Pengaruh Penggunaan Kredit Usaha Rakyat, Komitmen Organisasi dan Penggunaan Informasi Akuntansi terhadap Kinerja Usaha UMKM

Penulis

  • Luh Made Widyawati Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Agus Pertama Yudantara

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiah.v10i3.25980

Kata Kunci:

business performance, organizational commitment, use of people’s business credit, use of accounting information

Abstrak

This research was conducted with the aim to determine the effect of the use of people's business credit, organizational commitment and the use of accounting information on business performance. This research is a quantitative study using a questionnaire and the measurement technique used is the Likert scale. This research was conducted in Buleleng District. The sampling technique in this study was purposive sampling, so a sample of 146 respondents was obtained. The data obtained were analyzed using several data analysis techniques with statistical tests using the SPSS computer program version 22.0. After conducting various statistical tests along with the hypothesis testing using the t statistical test, the results of the t test explained that each of the variables of the use of people's business credit (X1), variable organizational commitment (X2) and the variable use of accounting information (X3) had a positive effect on business performance. This means that the higher the use of people's business credit, organizational commitment and the use of accounting information, the higher the business performance.

Referensi

Alpianita, R. N. (2019). Pengaruh Komitmen Organisasi, Budaya Organisasi dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Usaha. Universitas Pasundan.

Ananda, F. (2011). Analisis Perkembangan Usaha Mikro dan Kecil Setelah Memperoleh Pembiayaan Mudharabah Dari BMT At Taqwa Halmahera Di Kota Semarang. Semarang: Universitas Diponegoro.

Atin, T. D. N. (2018). Pengaruh Efektivitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) Terhadap Peningkatan Profit Usaha Mikro (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Rakyat Indonesia Unit Purwomartani Kalasan Sleman Yogyakarta). Universitas Negeri Yogyakarta.

Bahri, M. S. (2017). Pengaruh Motivasi dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Usaha (Studi Pada UMKM Salon Pria dan Wanita di Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung). Universitas Pasundan.

Christian, A. B., & Rita, M. R. (2016). Peran penggunaan informasi akuntansi dalam pengambilan keputusan untuk menunjang keberhasilan usaha role of The use of accounting information in decision making to support business success. Jurnal EBBANK.

Dewi, N. A. P. U., Yuniarta, G. A., & Wahyuni, M. A. (2017). Pengaruh sosialisasi SAK ETAP, tingkat pendidikan pemilik, dan persepsi pelaku UKM terhadap penggunaan SAK ETAP pada UKM di Kecamatan Buleleng 1. Jurnal Akuntansi.

Dewi, P. E. D. M., & Martadinata, P. H. (2018). Akuntansi Koperasi dan UMKM. Istiqlal Publishing Group.

Minuzu, M. (2010). Pengaruh Faktor-Faktor Eksternal dan Internal Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil (UMK) di Sulawesi Selatan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan Universitas Hasanuddin.

Nurwani, N., & Safitri, A. (2019a). Pengaruh Penggunaan Informasi Akuntansi terhadap Keberhasilan Usaha Kecil Menengah (Studi pada Sentra Dodol di Kec. Tanjung Pura). LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI). https://doi.org/10.30596/liabilities.v2i1.3332

Nurwani, & Safitri, A. (2019b). Pengaruh Penggunaan Informasi Akuntansi Terhadap Keberhasilan Usaha Kecil Menengah (Studi Pada Sentra Dodol Di Kec. Tanjung Pura). Liabilities Jurnal Pendidikan Akuntansi E-ISSN 2620-5866, Vol 2(No 1), 37–52.

Purwatiningsih, A. A. (2015). Pengaruh Kredit Usaha Rakyat (KUR) Terhadap Pendapatan Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) Pada Sektor Pertanian Di Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Saragih, I., & Nasution, S. (2015). NALISIS PENGARUH MODAL SENDIRI DAN MODAL PINJAMAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) TERHADAP PENDAPATAN PENGUSAHA UMKM KABUPATEN TOBA SAMOSIR : STUDI KASUS PT BANK SUMUT CABANG BALIGE. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan.

Sugiyono. (2017). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. In Sugiyono. (2017). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Suryana, A., Zein, D., Sumartias, S., & Gemiharto, I. (2019). PENGARUH STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN, BUDAYA ORGANISASI, KARAKTERISTIK INDIVIDU INOVATIF DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA USAHA KECIL DAN MENENGAH. Jurnal Manajemen Komunikasi. https://doi.org/10.24198/jmk.v3i2.20754

Vijaya, D. P., & Irwansyah, M. R. (2018). PENGARUH MODAL PSIKOLOGIS, KARAKTERISTIK WIRAUSAHA, MODAL USAHA DAN STARTEGI PEMASARAN TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA UMKM DI KECAMATAN BULELENG TAHUN 2017. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v5i1.15571

Wahyudiati, D., & Isroah. (2018). Pengaruh Aspek Keuangan Dan Kompetensi Sumber Daya Manusia (Sdm) Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Desa Kasongan. Jurnal Profita.

Wibowo, A., & Kurniawati, E. P. (2016). Pengaruh Penggunaan Informasi Akuntansi Terhadap Keberhasilan Usaha Kecil Menengah (Studi Pada Sentra Konveksi di Kecamatan Tingkir Kota Salatiga). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis. https://doi.org/10.24914/jeb.v18i2.269

Wulandari, & Erma. (2019). Determinan Yang Berpengaruh Terhadap Keberhasilan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (EMKM). Vokasi Jurnal Riset Akuntansi.

Diterbitkan

2020-12-31

Terbitan

Bagian

Articles