Analisis Penggunaan Sistem Aplikasi Rencana Kegiatan Dan Anggaran Sekolah (ARKAS) Terhadap Pengelolaan Dana Bos Sekolah Dasar Di Kabupaten Buleleng

Analisis Penggunaan Sistem Aplikasi Rencana Kegiatan Dan Anggaran Sekolah (ARKAS) Terhadap Pengelolaan Dana Bos Sekolah Dasar Di Kabupaten Buleleng

Authors

  • Kadek Yudi Adnyani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Putu Banu Astawa Unipersitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiah.v13i3.62815

Keywords:

ARKAS, Dana BOS, Prinsip Pengelolaan Dana BOS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan Sistem Aplikasi Rencana Kegiatan Dan Anggaran Sekolah (AKAS) terhadap pengelolaan dana BOS sekolah dasar di Kabupaten Buleleng. Desain penelitian ini merupakan kualitatif dengan menggunakan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Buleleng dengan mengambil sample di SD Negeri 3 Banjar Jawa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini adalah: 1) Alur pengelolaan dana BOS berbasis sistem ARKAS di SD Negeri 3 Banjar Jawa telah berjalan sesuai dengan petunjuk teknis Permendikbudristek RI Nomor 2 Tahun 2022. 2) Sistem ARKAS berpengaruh terhadap prinsip pengelolaan dana BOS di SD Negeri 3 Banjar Jawa yaitu fleksibel, efektif, efisiensi, akuntabel, dan transparan. 3) Kendala penggunaan sistem ARKAS yaitu error pada sistem, menu barang dan jasa di sistem ada yang tidak sesuai dengan kebutuhan sekolah dan juga human error. Upaya mengatasi kendala dilakukan refresh pada sistem dan memastikan jaringan internet stabil, untuk menu barang dan jasa yang tidak sesuai bisa diatasi dengan menggunakan menu yang mirib dengan barang dan jasa, dan untuk human error bisa langsung melapor ke operator MARKAS Kabupaten Buleleng.

Published

2023-12-31

Issue

Section

Articles