Pengaruh City Branding dan City Image terhadap City Identity dan Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Kota Jakarta, Indonesia

Authors

  • Amrullah Amrullah Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti
  • Nurbaeti Nurbaeti Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti
  • Heny Ratnaningtyas Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti
  • David Manumpak Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti
  • Muh. Rajesh Singh Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti
  • Joshua Budi Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.23887/jish.v11i2.44960

Keywords:

City Branding, City Image, City Identity, Keputusan Berkunjung Wisatawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh city branding dan city image terhadap city identity dan keputusan kunjungan wisatawan ke Kota Jakarta. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif dengan program Smart PLS. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung ke Kota Jakarta. Hasil penelitian, city branding dan city image berpengaruh signifikan terhadap city identity, sedangkan city branding dan city image tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung, kemudian identitas kota berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung. Slogan Enjoy Jakarta akan menjadikan Kota Jakarta memiliki identitas di mata wisatawan, sehingga identitas Kota Jakarta tidak boleh hilang. Salah satu city image Kota Jakarta adalah padatnya penduduk, mengharuskan Pemerintah DKI Jakarta untuk menjaga sisa identitas Kota Jakarta yang dulunya memiliki kota hijau dan ruang terbuka dengan mendirikan wisata mangrove dan taman wisata. Hal ini sangat baik untuk kunjungan wisatawan. Kemacetan akan berdampak pada keengganan wisatawan untuk berkunjung ke Kota Jakarta. Kota Jakarta hanya dianggap sebagai kota transit sebelum sampai di tempat tujuan wisatanya. Oleh karena itu, harus ada sisa identitas Kota Jakarta yang dipertahankan oleh Pemprov DKI Jakarta. Hal ini akan berdampak pada keputusan untuk mengunjungi wisatawan. Pemerintah DKI Jakarta diharapkan dapat memberikan lebih banyak destinasi wisata yang memperkenalkan budaya Betawi mulai dari kesenian Betawi, rumah adat, pakaian hingga makanan khas Betawi pada setiap acara.

References

Amar. (2009). Identitas Kota, Fenomena dan Permasalahannya. Jurnal Ruang, 1(1): 55-59.

Badan Pusat Statistik Jakarta. (2020). Jumlah Kunjungan Wisatawan di Jakarta. Diakses Pada 30 Desember 2021, dari https://jakarta.bps.go.id.

Bahtiar, I., Martini, N. N. P., & Reskiputri, T. D. (2021). Pengaruh City Branding Pada City Image Dan Keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Wisata Hutan Bambu Kabupaten Lumajang. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(2): 99-108.

Bawole, A. J., Lumanaw, B., & Wenas, R. S. (2021). Pengaruh City Branding dan City Image Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Kota Manado. Jurnal Emba, 9(2): 579-588.

Budiman, I. T. R., Rondouwu, D. M., & Tungka, A. E. (2018). Analisis Elemen-Elemen Pembentuk Citra Kota Di Kawasan Perkotaan Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe. Jurnal Spasial, 5(2): 190-199.

Jannah, B., Arifin, Z., & Kusumawati, A. (2014). Pengaruh City Branding Dan City Image Terhadap Keputusan

Berkunjung Wisatawan Ke Banyuwangi. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 17(1): 1-7.

Dinas Pariwisata DKI Jakarta. (2021). Jumlah Objek Wisata Di DKI Jakarta. Diakses Pada 12 September 2021, dari https://data.jakarta.go.id.

Luthfi, A., & Widyaningrat A. I. (2018). Konsep City Branding Sebuah Pendekatan “The City Brand Hexagon” Pada Pembentukan Identitas Kota. Seminar Nasional Manajemen dan Bisnis ke-3 Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember: 315-323.

Prabainastu, H. (2020). Pengaruh City Branding dan City Image Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Kota Denpasar. Jurnal Destinasi Pariwisata, 8(2): 184-188.

Rahman, A. (2015). Revitalisasi Kawasan Kota Tua Jakarta Sebagai Upaya Mengembalikan Identitas Kota. Prosiding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur & Teknik Sipil), 6: A1-A8.

Ratnaningtyas, H., Nurbaeti, N., Asmaniati, F., & Bilqis, L. D. R. (2021). Berwisata Ke Kota Jakarta Dengan Kemacetannya. JMPP: Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata, 4(2). 58-66.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :

Alfabeta, CV.

Wandari, L. A., Kunadji, S., & Kusumawati, A. (2014). Pengaruh City Branding “Shining Batu” Terhadap City Image dan Keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Kota Batu Tahun 2014. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 16(1): 1-6.

Widhianto, C. W., & Yulita, H. (2017). Pengaruh Pemerekan Kota “Enjoy Jakarta” Terhadap Citra Kota. Journal of Business & Applied Management, 9(2): 203-219.

Published

2022-08-01

Issue

Section

Articles