PENGARUH PARTISIPASI PEMAKAI TERHADAP KEPUASAN PEMAKAI DALAM PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DENGAN TIGA VARIABEL MODERASI PADA PASAR SWALAYAN DI KOTA DENPASAR

Authors

  • I Made Pradana Adiputra

DOI:

https://doi.org/10.23887/jinah.v1i2.322

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah partisipasi pemakai berpengaruh pada
kepuasan pemakai, dan apakah ketiga variabel moderator yaitu dukungan manajemen
puncak, kompleksitas tugas dan kompleksitas sistem memoderasi hubungan antara
partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi
akuntansi. Pengujian hipĆ³tesis dilakukan pada 40 responden yang tersebar pada pasar
swalayan di Kota Denpasar, dengan menggunakan metode purposive sampling untuk
menentukan sampel yang dipakai. Metode yang digunakan dalam pengujian hipotesis ini
adalah regresi linier sederhana untuk menguji hubungan partisipasi pemakai terhadap
kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi akuntansi, sedangkan untuk
menguji variabel moderator yaitu : dukungan manajemen puncak, kompleksitas tugas dan
kompleksitas sistem sebagai pemoderasi hubungan antara pastisipasi pemakai dengan
kepuasan pemakai digunakan uji MRA (Moderated Regression Analysis). Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa partisipasi pemakai dalam pengembangan sistem informasi akuntansi
berpengaruh positif terhadap kepuasan pemakai. Variabel dukungan manajemen puncak
tidak memoderasi hubungan antara pastisipasi pemakai dan kepuasan pemakai dalam
pengembangan sistem informasi akuntansi pada pasar swalayan di Kota Denpasar. Variabel
kompleksitas tugas dan kompleksitas sistem juga tidak memoderasi hubungan antara
partisipasi pemakai dan kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi
akuntansi pada pasar swalayan di Kota Denpasar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat
memberikan kontribusi baik bagi para pemakai sistem informasi maupun akademis, untuk
menjelaskan bagaimana, kapan dan dimana partisipasi pemakai diperlukan agar dapat
meningkatkan kepuasan pemakai dengan mengemukakan sifat hubungan yang dipengaruhi
oleh kondisi-kondisi yang berbeda. Selanjutnya disarankan bagi peneliti mendatang untuk
menelaah variabel lain yang mungkin berpengaruh pada kepuasan pemakai.
Kata Kunci: Sistem Informasi Akuntansi, Partisipasi pemakai, Manajemen puncak, Kepuasan
pemakai, Kompleksitas tugas, Kompleksitas sistem

Downloads

Published

2012-06-12

Issue

Section

Articles