016/j.jce.2019.04.001

Delalibera, B. R., & Ferreira, P. C. (2019). Early childhood education and economic growth. Journal of Economic Dynamics and Control, 98, 82–104. https://doi.org/10.1016/j.jedc.2018.10.002

Dewi, P. M. (2012). Partisipasi Tenaga Kerja Perempuan dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga. Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan. https://ocs.unud.ac.id/index.php/jekt/article/view/1906/1360

Dryden, G., & Jeanette, V. (2002). Revolusi Belajar. Penerbit Kaifa.

Filtri, H. (2017). Perkembangan Emosional Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun Ditinjau dari Ibu yang Bekerja. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 32–38. https://doi.org/10.31849/PAUDLECTURA.V1I1.501

Geofanny, R. (2016). Perbedaan Kemandirian Anak Usia Dini Ditinjau Dari Ibu Bekerja dan Ibu Tidak Bekerja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(4), 464–471. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/psikoneo/article/view/4230

Gimenez-Nadal, J. I., & Molina, J. A. (2013). Parents’ education as a determinant of educational childcare time. Journal of Population Economics, 26(2), 719–749. https://doi.org/10.1007/s00148-012-0443-7

Hakim, C. (2002). Lifestyle Preferences as Determinants of Women’s Differentiated Labor Market Careers. Work and Occupations, 29(4), 428–459. https://doi.org/10.1177/0730888402029004003

Kelly, M. (2020). Parents Play a Critical Role in Education. Thoughtco.

Kemendikbud. (2020). APK PAUD 2019/2020. Http://Publikasi.Data.Kemdikbud.Go.Id/.

Magnuson, K. A., & Duncan, G. J. (2016). Can Early Childhood Interventions Decrease Inequality of Economic Opportunity? RSF: The Russell Sage Foundation Journal of the Social Sciences, 2(2), 123. https://doi.org/10.7758/rsf.2016.2.2.05

Martinson, M. L., & Choi, K. H. (2019). Low birth weight and childhood health: the role of maternal education. Annals of Epidemiology, 39, 39-45.e2. https://doi.org/10.1016/j.annepidem.2019.09.006

McRae, S. (2003). Constraints and Choices in Mothers’ Employment careers: a Consideration of Hakim’s Preference Theory. The British Journal of Sociology, 54(3), 317–338. https://doi.org/10.1111/j.1468-4446.2003.00317.x

Nurani S, Y. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT. Indeks.

Rahman, S. M. M., Subramanian, S. V, Houser, R., Liu, L., Ashworth, A., Tekeste, A., Semba, R. D., Pee, S. de, Sun, K., Sari, M., Akhter, N., & Bloem, M. W. (2008). Effect of parental formal education on risk of child stunting in Indonesia and Bangladesh: a cross-sectional study. The Lancet, 371(9609), 322–328. https://doi.org/10.1016/j.annrmp.2005.04.008

Rahmat, J. (2005). Belajar Cerdas. Penerbit MLC.

Solehudin, M. (2018). Baru 11 Persen Anak Usia Dini di Jabar yang Tersentuh PAUD. Detik.Com. https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-4413398/baru-11-persen-anak-usia-dini-di-jabar-yang-tersentuh-paud

Sulistyaningsih, W. (2005). Kesiapan Bersekolah Ditinjau Dari Jenis Pendidikan Pra Sekolah Anak Dan Tingkat Pendidikan Orangtua. Psikologia, 1(1). http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/15709?locale-attribute=en

Yizengaw, J. Y., & Tessega, M. (2020). The implementation of early childhood care and education (ECCE) in Bahir Dar city administration: A comparative study between private and public pre-primary schools. Social Sciences & Humanities Open, 2(1), 100013. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2020.100013

Published

2021-12-01

Issue

Section

Articles