Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Profitabilitas (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia)

Penulis

  • Nurul Ajeng Shahnia Universitas Kristen Satya Wacana
  • Arthik Davianti

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiah.v11i2.35221

Kata Kunci:

Profitability, Social Responsibility

Abstrak

This study aims to examine the disclosure effect of Corporate Social Responsibility on profitability. Disclosure of economic, environmental, and social aspects of CSR as independent variables, firm size and leverage as control variables, and profitability as dependent variables. This research was conducted on manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2018-2019 period. The sample selection in this study used a purposive sampling method and obtained 142 sample companies. Multiple linear regression techniques were used for hypothesis testing and the data was processed using Statistical Product and Service Solution Version 20. The results of this study indicate that the disclosure of Corporate Social Responsibility in economic and environmental aspects has no significant effect on company profitability, while disclosure of Corporate Social Responsibility social aspects has a significant positive effect on company profitability.

Referensi

Agustina. (2017). Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial dan Nilai Perusahaan : Teori Akuntansi Positif dan Corporate Governance. 4(1), 33–44.

Aini, A. K. (2015). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Indeks LQ45 Bursa Saham Indonesia (BEI). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB UB, 1(2), 1–14.

Ambarwati, N. S., Yuniarta, G. A., &Sinarwati, N. K. (2015). Pengaruh Modal Kerja, Likuiditas, Aktivitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 11.

Ariska, S., & Sulistyo, S. (2015). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 3(1), 74–83.

Candrayanthi, A. A. A., & Saputra, I. D. G. D. (2013). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan di Bursa Efek Indonesia). 1, 141–158.

Elkington, J. (1997). Cannibals with forks The Triple Bottom Line of 21 Century Business. Oxford: Capstone Publishing Ltd.

Eriandani, R., Narsa, I. M., & Irwanto, A. (2019). Pengaruh pengungkapan risiko lingkungan terhadap likuiditas dan biaya modal saham. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 22(2), 183–203. https://doi.org/10.24914/jeb.v22i2.2356

Ghozali, I., & Chariri, A. (2016). Teori Akuntansi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Global Reporting Initiative (GRI). 2016. Pedoman Laporan Berkelanjutan (GRI G4). Versi Bahasa Indonesia.

Hutami, R. P. (2012). Pengaruh Dividend Per Share, Returnon Equity, dan Net Profit Margin terhadap Harga Saham Perusahaaan Industri Manufaktur Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia Periode 2006-2010. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 1(2). https://doi.org/10.21831/nominal.v1i2.1001

Kastutisari, S., Hasana, N., & Dewi, U. (2015). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Agresivitas Pajak. Diponegoro Journal of Accounting, 4(2), 126–134.

Languju, O., Mangantar, M., &H.D.Tasik, H. (2016). Pengaruh Returnon Equity, Ukuran Perusahaan, Price Earning Ratio, dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan Property and Real Estate Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(2), 387–398.

Magdalena, M., Sukoharsono, E. G., &Roekhudin, R. (2019). Community engagement: Implementasi Corporate Social Responsibility pada PT BNI (Persero) Tbk. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 22(1), 101–120. https://doi.org/10.24914/jeb.v22i1.2205

Mustafa, C. C., & Handayani, N. (2014). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi Vol. 3 No. 6, 3(6), 1–15.

Nur, M., & Praintinah, D. (2012). Pengaruh Good Corporate Governance dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2009). Jurnal Nominal, I(1), 15–22.

Rachman, H. A., & Nopiyanti, A. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Equity, 18(2), 167. https://doi.org/10.34209/equ.v18i2.466

Rahmantio, I., Saifi, M., & Nurlaily, F. (2018). Pengaruh Debtto Equity Ratio, Return on Equity, Return on Asset dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 57(1), 151–159.

Rahmawati, A., Endang, M. G. W., & Agusti, R. R. (2015). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Rasio Profitabilitas terhadap Harga Saham pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Perpajakan, 1(2), 139–166.

Raningsih, N. K., & Artini, L. G. S. (2018). Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Reponsibility. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 7(8), 1997–2026.

Ratnadewi, P., & Ulupui, I. (2016). Mekanisme Corporate Governance sebagai Variabel Pemoderasi Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 14(1), 548–574.

Scherer, A. G., & Palazzo, G. (2009). Globalization and Corporate Social Responsibility. The Oxford Handbook of Corporate Social Responsibility, 413–431. https://doi.org/10.1093/oxfordhb/9780199211593.003.0018

Siallagan, H. (2020). Buku Teori Akuntansi Edisi Pertama. 1(1), 285.

Silalahi, A. C., & Ardini, L. (2017). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Leverage dan Ukuran Perusahaan terhadap Kinerja Keuangan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 6(8), 17.

Sofiamira, N. A., & Haryono, N. A. (2017). Capital Expenditure, Leverage, Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility: Pengaruhnya terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 20(2), 191. https://doi.org/10.24914/jeb.v20i2.691

Tarek, Y. (2019). The Impactof Financial Leverage and CSR on the Corporate Value: Egyptian Case. International Journal of Economics and Finance, 11(4), 74. https://doi.org/10.5539/ijef.v11n4p74

Wahyuni, K. N. S., & Badera, D. N. (2016). CSR dan Struktur Modal pada Nilai Perusahaan. 9, 2977–3006.

Diterbitkan

2021-09-01

Terbitan

Bagian

Articles