PERSEPSI MAHASISWA STRATA SATU AKUNTANSI TERHADAP UNDANG-UNDANG NO.5 TAHUN 2011 TENTANG AKUNTAN PUBLIK (SEBUAH STUDI FENOMENOLOGI)
DOI:
https://doi.org/10.23887/jinah.v3i1.4044Abstract
ABSTRAK
Penjelasan pasal 6 ayat 1 huruf a pada UU akuntan publik yang berbunyi “yang dapat mengikuti pendidikan profesi akuntan publik adalah seseorang yang memiliki pendidikan minimal sarjana strata 1 (S-1), diploma IV (D-IV), atau yang setara” ini menjadi polemik dikalangan mahasiswa karena yang bisa menempuh pendidikan profesi akuntansi berasal dari kalangan jurusan akuntansi dan non akuntansi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang menggambarkan persepsi, motivasi dan optimisme mahasiswa untuk menjadi akuntan publik. Hasil penelitian menyatakan bahwa persepsi yang dikeluarkan mahasiswa adalah bersifat negatif dan positif. Motivasi mahasiswa akuntansi semakin meningkat dengan implementasi UU akuntan publik ini karena akan semakin menunjukkan dirinya untuk mampu bersaing menjadi akuntan publik, dan optimisme mahasiswa untuk menjadi akuntan publik semakin tinggi karena mahasiswa yakin ilmu yang mereka dapatkan di jurusan S-1 akuntansi menjadi dasar kuat optimisme ini.
Kata kunci: Undang-undang akuntan publik, persepsi, motivasi, optimisme, akuntan publik
ABSTRACT
Explanation of Article 6, paragraph 1 letter a public accountant at the Law which reads "who can participate in education the public accounting profession is someone who has a minimum of a bachelor of education 1 (S-1), diploma IV ( D-IV), or equivalent" this being debated among students because of the accounting profession through education can come from the accounting and non-accounting majors. This study uses a qualitative method with a phenomenological approach to describe the perceptions , student motivation and optimism to become a public accountant. The study states that the student is issued perceptions are negative and positive. Accounting student motivation increase with the implementation of this Act as a public accountant will be increasingly shown itself to be capable of competing public accountants , and optimism students to become CPAs higher because students believe knowledge they gained at S-1 majoring in accounting basis is strong optimism.
Keywords: CPA Law, perception, motivation, optimism, CPAs