Pengaruh Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Ni Putu Lisa Yanti Undiksha
  • Made Arie Wahyuni Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiah.v14i3.86759

Keywords:

corporate social responsibility, ukuran perusahaan, profitabilitas, nilai perusahaan

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh corporate social responsibility, ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Variabel corporate social responsibility diukur dengan proksi CSRI (corporate social responsibility reporting index) GRI standar tahun 2021, variabel ukuran perusahaan diukur dengan proksi rasio total aset, variabel profitabilitas diukur dengan menggunakan rasio Return on Assets, nilai perusahaan sebagai variabel dependen diukur dengan rasio PBV (price to book value). Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan manufaktur sub sektor food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2021-2023. Dengan menggunakan metode purposive sampling terdapat 31 perusahaan yang memenuhi kriteria dan kemudian di analisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan CSR berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, dan profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan saran bagi investor untuk mempertimbangkan pengungkapan CSR serta profitabilitas perusahaan dalam pengambilan keputusan investasi di masa depan.

References

Afifah, H. N., & Syafruddin, M. (2021). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Dengan Risiko Sebagai Variabel Mediasi. Diponegoro Journal of Accounting, 10, 1–14.

Agustin Ekadjaja, D. H. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Ukuran Perusahaan, Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. JurnalParadigma Akuntansi,3(2),497.

Ahyani, R., & Puspitasari, W. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Properti Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017. Jurnal Akuntansi Trisakti, 6(2), 245.

Algiffary, Y. (2020). Pengaruh Tax Planning, Profitabilitas, dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan. Journal of Business and Economics (JBE) UPI YPTK, 5(3), 27–32. https://doi.org/10.35134/jbeupiyptk.v5i3.107

Ali, J., & Faroji, R. (2021). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019). Jurnal Neraca Peradaban, 1(2), 128–135.

Alni Rahmawati1, M. N. P. (2019). Peran Good Corporate Governance dalam Memoderasi Pengaruh Manajemen Laba Terhadap Nilai Perusahaan. Akuntansi Dewantara, 3(2), 156–168.

Ani, D. A. (2021). The Effect of Environmental Performance On The Value of The Company With Financial Performance as an Intervening Variable. Jurnal Ilmiah Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 1(1), 16–29.

Apridawati, N. D., & Hermanto, S. B. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 9(11), 1–23.

Azizah, D. G., & Widyawati, D. (2021). Pengaruh Kinerja Keuangan dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Food and Beverages di BEI. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 10(1), 1–18.

Bakhtiar, H. A., Nurlaela, S., & Hendra, K. (2020). Kepemilikan Manajerial , Kepemilikan Institusional , Komisaris Independen , Komite Audit dan Nilai Perusahaan. 3(2), 136–142.

Balaka, M. Y. (2022). Metode penelitian Kuantitatif. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif, 1, 130.

Bursa Efek Indonesia. Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman 2021 dan 2022. (diakses di http://www.idx.co.id)

Cahyani Prastuti, M., & Budiasih, I. G. A. N. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Intellectual Capital Pada Kinerja Keuangan. E-Jurnal Akuntansi, 22(April), 1365.

Dewantari, N. L. S., Cipta, W., & Susila, G. P. A. J. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Leverage Serta Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Food and Beverages Di Bei. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 74. https://doi.org/10.23887/pjmb.v1i2.23157

Dhwan, H., & Farida. (2021). Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility, good corporate governance, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 13 No 1, 84–93.

Dzikir, A., Syahnur, & Tenriwaru. (2020). Pengaruh Corporate Social Resposibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016 - 2018). Ajar, 3(2), 219–235.

Julian, A., & Setiawati, E. (2024). With Profitability As A Moderating Variable ( Empirical Study On Manufacturing Companies In The Consumer Goods Industry Sector Listed On The IDX For The 2019- Pengaruh Corporate Social Responsibility ( CSR ) Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. 5(1), 871–883.

Kristanti, I. N. (2022). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 10(3), 551–558. https://doi.org/10.37641/jiakes.v10i3.1484

Lase, L. P. D., Telaumbanua, A., & Harefa, A. R. (2022). Analisis Kinerja Keuangan Dengan Pendekatan Rasio Profitabilitas. Jurnal Akuntansi, Manajemen, Dan Ekonomi (JAMANE), 1(2), 254–260.

Maryanti, E., & Fithri, W. N. (2017). Corporate Social Responsibilty, Good Corporate Governance, Kinerja Lingkungan Terhadap Kinerja Keuangan Dan Pengaruhnya Pada Nilai Perusahaan. Journal of Accounting Science, 1(1), 21– 37.

Mohamad Rizki Saputra, Ati Sumiati, & Sri Zulaihati. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Corporate Social Responsibility (Csr) Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi, Perpajakan Dan Auditing, 3(1), 181–192. https://doi.org/10.21009/japa.0301.11

Munzir, M., Andriyan, Y., & Hidayat, R. (2023). Consumer Goods: Pengaruh Profitabilitas dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dimediasi oleh Corporate Social Responsibility. Jurnal Akuntansi Dan Governance, 3(2), 153. https://doi.org/10.24853/jago.3.2.153-165

Sitorus, H. P. (2021). Pengaruh Return On Equity, Debt To Equty Ratio, dan Current Asset Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2019.

Suriani, N., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.55

Published

2024-12-31

Issue

Section

Articles